icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Per 1 Juni 2021, Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Kena Biaya
icon-lang
icon-lang

Per 1 Juni 2021, Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Kena Biaya

By Team Amartha Blog - 27 May 2021 - 3 min membaca

Per 1 Juni 2021, Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang merupakan Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Tabungan Negara (BTN) mengubah kebijakan biaya transaksi cek saldo dan tarik tunai di ATM Link atau ATM Bank BUMN. 

Sebelumnya, Nasabah yang ingin cek saldo atau tarik tunai tidak dikenakan biaya apapun atau gratis. Namun, per 1 Juni mendatang, bagi Nasabah yang ingin cek saldo di ATM LInk akan dikenakan biaya Rp2.500 dan untuk tarik tunai dikenakan biaya Rp5.000. Sementara transaksi transfer tidak mengalami perubahan harga, yaitu Rp4.000.

Sumber: Bank Mandiri

Bagi Nasabah Bank BUMN yang bertransaksi di ATM Bank lain (selain ATM Bank BUMN atau ATM dengan tampilan ATM Link) akan dikenakan biaya transaksi yang berlaku seperti: cek saldo Rp4.000, tarik tunai Rp7.500 dan transfer Rp6.500. Biaya tersebut didebet langsung dari rekening nasabah saat transaksi berlangsung.

Adapun alasan kebijakan ini oleh Mucharom, Corporate Secretary Bank BNI, melansir Kompas.com, penyesuaian biaya transaksi merupakan bentuk komitmen Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) untuk meningkatkan layanan perbankan inklusif, peningkatan keamanan dan kenyamanan dengan biaya yang terjangkau bagi masyarakat. 

"Himbara mendukung program GNNT (Gerakan Nasional Non Tunai) dimana penyesuaian biaya transaksi tersebut untuk mengurangi ketergantungan masyarakat atas penggunaan uang tunai," sebut Mucharom.

Saat ini, setiap Bank BUMN memiliki belasan ribu jaringan ATM di seluruh Indonesia dengan rincian Bank Mandiri lebih dari 17.00 ATM, BRI lebih dari 20.000 ATM, BNI lebih dari 18.000 ATM, dan BTN lebih dari 2.000 ATM.

Tags:

Artikel Terkait

4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya

Gaya Hidup

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!

Gaya Hidup

6 Barang Murah untuk THR Lebaran Agar Lebih Hemat

Gaya Hidup

Unik dan Berkesan! Intip 5 Ide THR Lebaran untuk Pelanggan

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png