icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Peringati Hari Pahlawan, Amartha Berikan Kurikulum Edukasi Keuangan Bagi Masyarakat Unbanked
icon-lang
icon-lang

Peringati Hari Pahlawan, Amartha Berikan Kurikulum Edukasi Keuangan Bagi Masyarakat Unbanked

By Team Amartha Blog - 10 Nov 2017 - 3 min membaca

[caption id="attachment_1464" align="aligncenter" width="1280"]Amartha Berikan Kurikulum Keuangan Amartha Berikan Kurikulum Edukasi Keuangan Bagi Masyarakat Unbanked[/caption]

Tahukah kamu hari apa yang kita rayakan di Bulan November? Selain Hari Pahlawan tanggal 10 November, ternyata di beberapa negara tanggal 3 November dirayakan sebagai “Hari Ibu Rumah Tangga”. Ibu rumah tangga merupakan pahlawan, karena mereka tak hanya menjalankan tugas sebagai koki utama dan jenderal kebersihan, mereka juga merangkap sebagai kepala perawat dan guru pendamping anak-anak hingga menjadi manager keuangan rumah tangga.

Hebatnya lagi, sebagian besar ibu-ibu mitra Amartha menjalankan tugas sehari-hari sambil menjalankan usaha! Amartha bangga dengan peran ksatria ini dan berkomitmen untuk terus mendukung ibu-ibu di pelosok pedesaan dalam mencapai kesejahteraan.

Apakah hal yang bisa membuat ibu-ibu menjalankan perannya dengan lebih baik? Salah satunya adalah memiliki kemampuan untuk mengatur keuangan keluarga dengan efektif dan efisien. Dengan begitu ibu-ibu bisa mengetahui kebutuhan yang tepat, mengelola dan menyisihkan uang sebagai tabungan untuk kebutuhan di masa depan atau kebutuhan mendadak. Hal ini ditandai dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan, serta memiliki anggaran.

Akan tetapi, berdasarkan survey yang Amartha lakukan baru-baru ini, lebih dari 50% ibu-ibu mitra Amartha tidak memiliki catatan keuangan dan anggaran. Sayangnya ini membuat pengeluaran yang tidak sehat serta menghambat pengembangan usaha. Menyadari ini, maka Amartha meningkatkan usaha dalam memberikan literasi keuangan kepada ibu-ibu mitra agar mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga memiliki sikap dan perilaku untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan.

Amartha telah menjalin kerjasama dengan Aflatoun Internasional dalam membuat kurikulum edukasi keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan ibu-ibu mitra Amartha. Kurikulum ini antara lain menjelaskan tentang perbedaan antara keinginan (wants) dan kebutuhan (needs) serta menekankan pada pentingnya menabung dan perencanaan keuangan. Materi-materi dikemas dalam kegiatan pembelajaran yang menarik dan partisipatif, seperti dengan permainan diskusi dan gambar-gambar yang mudah dimengerti.

Dari kurikulum edukasi keuangan ini, ibu-ibu mitra Amartha akan memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam menentukan prioritas baik dalam dalam menjalankan usaha maupun untuk rumah tangga. Edukasi ini menumbuhkan prilaku hemat dan rajin menabung serta mengajarkan untuk memiliki simpanan untuk keadaan darurat dan pengeluaran dalam jumlah besar. Karena metode penyampaian yang menyenangkan dan mudah di tangkap, ibu-ibu juga akan mengerti bagaimana untuk menentukan tujuan dan merencanakan keuangan jangan panjang yang mendukung untuk peningkatkan produktivitas dan pengembangan usaha. Tidak hanya itu, kurikulum ini juga berisikan materi yang akan meningkatkan kepedulian terhadap masalah kebersihan dan lingkungan!

Wah, ibu-ibu Amartha pastinya akan semakin menjadi ksatria yang hebat, nih!

Artikel Terkait

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Apa Itu Perusahaan Fintech: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Produk Terbaru Bisnis

Pasti Untung! Ini Dia 5 Strategi Usaha Cafe Modal 5 Juta

Tips Bisnis

5 Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Agar Lebih Hemat

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png