icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / 5 Hal yang Membuat Kamu Wajib untuk Nabung!
icon-lang
icon-lang

5 Hal yang Membuat Kamu Wajib untuk Nabung!

By Team Amartha Blog - 5 May 2017 - 3 min membaca

[caption id="attachment_819" align="aligncenter" width="940"]Amartha Yuk segera menabung untuk masa depan yang lebih cemerlang![/caption]

Apa kabar dengan tabunganmu sekarang? Sudah punya tabungan, atau malah belum pernah mencoba untuk menabung?

Semua orang sadar jika uang merupakan sesuatu yang amat dibutuhkan di zaman seperti sekarang. Bagaimana tidak, untuk bisa melakukan segala sesuatu kamu pasti harus bayar. Membeli pakaian, makanan, tempat tinggal dan lain-lain, semua membutuhkan uang.

Ya, jadi uang memang memegang peranan yang super penting dalam hidup kita saat ini. Untuk itu, kamu harus bisa menyiasati sebaik mungkin dalam hal mengelola keuangan mulai saat ini. Agar uangmu tidak mudah habis, kamu perlu menyisihkannya sebagiannya supaya bisa dipakai di kemudian hari. Salah satunya ialah dengan cara menabung.

Meski banyak pihak yang paham betul bahwa menabung itu hal yang sangat penting, ternyata masih banyak juga lho orang yang tidak menganggap menabung itu penting. Apakah kamu salah satunya? Jika ya, segera simak 5 alasan mengapa kamu benar-benar harus menabung, supaya kamu menjadi lebih paham pentingnya menabung di masa kini.

  1. Mengajarkanmu Bahwa Hidup itu Butuh Proses

Sadar gak sih? Dengan menabung, secara tidak langsung kita diajarkan bahwa hidup itu butuh proses. Hal ini karena, dengan menabung sekaligus memberikan pembelajaran buat kita bahwa untuk memperoleh sesuatu itu tidaklah mudah dan instan semata, namun perlu perjuangan. Dalam proses mengumpulkan tabunganmu, akan terasa begitu menyenangkan saat kamu menyadari bahwa jumlahnya kian banyak. Apalagi kamu gak perlu lagi tergantung pada orang tua ataupun kerabat, dalam memenuhi kebutuhanmu. Sungguh merupakan kepuasan tersedensiri lho apabila berhasil membeli barang impian dari jeri payah sendiri, yang salah satunya ialah lewat menabung !

Karena dengan menabung, bisa menjadikanmu lebih kuat dan lebih tahan banting untuk menghadapi kehidupan yang keras nantinya.

  1. Solusi saat Kamu Kehilangan Pekerjaan

Siapa sih yang tahu nasib kita kedepan? Bagi para pekerja, kamu harus selalu siap pada berbagai keadaan, terutama ketika perusahaan tempatmu bekerja bangkrut, atau kamu terpaksa kehilangan pekerjaanmu karena masalah lain.

Saat ini terjadi, sudah pasti pendapatanmu akan langsung terhenti. Nah dalam situasi seperti ini, kita tetap membutuhkan makan, minum dan biaya transportasi untuk menyambung hidup atau mencari pekerjaan lain. Jika kamu tidak memiliki tabungan, dan tidak bisa mengandalkan bantuan orang lain, bagaimana kamu bisa move on untuk melanjutkan hidup dan bahkan hanya sekedar bertahan dalam situasi ini?

Tidak ada uang yang masuk, tetapi pengeluaran sehari-hari harus tetap terjadi. Inilah mengapa kamu harus selalu menabung, agar kamu memiliki uang simpanan untuk menjaga kelangsungan hidupmu pada saat kamu sudah tidak lagi ada penghasilan. Jika tabungan aman, kamu tidak perlu bergantung pada orang lain dan bergegas menyusun strategi untuk mendapat pekerjaan baru.

  1. Melatih Hidupmu agar Sederhana dan Tidak Boros

Ada lagi nih alasan mengapa kamu wajib buat nabung. Ya, kita wajib untuk menabung salah satunya agar kita dapat hidup sederhana dan tidak boros menggunakan uang kita. Mengapa? Karena dengan menabung, secara tidak sengaja kamu akan terlatih untuk memilih apa yang sangat diperlukan dan apa yang tidak seharusnya dibeli, maka kamu akan lebih bijak dalam membelanjakan uang.

Itulah mengapa, menabung akan mengajarkanmu belajar tentang pentingnya menentukan skala prioritas dalam membelanjakan uang.

Namun, jangan salah sangka ya, hidup sederhana dan tidak boros itu bukan berarti pelit lho, bukan berarti kikir juga. Namun lebih kepada, bagaimana kita bisa memilih dan memilah apa yang perlu dan yang tidak perlu, sehingga hidup kita lebih efektif dan efisien.

  1. Melakukan Investasi untuk Masa Depan

Investasi? Mungkin suatu kata yang familiar namun asing bagi kita. Apalagi di kalangan anak muda. Masih banyak yang belum terpikir untuk melakukan kegiatan investasi. Namun, sudah barang tentu bahwa setiap orang pasti ingin uang. Nah, salah satu cara untuk mendapatkan banyak uang adalah dengan melakukan investasi.

Jika kamu adalah pemula, sebaiknya mencoba memulai investasi dengan junlah yang kecil terlebih dahulu. Hal ini penting untuk diperhatikan, karena sebagai sarana menumbuhkan rasa kepercayaan diri dalam berinvestasi. Maka mulailah dari sesuatu yang kecil dan tidak gegabah.

Tau gak sih? Agar investasi dapat berjalan dengan lancar, maka sebaiknya dana yang kamu gunakan adalah dana dari tabunganmu. Mengapa? Karena dengan menggunakan dana tabungan, kamu sudah memiliki persiapan untuk berinvestasi, dana sudah tersedia dan siap untuk dikembangkan. Jadi kamu gak perlu repot-repot untuk cari dananya.

  1. Persiapan Masa Tua

Sudah pasti bukan, bila kita bekerja di suatu instansi atau perusahaan, maka pensiun adalah hal yang tidak bisa terelakkan. Karena usia pasti bertambah, dan waktu terus berjalan, maka mau tidak mau semua orang pasti akan menghadapi pensiun.

Memang, ketika memasuki masa pensiun maka perusahaan atau instansi terkait tempat kita bekerja akan menyiapkan dana pensiun. Namun, apakah jumlahnya cukup untuk melanjutkan hidup sesuai dengan keinginanmu dalam waktu yang lama? Ingat! Kamu jadi tidak memiliki penghasilan bulanan rutin lho.

Disinilah mengapa tabunganmu menjadi sangat bermanfaat. Hal ini karena, dengan tabungan tersebut kamu dapat membuka usaha dan menggunakan tabungan tersebut sebagai modal, sehingga pendapatan bulananmu akan tetap ada dan bahkan lebih.

Sudah paham kan apa saja keuntungannya bila kamu giat menabung? Maka jangan ragu lagi untuk mulai menabung jika kamu belum mencobanya. Menabung memang membutuhkan komitmen yang tinggi, karena untuk menyisihkan uang dan membatasi sifat konsumtif kita sangatlah tidak mudah. Nmaun, jika kamu terus menerus menunda untuk menabung, maka kamu tidak akan pernah mulai menabung.

Yuk segera menabung untuk masa depan yang lebih cemerlang!

Artikel Terkait

Solusi Untuk Kamu Yang Sulit Menabung

Keuangan

Isu Resesi, Ini 4 Tips Gaya Hidup Hemat untuk Menyiapkan Dana Darurat

Gaya Hidup

Saving & Investing

Keuangan

5 Hal yang Membuat Kamu Wajib untuk Nabung!

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png