icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Lakukan Gaya Hidup Minimalis dengan Lima Hal Ini
icon-lang
icon-lang

Lakukan Gaya Hidup Minimalis dengan Lima Hal Ini

By Team Amartha Blog - 10 Jul 2018 - 3 min membaca

Rasa tidak puas tentu dimiliki oleh setiap manusia. Ingin mempunyai mobil, motor atau rumah yang mewah. Selain itu, keinginan untuk memiliki gaji yang lebih besar karena tuntutan ekonomi keluarga menjadi salah satu alasan. Ya, setiap orang pasti ingin memiliki sesuatu yang lebih dari kapasitas. Tidak ada yang salah dengan hal itu. Namun, jika Anda ingin menghemat atau hidup sederhana. Mungkin gaya hidup minimalis bisa Anda lakukan. Tahukah Anda di dunia beberapa orang mempunyai gerakan gaya hidup minimalis. Kebiasaan membeli barang-barang baru ternyata memberikan dampak tak hanya untuk keuangan tetapi juga dari aspek pengunaan barang tersebut. Barang - barang yang Anda beli tenyata teronggok di rumah. Rumah Anda semakin penuh dengan barang-barang yang tidak terpakai. Anda harus memilih barang yang berguna dan tidak berguna. Anda dapat membuang segera barang-barang yang tidak berguna atau menyumbangkannya kepada orang lain. Kebiasaan membeli barang-barang baru ternyata memberikan dampak besar terhadap keuangan. Bahkan, Anda membeli barang itu secara kredit. Akhirnya, Anda tidak mampu membayar hutang-hutang kredit tersebut. Anda mungkin bisa menerapkan gaya hidup minimalis ini. Di Jepang, gaya hidup minimalis sudah diajarkan dalam ajaran Zen Budha. Gerakan minimalis ini membuat mereka percaya dengan benda yang terlalu banyak tidak akan memberikan kebahagian. Gerakan ini membuat mereka hidup seminim mungkin. Bahkan, di negeri matahari terbit itu beberapa orang hanya memiliki apartemen yang kosong oleh benda-benda. Mereka hanya memasukan benda-benda yang lebih berguna seperti tempat tidur, bangku dan meja. Tak hanya di Jepang, beberapa orang di Amerika Serikat juga menjalani gaya hidup tersebut. Berikut lima cara untuk memulai gaya hidup minimalis

1. Mulai menyingkirkan benda-benda yang tidak terpakai

Anda harus mulai menyingkarkan benda-benda yang sudah tidak terpakai di rumah. Anda bisa menjual atau menyumbangkan benda-benda tersebut. Dengan menyingkirkan benda-benda tidak berguna itu, rumah Anda akan kembali lega.

2. Mulai sumbangkan baju dan celana yang sudah tidak terpakai

Mulai pilah baju atau celana yang sudah tidak terpakai. Anda bisa menyumbangkan ke saudara, kerabat dekat atau lembaga sosial. Masih banyak masyarakat yang masih membutuhkan pertolongan dari Anda.

3. Hitung kembali pengeluaran dan pemasukan

Anda harus mempunyai laporan perencanaan keuangan. Dengan perencanaan keuangan ini, Anda bisa mengetahui pengeluaran dan pemasukan. Hitung kembali pengeluaran dan pemasukan. Anda juga bisa memulai pendanaan di Amartha. Di Amartha, Anda dapat melakukan pendanaan dengan keuntungan mulai 15 persen. Anda dapat memulai lakukan pendanaan dengan dana Rp 3 juta. Jika menabung, kebiasaan Anda untuk mengeluarkan uang lebih banyak tidak akan terasa. Namun, jika melakukan pendanaan Anda akan mendapatkan keuntungan yang menarik.

4. Mempunyai Rasa Bersyukur

Rasa bersyukur harus diterapkan dalam kehidupan Anda. Jangan membeli benda atas dasar status kekayaan. Anda membeli benda atas dasar kemampuan dan kegunaan. Ini karena, sifat dasar manusia yang tidak puas akan membuat Anda membeli benda-benda yang tidak berguna. Pastikan benda itu berguna untuk Anda.

5. Terapkan Needs dan Wants

Anda harus mengetahui needs (kebutuhan) dan wants (keinginan). Kebutuhan merupakan sifat yang mendasar atau harus terpenuhi seperti tempat tinggal, makanan dan pakaian. Keinginan merupakan  tidak mendasar dan bisa ditunda seperti baju baru, mobil mewah atau rumah mewah. Nah jika hal tersebut dapat membantu, yuk mulai dari sekarang diterapakan. Mulailah melakukan gaya hidup minimalis dari hal-hal tersebut. Daftar Sebagai Pendana

Artikel Terkait

Lakukan Gaya Hidup Minimalis dengan Lima Hal Ini

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png