icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Pelajaran Finansial dari Drama Korea Itaewon Class
icon-lang
icon-lang

Pelajaran Finansial dari Drama Korea Itaewon Class

By Team Amartha Blog - 7 Apr 2020 - 3 min membaca

Itaewon Class merupakan salah satu drama korea yang menceritakan tentang anak muda yang merupakan mantan narapidana karena meninju perundung. Ayahnya pun terbunuh dalam suatu kecelakaan.

Selama di penjara, ia bertekad untuk membalaskan dendamnya dan mewujudkan mimpi sang ayah dengan membuka kedai usaha. Kerja kerasnya membuahkan hasil dengan didirikannya franchise dengan nama perusahaan Itaewon Class.

Drama korea Itaewon Class yang diperankan oleh Park Seo Joon (sebagai Park Sae Ro Yi) dan Kim Da Mi (sebagai Jo Yi Seo) ini terus mengalami kenaikan peringkat di setiap episodenya.

Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Drama Korea Start Up

Episode terakhirnya meraih peringkat 16,54% dari penonton nasional dan menjadikannya drama berperingkat tertinggi kedua di JTBC serta drama berperingkat tertinggi keenam dalam sejarah televisi kabel Korea.

Pelajaran Finansial Dari Drama Itaewon Class

Dengan demikian, tak heran pamor Itaewon Class terus meningkat didukung dengan banyak kisah menarik dan tabu yang diangkat di dalamnya. Lebih dari itu, drama ini juga mengajarkan beberapa hal mengenai edukasi finansial lho. Berikut pelajaran finansial yang bisa kita terapkan:

1. Investasi Mulai Dari Sekarang

Setelah ayahnya meninggal akibat kecelakaan ditabrak oleh temannya yang merupakan anak dari Pemilik Jangga, saham Jangga mengalami penurunan drastis. Park Sae Ro Yi kemudian mengambil inisiatif menggunakan seluruh uang kompensasi kematian ayahnya dengan investasi saham ke Jangga. Saat itu Park Sae Ro Yi adalah murid SMA yang terpaksa tidak bisa melanjutkan pendidikan.

Gak ada kata terlambat untuk mulai investasi, lebih baik dimulai dari sekarang! Salah satu alternatif investasi yang bisa dicoba adalah peer-to-peer (p2p) lending. Amartha merupakan salah satu instrumen investasi P2P Lending yang menguntungkan karena kamu bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun.

2. Cari Pemasukan Tambahan

Meskipun sudah melakukan investasi sejak muda, Park Sae Ro Yi juga bertekad untuk menjadikan Danbam, kedai kecil miliknya menjadi sebuah perusahaan franchise nomor satu di Korea menyaingi Jangga. Mencari pemasukan tambahan kini menjadi penting. Sebuah riset menunjukkan bahwa idealnya seseorang harus memiliki 3 penghasilan yaitu penghasilan aktif, pasif, dan portofolio.

Baca Juga: 3 Jenis Pendapatan Ini Wajib Kamu Miliki!

3. Merdeka Finansial

merdeka finansial

Bicara mengenai merdeka finansial tentunya akan berbeda nominalnya bagi setiap orang karena tujuan yang berbeda-beda. Lalu apa itu sebenarnya Merdeka Finansial? Beberapa definisi merdeka finansial adalah merasa bebas dalam melakukan apapun tanpa merasa khawatir mengenai kondisi keuangan.

Oh So Ah sebagai salah satu tokoh dalam drama Itaewon Class pun begitu. Di akhir episode, Oh So Ah memutuskan untuk keluar dari Jangga dengan mengadukan seluruh kegiatan KKN Jangga lalu membuka sebuah restoran. Keadaan tersebut bisa juga disebut sebagai merdeka finansial lho.

Lalu bagaimana dengan kamu? 

Artikel Terkait

Pelajaran Finansial dari Drama Korea Itaewon Class

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png