icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Cek Persiapan Mudik, Jangan Lupa Membawa 6 Barang Ini!
icon-lang
icon-lang

Cek Persiapan Mudik, Jangan Lupa Membawa 6 Barang Ini!

By Team Amartha Blog - 19 Apr 2023 - 3 min membaca

Siapa nih yang sudah mulai melakukan persiapan mudik? Persiapan mudik harus dilakukan dengan cermat dan matang. Apalagi mudik akan menempuh perjalanan jauh, jika ada barang yang tertinggal maka akan menyulitkanmu. Percayalah bahwa persiapan yang baik akan membawa kenyamanan dalam perjalananmu.

Apa saja yang tidak boleh ketinggalan dibawa saat mudik? Berikut ini kami telah rangkumkan barang wajib yang harus kamu bawa saat mudik. Simak sampai akhir!

6 Barang Penting Saat Persiapan Mudik

Perjalanan mudik menjadi lebih tenang jika perlengkapan yang kita bawa sudah lengkap. Untuk kamu yang akan melakukan perjalanan pulang kampung, cek daftar barang-barang di bawah ini. Apakah sudah masuk dalam daftarmu?

Dokumen-Dokumen Penting

Jangan menganggap remeh dokumen-dokumen penting untuk melengkapi persiapan mudik kamu. Apalagi mudik lebaran 2023 kali ini akan menjadi mudik yang tanpa pembatasan seperti saat baru memasuki new normal

Sehingga untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu membawa dokumen penting yang lengkap. Diantaranya adalah tiket kendaraan (jika kamu memakai moda transportasi umum), kartu tol, Kartu Tanda Penduduk (KTP), STNK dan SIM, paling penting jangan lupakan sertifikat vaksinasi.

Obat Pribadi

Dalam perjalanan, kita seringkali tidak dapat memprediksi hal-hal apa saja yang bisa menimpa. Untuk itu, penting sekali selalu menyediakan obat pribadi dan P3K untuk antisipasi keadaan darurat. Jangan lupa juga untuk membawa obat mabuk perjalanan.

Apalagi mudik merupakan salah satu perjalanan yang jauh, tentu saja badanmu akan menjadi cepat lelah. Jika memiliki beberapa gangguan kesehatan atau penyakit tertentu, sebaiknya menyiapkan obat-obatan yang lengkap.  

Alat Reparasi dan Sparepart

Bagi kamu yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik, barang yang harus dibawa saat lebaran adalah alat bengkel dan suku cadang. Hal ini sebagai langkah antisipasi jika saja terjadi kendala pada kendaraanmu.

Tidak semua wilayah memiliki bengkel, sehingga jalan satu-satunya adalah dengan melakukan reparasi darurat secara mandiri. Namun, alangkah lebih baiknya juga jika kamu melakukan servis kendaraan dahulu sebelum melakukan perjalanan mudik.

Uang Tunai 

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini kita sudah terbiasa dengan cashless. Namun sayangnya tidak semua wilayah di Indonesia mendukung hal ini. Apalagi pada daerah yang terpencil. 

Maka kamu perlu menyiapkan uang tunai, sebab menyadari bahwa tidak semua tempat menyediakan sistem pembayaran nontunai. Bawalah uang tunai secukupnya saja.

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Atur Keuangan Saat Mudik Agar Kantong Tak Jebol

Power Bank

Rute mudik bukanlah sebuah perjalanan singkat, apalagi jika jarak kampung halaman begitu jauh. Kamu jelas membutuhkan power bank sebagai alternatif pengisian daya untuk smartphone-mu.

Jangan sampai smartphone kehabisan baterai, mengingat barang tersebut adalah sebuah item krusial. Tanpa smartphone tentu akan kesulitan bagimu berkomunikasi atau mendapat informasi yang penting.

Makanan dan Minuman

Jangan lupa juga untuk menyediakan makanan dan minuman saat mudik. Karena bisa jadi kamu terpaksa harus berbuka di perjalanan. 

Ada beberapa area yang masih jauh dari jangkauan rest area. Sebelum tiba di sana sebaiknya membatalkan puasa dengan camilan dan minuman terlebih dahulu.

Itulah 6 barang wajib yang harus ada dalam persiapan mudik kamu. Jangan lupa untuk tetap mengontrol kondisi finansialmu saat lebaran. 

Meski sedang disibukan dengan persiapan mudik, kamu bisa tetap mendapatkan passive income selama mudik lebaran dengan menjadi pendana di Amartha.

Mulai modalin pengusaha UMKM dari Rp100.000 saja, kamu sudah bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya.

So, selamat mudik dan jangan lupa tetap modalin!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

5 Tips Mudik Lebaran 2023 Nyaman dan Aman

Gaya Hidup

Cek Persiapan Mudik, Jangan Lupa Membawa 6 Barang Ini!

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png