icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Rekening Dormant: Apa Itu, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
icon-lang
icon-lang

Rekening Dormant: Apa Itu, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

By Team Amartha Blog - 8 Aug 2021 - 3 min membaca

Apakah kamu memiliki akun rekening yang sudah tidak digunakan? Hati-hati, bisa jadi akun rekeningmu itu menjadi dormant dan tidak bisa digunakan lagi. Bahkan, uang yang ada didalamnya juga tidak bisa digunakan lagi.

Nah, sebenarnya apa itu rekening dormant, penyebab dan cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut!

Apa Itu Rekening Dormant?

Rekening dormant dapat diartikan sebagai akun rekening yang tidak aktif. Akun rekening yang dimaksud adalah rekening giro atau tabungan yang sudah tidak aktif selama jangka waktu tertentu sehingga dikategorikan sebagai dormant oleh bank.

Praktis, Begini Cara Buka Rekening Bank Digital Dari Rumah!

Bank memandang rekening dormant sebagai beban. Jika suatu akun tidak digunakan, bisa terjadi banyak masalah didalamnya. Selain itu, database rekening dorman menjadi perhitungan negatif bagi bank.

Sebagai informasi, akun dormant tidak bisa dikembalikan dengan mudah. Ada beberapa proses yang harus dilakukan agar rekening bisa digunakan kembali. Biasanya, proses ini cukup memakan waktu yang lama dan beberapa biaya.

Penyebab Terjadinya Rekening Dormant

Rekening dormant biasanya terjadi karena rekening tidak digunakan atau tidak mengalami transaksi dalam jangka beberapa waktu. Selain itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan rekening dormant terjadi, yaitu:

1. Salah Transfer

Salah transfer dapat mengakibatkan akun seseorang menjadi dormant. Kesalahan pengirim dalam memasukkan kode rekening dalam jumlah dana yang besar akan membuat rekening penerima menjadi dormant.

Misalnya, Martha membeli sebuah mobil secara tunai tanpa cicilan dengan metode pembayaran melalui transfer. Namun pada saat melakukan transfer, Martha salah memasukkan nomor rekening dan masuk ke rekening Martin, bukan dealer mobil. Sebelum uang digunakan oleh Martin, bank akan membuat akun Martin menjadi dormant.

Dapat Dana Transferan Tak Dikenal? Awas, Itu Ulah Pinjol Ilegal!

2. Aktivitas Tidak Wajar

Aktivitas tidak wajar yang dapat membuat akun rekening menjadi dormant adalah melakukan transaksi dalam waktu yang singkat atau ada akses tidak dikenal pada akun rekening. Biasanya, hal ini disebabkan karena akun sedang di hack.

Contoh dari aktivitas tidak wajar adalah adanya penarikan dana sangat besar. Misal dalam menarik uang, maksimal jumlah yang yang ditarik Martha adalah satu juta, namun saat itu Martha melakukan penarikan dengan jumlah besar secara cepat.

3. Permintaan dari Pihak Berwajib

Adanya permintaan dari pihak berwajib dapat membuat akun rekening seseorang berubah status menjadi dormant. Biasanya hal ini terjadi pada pelaku tindak kejahatan, kriminal, hingga koruptor. Pembekuan rekening perlu dilakukan untuk mengamankan uang sebagai barang bukti.

Cara Mengatasi Akun Rekening Dormant

Untuk menghapus status dormant pada akun rekening, hal utama yang perlu dilakukan adalah menghubungi pihak bank.

Selanjutnya pihak bank akan meminta pemohon untuk datang ke bank dengan membawa identitas, buku tabungan, dan pertanyaan tertulis mengenai alasan dormant.

Apabila dormant terjadi karena kesalahan transfer atau aktivitas tidak wajar, pemohon tidak perlu melakukan banyak hal khusus. Lain halnya bila penyebabnya adalah saldo kosong atau permintaan dari pihak berwajib.

Pemulihan akun rekening biasanya juga memerlukan biaya. Setiap bank memberikan biaya yang berbeda-beda.

Apabila akun rekening sudah pulih, gunakan dengan melakukan transaksi yang bermanfaat seperti menabung atau untuk investasi. Pasalnya, hal tersebut akan menambah nilai uang di masa mendatang.

Untuk investasi, saat ini ada banyak investasi modal kecil yang menawarkan keuntungan bersaing. Misalnya P2P Lending Amartha.

Amartha

Amartha merupakan perusahaan investasi P2P Lending yang menghubungkan pendana kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui pendampingan dan pelatihan usaha. Amartha menawarkan keuntungan sampai 15% flat per tahun. Selain itu, Amartha adalah P2P Lending yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar dan memiliki lisensi Izin Usaha dari OJK.

Dengan berinvestasi di Amartha, pendana tidak hanya mendapatkan keutnungan secara materi tapi juga menciptakan dampak sosial berupa kesejahteraan merata bagi perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Laporan AKuntabilitas Sosial Amartha menyatakan bahwa 41% mitra Amartha berhasil keluar dari garis kemiskinan setelah dua tahun bergabung dengan Amartha.

Tertarik berinvestasi di Amartha? Daftar sekarang!

Tags:

Artikel Terkait

4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya

Gaya Hidup

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!

Gaya Hidup

6 Barang Murah untuk THR Lebaran Agar Lebih Hemat

Gaya Hidup

Unik dan Berkesan! Intip 5 Ide THR Lebaran untuk Pelanggan

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png