icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Bisnis / Instagram Reels dan Cara Agar Muncul di Explore Instagram
icon-lang
icon-lang

Instagram Reels dan Cara Agar Muncul di Explore Instagram

By Team Amartha Blog - 7 Dec 2021 - 3 min membaca

Pada tanggal 5 Agustus 2020 lalu, Instagram merilis fitur baru bernama Instagram Reels untuk pengguna android dan iOS ke 60 negara. Instagram Reels Indonesia baru bisa diakses pada Juni 2021.

Fitur terbaru Instagram Reels video ini dikabarkan mirip dengan kompetitornya, yaitu TikTok. Selama masa pandemi, aplikasi TikTok menjadi booming sebagai salah satu sarana berkreasi dan hiburan karena terbatasnya ruang gerak. 

Instagram menangkap sinyal tersebut dengan meluncurkan fitur serupa. Lalu, apa itu Instagram Reels?

Apa Itu Instagram Reels? 

Mengutip Kompas, Instagram Reels adalah sebuah kesempatan bagi pengguna untuk mendatangkan followers, meningkatkan jumlah waktu setiap orang dalam menghabiskan aplikasinya setiap hari dan memantapkan dirinya memiliki platform hiburan video.

Fitur terbaru ini menawarkan instagram reels 60 seconds. Awalnya, pihak Instagram hanya memberikan waktu tayang 15 detik saja. Melalui fitur instagram reels kamu bisa membuat video, menambahkan musik populer, menggunakan filter dan efek secara bersamaan.

Instagram Reels video dapat dibagikan ulang ke Instagram Stories, Feeds, ataupun melalui Direct Message (DM). 

Kamu bahkan dapat melihat siapa saja yang menyukai dan memberikan komentar dari video yang kamu buat. Kamu bisa mengeceknya di bagian sebelah kanan bawah dari video yang kamu bagikan. 

Instagram Reels App sudah ada di dalam aplikasi Instagram sehingga kamu tidak perlu lagi mengunduh di ponselmu. Kamu cukup memperbarui aplikasi Instagram di ponselmu untuk mendapatkan fitur ini. 

Baca Juga: 7 Cara Agar Video TikTok FYP dan Viral

Cara Instagram Reels Muncul di Explore

Apabila Youtube ada For Your Page, maka Instagram menyediakan kolom Explore di mana kamu dapat menemukan beragam konten dari orang lain di seluruh belahan dunia.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan bila Instagram Reels yang kamu buat muncul di Explore, seperti mendapatkan followers, tawaran kolaborasi dan kerjasama dengan brand tertentu, hingga meningkatkan penjualan dari bisnis yang kamu promosikan.

Apabila kamu ingin Instagram Reels video muncul di Explore, kamu harus membuat konten yang sudah mendapatkan Quality Score. 

Quality Score adalah sebuah cara untuk menilai kualitas dari konten yang kamu publikasikan. Ada beberapa instrumen yang dinilai seperti High Engagement, Tagged by Other Users, Having Lots of Saves, dan Time Spent on Profile. 

  • High Engagement. Kamu banyak melakukan interaksi dengan followers dengan cara menggunakan questions sticker, polling, dan atau emoji slider di Instagram Stories.
  • Tagged by Other Users. Akunmu berpeluang muncul di Explore apabila banyak orang yang berkomentar dan men-tag akun lainnya. Tips ini berkaitan pula dengan High Engagement.
  • Having Lots of Saves. Banyaknya orang yang menyimpan instagram reels video yang kamu buat maka konten kamu bisa berpeluang muncul di Explore.
  • Time Spent on Profile. Jika konten yang kamu buat ditonton berkali-kali, bahkan ada pengguna yang mengklik akunmu untuk menonton video lainnya, maka kamu kontenmu berpeluang muncul di Explore lho.

Nah itulah pengertian Instagram Reels dan cara agar konten yang kamu buat bisa muncul di Explore Instagram. Nah, jangan lupa follow Instagram Amartha juga ya untuk mendapatkan konten menarik seputar investasi dan mengelola keuangan! 

Tags:

Artikel Terkait

7 Perusahaan Indonesia yang Mendunia, Apa Saja?

Produk Terbaru Bisnis

Apa Itu Perusahaan Fintech: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Produk Terbaru Bisnis

Super Apps Adalah: Definisi, Kelebihan, dan Karakteristiknya

Produk Terbaru Bisnis

Mengenal Transfer Online dan BI Fast. Apa Perbedaannya?

Produk Terbaru Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png