icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Bisnis / Peluang Bisnis Ikan Cupang di Masa Pandemi
icon-lang
icon-lang

Peluang Bisnis Ikan Cupang di Masa Pandemi

By Team Amartha Blog - 11 Oct 2020 - 3 min membaca

Di tengah masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, Anda harus pintar-pintar dalam melihat peluang bisnis supaya tidak berpengaruh pada ekonomi keluarga. Apalagi adanya pandemi Covid yang melanda negara-negara di dunia. Namun Anda tidak perlu khawatir menghadapi masalah ekonomi karena hal tersebut, bahkan beberapa bisnis pun justru mendapat keuntungan.

Bisnis ikan Cupang adalah salah satu bisnis menguntungkan di tengah pandemi dan dapat dijadikan opsi ketika Anda ingin membuka usaha baru. Banyak orang yang merasa bosan dan jenuh saat menghabiskan waktunya hanya di rumah, sehingga untuk menyiasatinya mereka akan mencari kegiatan baru misalnya yaitu memelihara ikan Cupang.

Adapun berbagai alasan ikan Cupang banyak dicari saat pandemi di antaranya:

  1. Bisa Dipelihara dengan Mudah

Ikan cupang adalah jenis ikan hias yang memudahkan Anda dalam pemeliharaannya. Ikan cupang sendiri tidak banyak membutuhkan perawatan khusus yang perlu dilakukan. Anda hanya perlu memberikan pakannya secara rutin, mengganti airnya secara berkala dan rutin.

Anda harus mengganti air dan memindahkan ikan pada saat merasa air di dalam akuarium sudah terlalu kotor. Selain cara merawatnya yang mudah, ikan Cupang bisa didapatkan mulai dari harga terjangkau hingga jutaan rupiah. Usaha ini pun sudah banyak yang diekspor hingga ke luar negeri.

Apsiah: Jatuh Bangun Rintis Usaha Ikan Cupang

2. Bisa Untuk Meredakan Stres

Anda bisa mengurangi tekanan pada darah sampai dengan menstabilkan ritme atau irama jantung dengan cara memandangi ikan hias misalnya seperti ikan hias. Pernyataan tersebut berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Plymouth University, National Marine Aquarium, dan University of Exeter. Anda pun perlu melakukan hal itu untuk mengatasi stres selama terjadi pandemi.

Hal itu menunjukkan bahwa semakin banyak jumlah ikan hias yang Anda lihat, semakin baik juga untuk kesehatan mental pada seseorang. Selain bisa meredakan stres, ikan Cupang juga dapat Anda gunakan untuk memperbaiki suasana hati yang sedang tidak baik. Anda bisa lebih merasa rileks dan senang dengan memandangi ikan Cupang yang dimiliki.

3. Mempunyai Motif dan Warna Ikan yang Beragam

Ikan hias berukuran kecil ini mempunyai hal menarik yaitu mempunyai jenis ikan yang beragam. Beberapa jenis ikan Cupang yang populer di antaranya seperti jenis Halfmoon. Ikan jenis itu mempunyai ciri-ciri bagian ekor yang lebar seperti bulan yang tampak setengah bagiannya.

Ada juga ikan Cupang berjenis serit atau Crowntail dengan ekor seperti mahkota yang menyemburat, serta ikan Cupang berekor ganda (Double Tail). Tidak hanya mempunyai jenis yang banyak, ikan Cupang pun mempunyai berbagai warna-warna yang indah dan mencolok ketika dipandang.

Maryah: Berkat Amartha Saya Jadi Punya 14 Kolam Ikan

4. Bisa Dipakai Untuk Memperindah Ruangan

Ikan Cupang mempunyai fungsi lain untuk membuat ruangan di rumah Anda semakin cantik. Ikan ini sebenarnya mempunyai kemampuan untuk hidup dengan baik, tanpa perlu Anda beri pasokan udara di dalam akuarium atau botol. Ikan Cupang sendiri pada umumnya diletakkan orang-orang ke dalam akuarium berukuran kecil atau botol kaca bekas berbagai minuman.

Perlu diingat bahwa ikan Cupang tidak bisa hidup bergerombol dengan jenis ikan yang sama, sehingga Anda perlu memisahkan antara ikan Cupang satu dengan yang lainnya.jika tidak dipisah, ikan ini bisa sangat agresif dengan yang lainnya. Hal itu dikarenakan ikan Cupang jantan adalah jenis ikan Cupang yang banyak dijual dan dijadikan hiasan di rumah.

Amartha sendiri mempunyai banyak mitra usaha mikro yang bergerak di berbagai bidang, termasuk petani ikan Cupang. Apabila Anda tertarik mendanai mitra usaha Amartha, segera daftarkan diri Anda sebagai investor dan raih imbal hasil sampai 15% Flat per tahun! Pelajari mengenai Amartha di sini.

Artikel Terkait

Peluang Bisnis Ikan Cupang di Masa Pandemi

Produk Terbaru Bisnis

Melihat Bisnis Ikan Cupang di Indonesia

Tips Bisnis

Rasakan Pengalaman Baru di Amartha Village Tour

Galeri Acara

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png