icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Rekening Ponsel: Definis, Kelebihan, dan Cara Membuatnya
icon-lang
icon-lang

Rekening Ponsel: Definis, Kelebihan, dan Cara Membuatnya

By Team Amartha Blog - 8 Aug 2021 - 3 min membaca

Rekening ponsel merupakah salah satu fitur yang kini banyak disediakan oleh perbankan di Indonesia. Fitur ini memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan.

Proses pembuatan rekening ponsel juga mudah dan cepat, lho. Bagi kamu yang ingin mengetahui soal rekening ponsel, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Rekening Ponsel?

Rekening ponsel adalah istilah yang digunakan untuk mengakses layanan keuangan perbankan melalui smartphone sehingga nasabah tidak perlu datang ke bank atau ATM untuk bertransaksi online.

Fitur atau layanan rekening ponsel ini sudah ada sejak tahun 2010 yang bentuk awalnya adalah layanan SMS Banking dan kini bertambah menjadi Mobile Banking.

Pada SMS Banking, fitur yang bisa digunakan adalah transfer, cek mutasi, cek kurs mata uang dunia, dan lainnya. Caranya dengan mengirimkan SMS berisi kode tertentu ke nomor tujuan yang dimiliki oleh bank yang digunakan. Selain itu, nasabah akan dikenakan biaya untuk sekali SMS.

Sementara Mobile Banking paling banyak digunakan karena tidak memerlukan biaya dan mengirimkan kode tertentu. Nasabah cukup mengunduh aplikasi di ponsel dan mengaktifkannya melalui bank.

5 Cara Menghabiskan Uang Yang Bisa Membuatmu Lebih Bahagia

Apa Saja Kelebihan Rekening Ponsel?

Memiliki banyak peminat dalam membuat rekening ponsel, apa saja sih kelebihannya dibanding cara konvensional?

1. Bayar Tagihan Dalam Satu Kali Transaksi

Memiliki banyak tagihan dari ebragam merchant? Gak perlu ribet lagi karena rekening ponsel bisa digunakan untuk membayar semua tagihan dalam satu kali klik. Pembayaran tagihan yang disediakan adalah kartu kredit, angsuran, listrik, pajak, layanan TV kabel, telepon, dan sebagainya. Caranya, nasabah tinggal mengklik beberapa opsi yang ada di aplikasi rekening ponsel tanpa perlu ke bank atau ke ATM.

2. Mudah Cek Mutasi dan Transfer Uang

Rekening ponsel menawarkan kemudahan dalam hal melakukan cek mutasi kepada nasabahnya. Kamu akan mengetahui dari mana dan ke mana saja uang yang kamu miliki di transfer. Nasabah hanya perlu menyiapkan nomor rekening tujuan dan uang langsung diterima dalam beberapa menit.

3. Tanpa Saldo Minimum

Seluruh uang yang ada di rekening ponselmu bisa digunakan tanpa tersisa. Bila layanan tabungan bank biasa mewajibkan saldo minimum antara Rp20.000 - Rp100.000, maka rekening tidak perlu. Nasabah bisa menghabiskan seluruh saldo yang dimiliki untuk bertransaksi.

Ingat ya, beli barang atau jasa yang sifatnya kebutuhan, bukan keinginan semata atau impulsive buying, aja!

Bagaimana Cara Membuat Rekening Ponsel?

Untuk kamu yang tertarik menggunakan rekening ponsel, perlu mengetahui bahwa sistem rekening ponsel di setiap bank akan berbeda-beda.

Praktis, Begini Cara Buka Rekening Bank Digital Dari Rumah!

Meski demikian, ada 3 cara umum yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Mendatangi customer service di bank yang ingin dituju
  2. Minta aktivasi dari pihak bank. Siapkan alamat email aktif, kartu identitas, kartu ATM, dan buku tabungan
  3. Lakukan aktivasi dengan memasukkan nomor ponsel setelah mengunduh aplikasi atau website dari bank yang dituju.

Setelah itu, kamu bisa menikmati fitur atau layanan yang disediakan oleh bank. Kemudahan melakukan transaksi ini kerapkali membuat kita kalap mata, maka dari itu, pastikan kamu tetap melakukan monitoring dan melakukan anggaran keuangan agar tidak bikin kantong jebol, ya!

Atau kamu bisa memanfaatkan fitur dari rekening ponsel untuk melakukan investasi. Salah satu alternatif investasi yang tengah naik daun dan menawarkan keuntungan bersaing adalah P2P Lending.

investasi amartha

P2P Lending adalah investasi yang menghubungkan peminjam kepada investor dimana dana dari investor digunakan untuk kebutuhan peminjam seperti untuk modal usaha. P2P Lending yang aman dan terpercaya di Indonesia sudah berada dibawah naungan OJK, contohnya adalah Amartha.

Amartha menawarkan bagi hasil sampai 15% flat per tahun dan dana kamu akan disalurkan ke perempuan pengusaha mikro di pedesaan yang diberdayakan melalui pendampingan dan pelatihan usaha dan keuangan. Di Amartha, kamu bisa berinvestasi sekaligus menciptakan dampak sosial yang nyata, lho. Ayo daftar sekarang!

Tags:

Artikel Terkait

4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya

Gaya Hidup

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!

Gaya Hidup

6 Barang Murah untuk THR Lebaran Agar Lebih Hemat

Gaya Hidup

Unik dan Berkesan! Intip 5 Ide THR Lebaran untuk Pelanggan

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png