icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Terapkan 4 Tips Berikut untuk Mencegah Infeksi Virus Corona
icon-lang
icon-lang

Terapkan 4 Tips Berikut untuk Mencegah Infeksi Virus Corona

By Team Amartha Blog - 6 Mar 2020 - 3 min membaca

Corona adalah salah satu virus yang menggemparkan seluruh masyarakat di dunia sejak akhir tahun lalu. Pasalnya, virus ini telah menyerang ribuan orang di berbagai negara. Parahnya lagi, virus ini juga telah menelan ratusan korban jiwa.

Wabah dari virus corona dalam bahasa ilmiah disebut dengan novel coronavirus 2019 (2019-nCoV). Penyakit ini masuk dalam golongan virus yang sama dengan virus yang menyebabkan penyakit SARS dan MERS. 

Asal muasal virus ini diperkirakan dari hewan seperti kelelawar dan unta yang bisa menular dari hewan ke manusia dan dari manusia ke manusia melalui percikan dahak ketika batuk atau bersin.

BACA JUGA : Efek Corona: Merugikan dan Juga Menguntungkan

Gejala dari seseorang terinfeksi virus Corona yaitu mirip dengan flu seperti demam, batuk, dan pilek. Beberapa hari setelahnya, orang yang terinfeksi bisa mengalami sesak nafas akibat infeksi pada paru-paru. Sampai saat ini belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan bila terinfeksi virus ini.

Untuk itu, WHO mengimbau seluruh masyarakat dunia agar melakukan tindakan mencegah infeksi virus Corona. Berikut tips yang bisa kamu terapkan:

Mencuci Tangan

Mencuci tangan adalah cara paling sederhana untuk mencegah virus 2019-nCoV. Cuci tanganlah dengan air mengalir dan sabun minimal selama 20 detik. Cuci tangan juga diperlukan secara teratur seperti sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, hingga batuk atau bersin.

Pastikan seluruh tangan tercuci bersih mulai dari punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Bawa juga hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% apabila tidak menemukan air mengalir dan sabun.

Baca juga: Menjaga Kesehatan adalah Salah Satu Bentuk Investasi Masa Depan

Menggunakan Masker

Selain cuci tangan, tips lain untuk mengantisipasi virus corona adalah dengan menggunakan masker. Ada dua tipe masker yang bisa digunakan, yaitu masker bedah dan masker N95.

Masker bedah adalah masker sekali pakai yang umum kita temui dan harganya terjangkau. Penting diketahui cara memakai masker ini adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sisi yang berwarna putih menghadap ke wajah dan menutupi hidung, mulut, dan dagu. Setelah selesai menggunakan, jangan sentuh bagian depan masker karena banyak kuman yang menempel. Tarik tali masker dan buang.

Sementara masker N95 adalah jenis masker yang khusus dirancang untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker ini sangat direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus Corona namun harganya sangat mahal dan kurang nyaman digunakan.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Di cuaca yang tidak menentu ditambah gemparnya virus corona yang menyebar di seluruh dunia, kita wajib menjaga daya tahan tubuh. Nah untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, kita disarankan wajib untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur, buah, makanan protein. Selain itu, rutin olahraga, tidur cukup, dan minum vitamin juga dapat membantu mencegah infeksi virus Corona.

Tidak Pergi ke Negara Terjangkit

Virus corona adalah virus yang berasal dari Cina. Kabar buruknya, virus ini menyebar dengan cepat ke negara lain seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Eropa, dan Amerika Serikat. Virus Corona juga sudah dikonfirmasi menyebar hingga ke negara tetangga Indonesia seperti Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Untuk ini disarankan untuk tidak bepergian ke negara-negara yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona.

Itulah beberapa tips untuk mencegah infeksi virus Corona yang bisa kita lakukan. Apabila mengalami kendala seperti batuk, demam, dan pilek segeralah memeriksakan diri ke dokter. Semoga tips tersebut bermanfaat ya!

Artikel Terkait

Terapkan 4 Tips Berikut untuk Mencegah Infeksi Virus Corona

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png