icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Sulit Menabung? #KitaJanganMenyerah, Ini 5 Cara Unik Yang Bisa Dicoba
icon-lang
icon-lang

Sulit Menabung? #KitaJanganMenyerah, Ini 5 Cara Unik Yang Bisa Dicoba

By Team Amartha Blog - 5 Aug 2020 - 3 min membaca

Membangun kebiasaan menabung setelah mendapatkan uang memanglah sulit untuk dilakukan. Biasanya kita memakai uang tersebut untuk memenuhi keinginan lalu sisanya ditabung. Padahal, alangkah lebih baik kalau menabung terlebih dahulu baru kemudian sisa uang digunakan untuk keperluan lain.

Menabung menjadi sulit dilakukan karena bukan kebiasaan. Menabung juga dirasa tidak sepenting tubuh yang memerlukan makan. Sekali lagi, bagi sebagian orang menabung bukanlah kebutuhan. Bila dilihat dari manfaatnya, menabung mungkin saja bisa menjadi penyelamat di masa mendatang. Dengan membiasakan menabung untuk menyiapkan masa tua dapat memutus mata rantai generasi sandwich lho.

Nah, kalau dirasa kesulitan dalam menabung. Ada banyak cara unik yang bisa kita coba sesuai referensi masing-masing. Berikut 5 cara unik dalam menabung yang bisa kamu coba:

Uang Koin

Punya uang receh atau koin kembalian dari berbelanja, sebaiknya dikumpulkan dalam wadah seperti celengan ataupun kaleng kue tidak terpakai. Kumpulkan sampai wadah terisi penuh. Uang koin yang selama ini kita sepelekan ternyata bisa jadi bermanfaat, bukan?

Sesuai Tanggal

Cara menabung yang satu ini adalah cara yang unik dan juga mudah dilakukan. Kita hanya perlu menabung sesuai tanggal. Misal di tanggal 1 Januari 2020, kita menabung Rp1.000, tanggal 2 Januari 2020 menabung Rp2.000, dan seterusnya. Dalam satu bulan, kita bisa menabung lebih dari Rp400.000. Lumayan kan?

Uang Rp20.000

Menabung uang Rp20.000 adalah salah satu gerakan menabung yang diciptakan dan dipopulerkan oleh Ippho Santosa. Setiap kita menerima uang kembalian Rp20.000, uang tersebut harus di simpan di suatu wadah. Bisa berupa botol air mineral bekas atau kaleng kerupuk yang sudah tidak terpakai. Hasilnya akan bikin kamu heran deh!

Menabung Mingguan 

Meskipun disebut menabung mingguan, namun cara menabung yang satu ini bisa dibilang cukup ekstrim. Pasalnya kita harus menentukan target berupa berapa banyak uang yang ingin dikumpulkan dalam satu tahun. Misalnya mengumpulkan 50 juta dalam waktu 52 minggu. Berarti setiap minggu, kita harus menabung sekitar Rp900.000-an.

Ala K-Popers 

Menjalani masa remaja beriringan dengan merebaknya hallyu star atau gelombang budaya korea, ternyata membuat beberapa remaja giat dalam menabung. Bagaimana tidak, hasrat untuk bertemu idola sudah dinantikan sejak lama. Maka dari itu ada sebutan menabung ala k-popers. Jadi, setiap idola mereka mengunggah foto atau video, mereka harus menabung sejumlah uang. Misalnya, 1 foto sebesar Rp100.000 dan 1 video sebesar Rp200.000. Uang tersebut biasanya akan dibelikan tiket konser, album, merchandise, atau kebutuhan lain.

Itulah 5 cara unik dalam menabung yang bisa kamu coba. Perlu kita ingat bahwa banyak jalan menuju roma, banyak cara menabung agar masa tua tidak merepotkan anak. Selamat mencoba ?. 

Tags:

Artikel Terkait

4 Universitas BUMN dan Info Beasiswanya

Gaya Hidup

6 Tokoh Wanita Islam yang Menginspirasi, Patut Dicontoh!

Gaya Hidup

6 Barang Murah untuk THR Lebaran Agar Lebih Hemat

Gaya Hidup

Unik dan Berkesan! Intip 5 Ide THR Lebaran untuk Pelanggan

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png