icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Bisnis / Mengenal Koperasi Simpan Pinjam: Cara Kerja dan Sumber Dana
icon-lang
icon-lang

Mengenal Koperasi Simpan Pinjam: Cara Kerja dan Sumber Dana

By Team Amartha Blog - 16 Feb 2022 - 3 min membaca

Penjelasan Tentang Apa Itu Koperasi Simpan Pinjam

Tujuan utama dari koperasi simpan pinjam yaitu untuk mensejahterakan para anggotanya. Secara garis besar, cara kerja dari koperasi ini yaitu meminjamkan sejumlah dana kepada para anggotanya dengan imbal hasil yang tergolong ringan.

Bagi yang masih bingung memahami koperasi simpan pinjam, mulai dari cara kerja hingga manfaatnya, di sini akan kami coba menjelaskannya secara detail.

Pengertian

Ada beberapa pengertian terkait koperasi yang satu ini. Yang pertama dan yang paling populer, koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang fungsinya menyimpan dana para anggotanya. Kemudian dana tersebut bisa dipinjamkan ke anggota lain yang sedang membutuhkannya dengan imbal hasil yang ringan.

Ada  juga yang menyebut bahwa koperasi ini merupakan simpanan atau tabungan para anggotanya. Tabungan tersebut disimpan dalam jumlah dan jangka waktu tertentu dan dilakukan secara rutin. Kemudian dana tersebut nanti bisa dipinjamkan pada anggota lainnya dengan syarat serta ketentuan tertentu.

Selain imbal hasil, proses pengajuannya pun berbeda dengan bank atau lembaga keuangan konvensional. Melalui koperasi ini proses pengajuan pinjaman lebih mudah dan cepat.

Contoh Koperasi Berjenis Simpan

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami punya beberapa contoh yang bisa kamu simak agar lebih mudah mengenalinya.

1.  Koperasi Simpan Pinjam Pegawai

Jenis koperasi yang pertama ini khusus untuk pegawai. Umumnya para pegawai membutuhkan dana untuk keperluan kebutuhan mendadak seperti keperluan pendidikan anak. Nah, dana koperasi ini bisa dipinjam oleh para anggota yang sedang membutuhkan dana tersebut.

2.  Koperasi Peternak Sapi/Pengusaha UKM

Koperasi jenis simpan pinjam berikutnya ini biasanya untuk para peternak sapi atau pengusaha UKM. Fungsinya yaitu memberikan dana pinjaman untuk modal usaha maupun lainnya. Pinjaman dari koperasi ini bisa diproses cepat karena tidak memerlukan persyaratan yang rumit.

Selain jenis-jenis yang kami paparkan di atas, masih banyak koperasi simpan pinjam di Indonesia yang semuanya memiliki imbal hasil rendah bagi peminjamnya.

Cara Kerja Koperasi Simpan Pinjam

Pada dasarnya, koperasi berjenis simpan pinjam ini sama seperti koperasi lainnya. Tujuannya seperti yang kami bahas sebelumnya yaitu untuk mensejahterakan rakyat. Artinya koperasi ini tidak dibangun untuk mencari keuntungan semata.

Semua anggota harus sama-sama berusaha agar koperasi yang dijalankan tersebut tidak mengalami kerugian. Salah satu cara agar koperasi tidak merugi yaitu dengan membayar iuran secara rutin dan juga tidak menunggak cicilan untuk yang sudah mengajukan pinjaman.

Simpanan para anggota yang disetorkan nantinya menjadi sumber dana pinjaman. Dengan begitu, dana yang disimpan di koperasi tidak mengendap. Dana yang tersimpan bersifat produktif, aman, dan juga terjamin.

Di sisi lain, koperasi ini juga bisa kamu jadikan sebagai sarana untuk menyimpan uang, membantu anggota lain yang sedang membutuhkan, dan menguntungkan diri sendiri. Kini bahkan koperasi simpan pinjam online, salah satunya seperti Amartha.

Sumber Dana Koperasi

Perlu kamu ketahui, dana koperasi juga datang dari berbagai sumber. Berikut beberapa sumbernya.

  • Simpanan wajib: bersumber dari simpanan yang dibayarkan secara berkala dalam jangka waktu dan juga nominal sesuai kesepakatan di awal.
  • Simpanan pokok anggota: bersumber dari dana yang diminta saat bergabung  menjadi anggota koperasi.
  • Simpanan sukarela: bersumber dari dana anggota. Jumlah yang dibayarkan pun terserah sesuai keinginan dari anggota koperasi.
  • Dana hibah: bersumber dari dana hibah atau hadiah dari lembaga maupun seseorang.

Amartha adalah salah satu koperasi simpan pinjam yang saat ini bertransformasi menjadi perusahaan investasi P2P lending. Kamu bisa berinvestasi di Amartha dengan imbal hasil yang tergolong besar, yaitu 15% flat per tahun.

Tags:

Artikel Terkait

7 Perusahaan Indonesia yang Mendunia, Apa Saja?

Produk Terbaru Bisnis

Apa Itu Perusahaan Fintech: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Produk Terbaru Bisnis

Super Apps Adalah: Definisi, Kelebihan, dan Karakteristiknya

Produk Terbaru Bisnis

Mengenal Transfer Online dan BI Fast. Apa Perbedaannya?

Produk Terbaru Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png