icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Fenomena Spirit Doll, Berapa Sih Harganya?
icon-lang
icon-lang

Fenomena Spirit Doll, Berapa Sih Harganya?

By Team Amartha Blog - 17 Jan 2022 - 3 min membaca

Ada Apa dengan Spirit Doll? Kenapa Viral? 

Pernah nonton film Chucky, The Conjuring, atau Annabelle? Ketika melihat boneka-boneka itu bisa hidup dan bergerak selayaknya manusia, pasti menakutkan. 

Akan tetapi, baru-baru ini boneka-boneka seperti itu justru menjadi viral di Indonesia. Hal itu terjadi setelah para selebriti tanah air mengunggah momen kebersamaan dengan spirit doll kesayangan di media sosial. Mereka menyayangi dan merawat boneka itu selayaknya keluarga atau anak sendiri. 

Spirit doll adalah boneka yang berisi arwah di dalamnya dan dipakai untuk hal-hal berbau spiritual seperti meditasi ataupun doa. Boneka ini berbentuk serupa manusia dalam versi mini dan diletakkan di altar untuk objek pengabdian.

Bahan yang dipakai biasanya dari silikon atau vinil dengan tambahan fitur-fitur realistik yang tampak seperti manusia di antaranya pori-pori, pembuluh darah, air liur, air mata, hingga detak jantung. 

Dampak dari Boneka Arwah untuk Pemilik

Pada dasarnya, boneka arwah itu sudah ada sejak zaman dulu untuk keperluan ritual pemujaan tertentu. Namun belakangan, boneka “hidup” ini juga dipakai untuk metode penyembuhan batin seseorang. 

Julia Inglis berpendapat jika boneka itu ada sebagai alat untuk cerminan diri atau mengekspresikan sesuatu yang tidak bisa ditunjukkan pada orang-orang secara bebas.

Boneka “hidup” itu akan dijadikan sebagai sosok yang disayangi seperti teman, anak, atau saudara yang akan selalu mendengarkan cerita si pemilik, menerima kasih sayangnya hingga melewati banyak hal setiap harinya secara bersama. Pada akhirnya, si pemilik akan merasa jika boneka tersebut hidup dan memiliki jiwa yang menyayangi serta mengerti si pemilik. 

Namun hal tersebut tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Seorang psikolog bernama Stephani Raihana Hamdan justru mengatakan jika fenomena boneka arwah ini ada karena adanya kebutuhan untuk memelihara atau merawat sesuatu dari si pemilik. Lantaran tidak bisa merawat bayi atau manusia asli, maka mereka mengalihkannya ke boneka-boneka yang berperawakan selayaknya manusia itu dan menganggap mereka hidup. 

Selain itu, dampak lain yang dirasakan oleh pemilik adalah adanya perasaan tenang dan damai ketika merawat boneka-boneka tersebut. Bahkan, ada juga yang dapat membantu menghilangkan gangguan stres si pemilik dan menjadi obat penyembuh. 

Namun, kamu harus tahu jika itu hanyalah boneka mati yang sejatinya tidak hidup. Selama kamu tidak berlebihan dan hanya menggunakannya untuk menyalurkan insting untuk bisa merawat sesuatu atau teman bermain peran, itu tidak menjadi masalah.

Berbeda ketika kamu sudah menganggap itu sebagai makhluk hidup selayaknya anak sungguhan, kamu harus mulai waspada dan berkonsultasi ke psikolog untuk mendapatkan penanganan yang serius. 

Baca Juga: 4 Bisnis yang Paling Dicari di Hari Valentine

Harga Spirit Doll di Indonesia

Mengingat saat ini spirit doll Indonesia mulai terkenal, banyak orang jadi berbondong-bondong ingin membeli. Baik secara langsung ke pembuatnya atau melalui marketplace online

Harga yang dibandrol pun beraneka ragam. Mulai dari ratusan ribu hingga belasan juta rupiah. Bahkan, ada yang bisa mencapai ratusan juta rupiah. Harga yang dipatok akan disesuaikan dengan ukuran dan bentuk dari boneka itu sendiri. 

Hal gaib sudah tidak asing di Indonesia. Jadi, ketika kamu ingin membeli boneka spirit ini, kamu bisa memilih antara boneka yang kosongan atau sudah ada isi arwahnya. 

Nah, itulah sekilas ulasan tentang spirit doll dan harga yang beredar di pasaran saat ini. Berapapun harganya, ada baiknya untuk tidak memilikinya dan menganggap sebagai sesuatu yang hidup.

Lebih baik, uang yang dimiliki diinvestasikan ke P2P Lending Amartha untuk membantu pemberdayaan perempuan pelaku usaha mikro di desa-desa. Selain membantu pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat, kamu juga bisa memperoleh imbal hasil sampai 15% flat per tahun. Laporan cash flow bisa dengan mudah dipantau melalui aplikasi Amartha app. Yuk, gabung bersama puluhan investor lainnya. 

Tags:

Artikel Terkait

4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya

Gaya Hidup

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!

Gaya Hidup

6 Barang Murah untuk THR Lebaran Agar Lebih Hemat

Gaya Hidup

Unik dan Berkesan! Intip 5 Ide THR Lebaran untuk Pelanggan

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png