icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Pendana / Gaya Hidup / Vespa, Bisakah Dijadikan Sebagai Investasi?
icon-lang
icon-lang

Vespa, Bisakah Dijadikan Sebagai Investasi?

By Team Amartha Blog - 12 Oct 2020 - 3 min membaca

Tidak hanya dapat dijadikan kendaraan untuk beraktivitas sehari-hari, memiliki sepeda motor seperti Vespa ternyata juga bisa dijadikan sebagai sebuah investasi. Apalagi, saat ini banyak orang kembali tertarik pada Vespa, terutama model lama yang membuat harganya melambung.

Perlu diketahui, merek skuter asal Italia ini pertama kali masuk ke Indonesia pada zaman kolonial Belanda. Namun, Vespa pertama diimpor secara resmi ke Indonesia setelah merdeka di tahun 1966. Saat itu hanya segelintir orang yang menggunakan Vespa. Namun, “Kongo” membuat demam Vespa dimulai di Indonesia.

Hadirnya Vespa Ke Indonesia

Ceritanya di sekitar tahun 1963, Indonesia mendapat tugas dari Perserikatan Bangsa-bangsa untuk menjaga keamanan di Kongo, salah satu negara di Afrika yang dilanda perang saudara. Indonesia pun mengirimkan Kontingen Garuda sebagai bagian dari Pasukan Penjaga Perdamaian PBB.

Sepulangnya ke Indonesia, anggota Kontingen Garuda diberi penghargaan oleh pemerintah berupa Vespa Kongo. Sontak sejak itu, Vespa jadi populer dan incaran pilihan transportasi masyarakat Indonesia. Apalagi, saat itu motor-motor Jepang belum masuk ke Indonesia.

Beli Mobil Baru vs Mobil Bekas, Mana Yang Lebih Untung?

Barulah pada era 1990-an, Vespa mulai menjadi subkultur lantaran jumlahnya yang sangat terbatas dan bengkelnya pun tidak banyak. Posisinya yang minoritas dibandingkan dengan motor buatan Jepang ini membuat para pemilik Vespa membangun jejaring komunitas.

Pada dekade 1980-1990-an harga Vespa mulai murah, terutama keluaran 1970 dan 1960-an. Orang malas membeli Vespa karena cukup rewel perawatannya seperti ganti busi dan tali kopling.

Perubahan Gaya Hidup

Harga skuter yang tercipta pertama kali pada tahun 1946 usai Perang Dunia II ini mulai menanjak kembali ketika pengaruh gaya hidup vintage yang suka barang dari masa lalu muncul sekitar tahun 2004 atau 2005, salah satunya di Bandung.

Seri Vespa tahun 1960-an dan 1970-an pun mulai naik harganya karena gaya hidup anak muda saat ini yang mengarah ke vintage. Perburuan Vespa klasik pun melambungkan harga dan muncullah kolektor-kolektor baru.

Saat ini, Vespa generasi lama bisa ditawarkan pada kisaran harga Rp50 juta - Rp85 juta. Skuter buatan Piaggio yang paling banyak diincar adalah tipe Kongo, Super, Sprint, dan PX. Selain itu, tipe yang banyak diburu kolektor adalah Special 90cc (Darling) dan Gran Lusso yang diluncurkan pada dekade 1960-an atau era di mana subkultur Mod merajai Dunia.

Vespa Gran Lusso bernuansa Vintage

Vespa Sebagai Investasi

Pada intinya, membeli Vespa untuk investasi, meski terkesan kurang logis, nyatanya dapat dilakukan. Tak harus Vespa klasik yang sudah jarang di pasaran karena diburu kolektor, Vespa baru asal jeli ketika membeli juga bisa dijadikan investasi.

Yap, Vespa baru juga bisa dijadikan investasi. Hanya saja, memang perlu pembuktian dan mengecek kebenarannya tidak mudah karena membutuhkan kejelian pemilik memilih motor, serta waktu yang tidak sebentar.

Selain terhitung orisinil alias masih bawaan pabrik, ada dua ciri-ciri Vespa lainnya agar bisa dijadikan investasi untuk di Indonesia:

Pertama, belilah Vespa, baik baru maupun lawas yang populasinya tidak terlalu banyak tapi ramai peminatnya. Hal ini akan membuat permintaan tinggi tapi stok yang ada terbatas.

Kedua, belilah Vespa yang memiliki model special edition seperti edisi ulang tahun atau edisi terbatas. Model seperti ini sering diburu karena punya nilai sentimentil atau fitur khusus yang tidak ada di varian standar. Misalnya, Vespa 946 yang diketahui jumlahnya hanya puluhan di Indonesia.

Vespa 946 yang hadir di Indonesia sejak tahun 2014 ini memiliki empat versi yaitu Vespa 946 Ricordo Italiano, Vespa 946 Bellisima, Vespa 946 Emporio Armani dan yang terakhir Vespa 946 RED Edition. Seluruh varian Vespa 946 ini dibuat oleh Piaggio (Pabrikan Vespa) dalam jumlah terbatas di seluruh dunia.

Alternatif Investasi P2P Lending Amartha

investasi amartha

Selain menjadikan Vespa sebagai investasi, ada baiknya jika kamu juga melirik instrumen investasi lainnya seperti Peer-to-Peer (P2P) Lending. Nah, salah satu platform Peer to Peer (P2P) Lending yang aman dan tepercaya saat ini adalah Amartha.

Amartha adalah perusahaan investasi di Indonesia yang menghubungkan pendana urban dengan pengusaha mikro di pedesaan. Hingga saat ini tercatat sudah ada lebih dari 570.000 perempuan pengusaha mikro di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi yang sudah mendapatkan akses permodalan dan literasi keuangan dan kewirausahaan.

Sejak tahun 2019, Amartha tidak hanya terdaftar dan diawasi oleh OJK melainkan sudah berizin usaha OJK sehingga Amartha adalah perusahaan P2P Lending teraman dan terpercaya. Dengan berinvestasi di Amartha, Anda akan mendapatkan keuntungan sampai 15% flat per tahun. Segera daftarkan diri Anda di Amartha!

Artikel Terkait

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Apa Itu Perusahaan Fintech: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Produk Terbaru Bisnis

Pasti Untung! Ini Dia 5 Strategi Usaha Cafe Modal 5 Juta

Tips Bisnis

5 Cara Mengelola Keuangan Rumah Tangga Agar Lebih Hemat

Keuangan

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png