icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Perhatian, Ini Daftar Kekayaan 6 Menteri Baru Presiden Jokowi!
icon-lang
icon-lang

Perhatian, Ini Daftar Kekayaan 6 Menteri Baru Presiden Jokowi!

By Team Amartha Blog - 28 Dec 2020 - 3 min membaca

Rabu (23/11) lalu, Presiden Joko Widodo me-reshuffle sekaligus mengumumkan sejumlah menteri di kabinetnya. Adapun daftar menteri yang diganti ialah: Terawan Agus Putranto selaku Menteri Kesehatan, Wishnutama selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fachrul Razi selaku Menteri Agama, dan Agus Suparmanto selaku Menteri Perdagangan.

Selanjutnya Presiden menunjuk enam nama baru untuk menggantikan posisi para menteri di atas, mereka adalah: Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan, Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata, Yaqut Cholil selaku Menteri Agama, M. LUthfi selaku Menteri Perdagangan, Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial, dan Sakti Wahyu Trenggono selaku Menteri Kelautan dan Perikanan.

Salah satu ketentuan seseorang yang ditunjuk sebagai Menteri adalah harus melaporkan total harga kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Lalu, berapa sajakah dartar kekayaan menteri baru kita?

Daftar Kekayaan Menteri Baru Presiden Jokowi

Berikut ini daftar kekayaan para menteri baru Presiden Jokowi melansir dari CNBC Indonesia

  1. Sandiaga Uno - Rp5.09 Triliun

Berdasarkan laporan, nilai kekayaan Sandiaga mencapai Rp5.09 Triliun per akhir 2018 lalu. Adapun kekayaan tersebut berupa tanah, bangunan, dan uang kas. Nilai kekayaan yang paling besar adalah aset surat berharga yang mencapai Rp4.7 Triliun, aset tanah mencapai Rp191 Miliar, dan utang senilai Rp340 Miliar.

2. Sakti Wahyu Trenggono - Rp1.94 Triliun

Sakti melaporkan jumlah harta kekayaannya mencapai Rp1.9 Triliun di mana aset terbesarnya dalam bentuk tanah dan bangunan Rp54 Miliar, alat transportasi dan mesin Rp6 miliar, surat berharga senilai Rp1.6 triliun, harta bergerak lainnya Rp 16 Miliar, kas Rp 141 Miliar, dan harta lainnya senilai Rp61 Miliar.

3. Budi Gunadi Sadikin - Rp 161 Miliar

Mantan Wakil Menteri BUMN ini dilaporkan memiliki kekayaan senilai Rp151 Miliar di mana Rp89 Miliar dalam bentuk tanah dan bangunan, transportasi dan mesin senilai Rp1.02 Miliar, surat berharga negara senilai 63,24 Miliar, kas senilai Rp4.2 Miliar, dan harta bergerak lainnya sebesar Rp4.31 Miliar.

4. M. Luthfi - Rp130.7 Miliar

Dilantik sebagai Menteri Perdagangan, M. Luthfi melaporkan kekayaannya yang mencapai Rp130.7 Miliar yang tercatat hingga akhir 2013 silam. Nilai aset terbesar dalam bentuk tanah dan bangunan Rp37.7 Miliar, alat transportasi dan mesin senilai Rp2 Miliar, harta bergerak senilai Rp8.6 Miliar. M. Luthfi juga tercatat memiliki aset surat berharga senilai Rp91 Miliar dan dalam giro dan setara kas lain sebesar Rp4 Miliar. 

5. Tri Rismaharani - Rp7.17 Miliar

Total kekayaan yang dimiliki oleh Tri RIsmaharini senilai Rp7.17 Miliar berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 21 Maret 2019/Periodik-2018. Dalam beberapa aset kekayaannya, tercatat  aset alat transportasi dan mesin yang mencapai Rp985 juta.

6. Yaqut Cholil - Rp926 Juta

Yaqut Cholil tercatat memiliki total kekayaan mencapai Rp936 Juta berdasarkan data per 19 Juni 2019 lalu dengan aset berupa tanah senilai Rp47 juta, dua buah mobil hasil sendiri dengan total Rp882 juta, dan harta bergerak Rp1.5 juta dan kas senilai Rp5.8 juta.

Artikel Terkait

Presiden Jokowi di Vaksin, Ini Fakta Seputar Vaksin Sinovac

Keuangan

Perhatian, Ini Daftar Kekayaan 6 Menteri Baru Presiden Jokowi!

Gaya Hidup

Genjot Ekonomi Syariah, Presiden Jokowi Berniat Bangun Bank Syariah Raksasa

Keuangan

Amartha Bantu Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Galeri Acara

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png