icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Bisnis / Aplikasi Pendukung Untuk Sempurnakan Ibadah Ramadhan
icon-lang
icon-lang

Aplikasi Pendukung Untuk Sempurnakan Ibadah Ramadhan

By Team Amartha Blog - 21 Apr 2021 - 3 min membaca

Di era digital seperti sekarang ini, teknologi punya peranan penting dalam mendukung berbagai hal, termasuk mendukung kegiatan selama menjalani ibadah puasa Ramadan.

Aplikasi yang mendukung berbagai aktivitas saat menjalankan ibadah puasa selama Bulan Ramadan dapat diunduh pada smartphone milikmu.

Nah, berikut ini adalah beberapa aplikasi pendukung untuk menyempurnakan ibadahmu di Bulan Ramadan:

1. Umma

Aplikasi ini menyediakan waktu sholat dan petunjuk arah kiblat. Tapi tidak hanya itu, lewat aplikasi ini, kamu dapat memperdalam ajaran agama Islam ewat beragam artikel dan video siraman rohani dari para ustaz.

Menariknya lagi, terdapat juga Kids Zone yang menampilkan video untuk anak. Video-video di Kids Zone ini berisikan cerita asal usul hingga latihan doa dan mengaji.

2. Muslim Pro

Aplikasi ini terbilang cukup lengkap. Pasalnya, terdapat banyak fitur seperti pengatur waktu salat, pengingat azan, dan pengingat waktu berpuasa (Imsak dan Iftar) selama bulan Ramadhan.

Selain itu, masih ada fitur penunjuk arah kiblat, kalender Hijriah, Al-Qur'an dengan terjemahan, audio, dan fonetik, hingga tasbih digital untuk menghitung dzikir. Tidak hanya itu, dalam aplikasi Muslim Pro, pengguna juga dapat memanfaatkan peta yang tersedia untuk menemukan rumah makan halal dan masjid terdekat.

3. Yaumi  

Yaumi merupakan aplikasi yang menyasar anak muda dengan banyak fitur bermanfaat yang akan membantu melakukan evaluasi ibadah harian. Tidak cuma itu, dengan aplikasi Yaumi bisa meningkatkan produktivitas dan kapasitas diri berkat adanya fitur Jurnal.

Pengguna pun dapat menambah wawasan dengan konten-konten Islami, menambah teman dan saat Ramadhan ada program pesantren kilat digital.

4. Kesan

Aplikasi ini dijadikan untuk membantu pengguna menjadi pribadi Muslim yang lebih baik. Dengan fitur alarm kebaikan, pengguna senantiasa diingatkan untuk melakukan amalan yang positif dan Islami melalui notifikasi relevan dan aktual. Selain Al Qur'an, Hadits dan Arah Kiblat, disediakan pula Kitab Kuning dan beraneka kumpulan doa serta dzikir.

Artikel Ramadhan Lainnya:
- Amalan Baik Yang Bisa Kamu Lakukan di Bulan Ramadan
- Strategi Atur Uang di Bulan Ramadan Saat Pandemi

5. Muslim Go

Muslim Go diklaim sebagai aplikasi pertama karya anak bangsa yang direkomendasikan oleh Kemenag, dan telah diunduh lebih dari 1 juta kali di Google Playstore. Aplikasi Muslim Go juga mempunyai lebih dari 113.000 ulasan yang diberikan para pengguna. Adapun, rating 4,6 diberikan para pengguna terhadap aplikasi ini.

Fitur utama yang terdapat dalam aplikasi ini antara lain Alquran digital, waktu salat, kiblat, salat sunah, kumpulan doa, kalender hijriah, direktori yang menujukkan lokasi masjid serta restoran halal terdekat, serta surat-surat Alquran yang sering dibaca.

Selain itu, aplikasi Muslim Go memiliki fitur ekstra lainnya seperti kartu ucapan, dan konten Islami berupa buku anak, musik, video, komik, dan lainnya. Untuk monetisasinya, aplikasi ini menyertakan iklan dan fitur premium yang dapat dibeli.

6. Amartha

investasi amartha

Nah, kalau aplikasi yang satu ini lebih dapat membantu mendapatkan amalan baik selama Bulan Ramadan. Pasalnya, dengan bergabung menjadi pendana di Amartha, kamu dapat membantu memberdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2010 ini terus berfokus hingga kini untuk menyalurkan pembiayaan modal kepada para perempuan tangguh pengusaha mikro di pedesaan.

Amartha mendorong pemberdayaan perempuan melalui modal usaha serta pendampingan dan pelatihan rutin. Amartha juga turut menyediakan cek kesehatan gratis dan pemberian kacamata gratis guna menunjang produktivitas mitra.

Berdasarkan Laporan Akuntabilitas Sosial Amartha di Tahun 2019 lalu, 94.3% mitra usaha berhasil meningkatkan well-being mereka. Selain itu, 97.7% mitra dapat menyekolahkan anak-anak mereka, dan hanya 2% mitra usaha yang tidak memiliki sarana air bersih yang layak.

Selama 11 tahun terakhir, Amartha telah melakukan hal tersebut kepada lebih dari 600.000 perempuan pengusaha ultra mikro di pedesaan. Hasilnya, setelah 2 tahun bergabung, 41% mitra Amartha berhasil keluar dari garis kemiskinan.

Tertarik mendanai di Amartha?

Artikel Terkait

Aplikasi Pendukung Untuk Sempurnakan Ibadah Ramadhan

Produk Terbaru Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png