icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Puasa Tanpa Sahur Saat Ramadan, Bagaimana Hukumnya?
icon-lang
icon-lang

Puasa Tanpa Sahur Saat Ramadan, Bagaimana Hukumnya?

By Team Amartha Blog - 30 Mar 2023 - 3 min membaca

Memasuki bulan Ramadan, aktivitas di rumah sudah mulai ramai sejak dini hari. Karena semua umat Islam mempersiapkan untuk makan sahur. Namun bagaimana jika kita puasa tanpa sahur? Apakah diperbolehkan dan puasanya masih sah?

Bangun lebih awal dari biasanya memang terasa sulit jika belum terbiasa. Maka dari itu terkadang orang sulit untuk bangun sahur di pekan pertama Ramadan, atau sebaliknya semakin mendekati akhir bulan Ramadan, semakin sering sahur terlewatkan. 

Hukum Puasa Tanpa Sahur

Sahur merupakan bagian dari ibadah puasa. Ada banyak hikmah dan keutamaan yang didapat bagi mereka yang sahur. Meski begitu bila dilihat dari segi hukum, sahur termasuk sunnah, yang berarti bila dikerjakan mendapatkan pahala, jika tidak maka tidak apa-apa. 

Sahur bukan hal yang wajib dan tidak termasuk ke dalam rukun puasa. Dilasir dari Nu Online, rukun ibadah puasa Ramadan ada dua yaitu niat puasa dan menahan diri dari segala hal yang dapat membatalkan puasa. Jadi sebenarnya puasa tanpa sahur tetap sah untuk dijalankan.

Meski begitu ada banyak hikmah dan kebaikan dari makan sahur. Rasulullah SAW, bersabda “Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu mengandung keberkahan” (HR Syaikhani).

Hukum Puasa Tidak Sahur dan Lupa Niat

Selain lupa akan sahur, banyak juga umat muslim yang lupa untuk membaca niat puasa. Llau, bolehkah puasa tanpa sahur dan niat? Karena seringkali orang baru mengucapkan niat berpuasa pada saat sahur. Jika sahurnya terlewat maka mereka tidak sempat membaca niat atau bisa karena lupa.

Buya Yahya menjelaskan dalam kanal youtube Al-Bahjah TV bahwa jika ada seseorang yang lupa niat puasa di malam hari dan terlewat sahur, maka berdasarkan jumhur ulama (mayoritas ulama) ibadah puasanya tidak sah. 

Tetapi dalam kondisi darurat jika seseorang benar-benar lupa bukan karena disengaja, ada keterangan dari Abu Hanifah yang memperbolehkan bacaan niat puasa di pagi hari. Dengan catatan orang tersebut belum melakukan sesuatu yang membatalkan puasa. 

Namun sebaiknya untuk menghindari hal tersebut lebih baik niatkan puasa sejak malam hari. Sehingga kamu tetap bisa berpuasa meskipun tidak sempat sahur. 

Baca Juga: 7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Puasa Tanpa Sahur Bagi Kesehatan 

Selama berpuasa tubuh akan beradaptasi karena asupan nutrisi akan berkurang selama 12 jam lebih. Maka wajar jika tubuh merasa lapar, haus, dan kurang bertenaga. Kondisinya akan lebih buruk jika kamu melewatkan sahur. 

Bila melihat dari segi kesehatan puasa tanpa sahur akan membuat tubuh ada dalam kondisi kelaparan (starving), bukan berpuasa (fasting). Karena bila kamu tidak sahur berarti tubuh terakhir kali menerima makan pada saat berbuka puasa. Artinya tubuh tidak menerima asupan apapun hingga hampir menyentuh waktu 24 jam. 

Sistem metabolisme jadi terganggu, begitu juga dengan siklus hormonal. Kemudian pada akhirnya organ tubuh bisa mengalami gangguan, termasuk pada organ pencernaan. 

Maka dari itu sangat dianjurkan untuk makan sahur sebelum berpuasa. Menu makanan sahur pun harus diperhatikan gizinya. Dengan besaran porsi makan sahur 40% dan makanan berbuka 60%.   

Jadi puasa tanpa sahur apakah sah? Puasamu tetap sah tapi sebaiknya upayakan untuk menyantap makanan sahur selama Ramadan. Agar tubuh lebih bertenaga di siang hari dan mendapatkan berkah dari sahur.

Selain itu saat sahur kamu punya kesempatan untuk mengucapkan lagi niat berpuasa. Untuk mengantisipasi jika kamu lupa berniat di malam hari. 

Nah, selama bulan Ramadan ini, tidak ada salahnya niatkan juga untuk berbagi kepada sesama. Kamu bisa menjadi good lender di Amartha, microfinance marketplace yang turut serta dalam mendukung UMKM yang ada di lebih dari 35.000 desa di Indonesia.

Kamu bisa menanam kebaikan dengan bantu modalin UMKM yang dijalankan oleh perempuan tangguh Indonesia. Kemudian kamu juga bisa pendapatan pasif mingguan mulai dari Rp100.000 aja. Yuk, mulai ciptakan dampak sosial dengan pendanaan di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Bagi Keberkahan Idul Adha dengan Modalin Mitra Amartha!

Promo Pendana

Waktunya Bonus Extra, Waktunya Modalin Mitra!

Promo Pendana

Nikmati Bonus 1 Juta Hanya Untuk Pendana Setia!

Promo Pendana

Bonus Extra Bagi Hasil Tiba, Saatnya Modalin Mitra!

Promo Pendana

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png