icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Bisnis / 5 Tips Atasi Laptop yang Lemot dengan Mudah
icon-lang
icon-lang

5 Tips Atasi Laptop yang Lemot dengan Mudah

By Team Amartha Blog - 25 Jan 2021 - 3 min membaca

Daftar cara atasi laptop lelet pastinya dibutuhkan oleh mereka yang sudah frustasi karena laptopnya lemot dan lambat sekali saat digunakan.

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan agar laptop bisa kembali normal dan kecepatannya tidak lagi terlalu lambat. Ada beberapa tips di bawah ini yang sebaiknya diikuti jika ingin laptop tidak lemot lagi.

Tips Membuat Laptop Lemot Kembali Normal

Laptop menjadi lemot karena banyak hal. Kadang kecepatan laptop turun drastis ketika ada banyak aplikasi yang terpasang di laptop. Kadang juga laptop menjadi lemot karena terserang virus.

Inilah mengapa cara-cara di bawah ini cocok dilakukan agar laptop bisa kembali normal. Berikut adalah cara atasi laptop lelet yang paling ampuh.

  1. Hilangkan Aplikasi yang Tak Terpakai

Kadang pengguna laptop suka menambahkan aplikasi macam-macam ke dalam laptop, bahkan aplikasi yang tak penting dan sangat jarang atau bahkan tidak pernah terpakai pun masuk ke dalam laptop. Akibatnya, laptop menjadi penuh dan lemot. Hilangkan aplikasi-aplikasi tersebut dengan program “Uninstall” yang ada di Control Panel.

2. Pastikan Anti Virus Selalu Update

Penyebab utama laptop berkecepatan rendah biasanya adalah karena terserang virus. Inilah mengapa laptop harus dilindungi oleh program antivirus yang mumpuni.

Jangan hanya dipasang saja, program antivirus juga harus selalu diperbaharui atau di update agar bisa melindungi laptop dari virus dengan benar.

3. Jaga Suhu Laptop

Salah satu cara atasi laptop lelet yang ampuh adalah dengan menjaga suhu laptop tetap adem. Jika suhu laptop terlalu panas, sudah pasti laptop akan lemot.

Cara-cara menurunkan suhu laptop dan menjaganya tetap dingin diantaranya adalah dengan menggunakan fan atau alas kipas dan juga dengan menambahkan thermal paste pada laptop.

4. Jangan Simpan File di Desktop

Menyimpan file di desktop bisa membuat kecepatan laptop turun. Inilah mengapa penting untuk menyimpan file di tempat penyimpanan yang biasanya saja, jangan ditaruh di desktop agar laptop tidak lemot.

5. Upgrade Kapasitas RAM dan Jenis Memori

Cara terakhir yang  bisa diupayakan mungkin akan memakan biaya. Cara ini adalah dengan menambah kapasitas RAM dan juga meng-upgrade jenis memori dari jenis HDD ke SSD.

Memori SSD sudah terbukti membuat laptop berjalan dengan lebih cepat dibandingkan dengan jika menggunakan memori HDD. Untuk RAM, upgrade RAM menjadi paling tidak 4 GB.

Jika cara-cara di atas tadi sudah dilakukan, dijamin laptop pasti tidak akan lemot lagi. Laptop kadang menjadi sangat lambat ketika kita juga sembarangan menggunakannya.

Karena itu, jangan lupa selalu cek kondisi laptop, termasuk suhu panasnya dan juga update tidak anti virusnya. Lakukan cara atasi laptop lemot di atas tadi sebelum frustasi dan memutuskan beli laptop baru.

Tags:

Artikel Terkait

7 Perusahaan Indonesia yang Mendunia, Apa Saja?

Produk Terbaru Bisnis

Apa Itu Perusahaan Fintech: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Produk Terbaru Bisnis

Super Apps Adalah: Definisi, Kelebihan, dan Karakteristiknya

Produk Terbaru Bisnis

Mengenal Transfer Online dan BI Fast. Apa Perbedaannya?

Produk Terbaru Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png