icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Cerita Mitra / Equity vs Equality untuk Perempuan. Mana Lebih Baik?
icon-lang
icon-lang

Equity vs Equality untuk Perempuan. Mana Lebih Baik?

By Team Amartha Blog - 8 Mar 2023 - 3 min membaca

Tahukah kamu, beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa perusahaan yang mempekerjakan tenaga kerja wanita dan pria dengan memperhatikan kesetaraan dapat menikmati pemasukan perusahaan yang jauh lebih tinggi daripada yang tidak.

Meskipun begitu, nyatanya masih ada kesenjangan antara equality dan equity, terutama di dalam dunia pekerjaan.

‘’Tingkat Partisipasi Kerja Perempuan Indonesia
Hanya Mencapai 54,2%

Ketika Partisipasi Laki-laki Mencapai 83,6%’’

Padahal, setengah dari populasi Indonesia adalah perempuan. Apakah ini adil untuk perempuan yang mampu bekerja namun tidak diberi kesempatan?

Tak hanya kesetaraan, equity juga sangat penting bagi perempuan, karena kesetaraan yang hanya didasarkan pada equality saja tidaklah cukup untuk menjamin bahwa perempuan memiliki hak yang sama dengan laki-laki dalam berbagai aspek kehidupan. 

Equity vs Equality (Kesetaraan): Apa Perbedaannya?

Pada dasarnya, equity dan kesetaraan (equality) memiliki perbedaan yang jelas.

Kesetaraan atau equality berbicara tentang akses atau peluang yang sama untuk meraih tujuan tertentu. Memastikan masing-masing orang mengetahui apa yang tersedia untuk mereka, sekaligus memberikan mereka akses ke sana.

Sedangkan equity lebih dari sekedar kesetaraan, yaitu berfokus pada memberikan kesempatan untuk meraih kesuksesan dan kebahagiaan dengan mempertimbangkan perbedaan sosial, ekonomi, dan budaya yang mereka hadapi. Equity menyadarkan bahwa adanya pijakan yang berbeda pada beberapa orang, termasuk perempuan yang mungkin membutuhkan dukungan tambahan agar dapat naik ke level meski dengan titik awal yang tak sama.

Sayangnya dalam banyak kasus, perempuan seringkali menghadapi diskriminasi dan pengabaian keberadaannya, baik dalam lapangan kerja, pendidikan, kesehatan, dan hak-hak penting lainnya. 

Dengan demikian, equity memainkan peran penting untuk memastikan bahwa perempuan memiliki kesempatan yang sama dalam mencapai tujuan dan meraih kebahagiaan, tanpa harus menghadapi hambatan atau diskriminasi. 

Maka dari itu, Amartha berusaha untuk terus menerapkan equity demi memastikan bahwa perempuan dapat hidup dengan martabat dan hak yang sama dengan laki-laki.

Ini kesempatan kita untuk mendukung para perempuan untuk memiliki kesempatan yang tepat dan adil, agar perempuan bisa terus tetap berdaya. 

Tentang Amartha

Amartha sebagai microfinance marketplace yang berdiri sejak 2010, memiliki misi untuk mendukung pemberdayaan UMKM di desa khususnya yang dikelola oleh para perempuan, melalui inovasi dan teknologi. Kami bermimpi untuk mewujudkan kesejahteraan merata melalui akses finansial yang inklusif.

Banyaknya pengusaha mikro yang sulit mendapatkan modal usaha, membuat kami tergerak untuk menghubungkan pengusaha mikro terpercaya dan pemberi modal (lender) secara online.

Karena kami percaya, kemudahan dalam mendapatkan akses permodalan untuk usaha mikro yang dibutuhkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat piramida bawah, membangun ketahanan ekonomi dan menciptakan kesejahteraan merata. 

Ayo ciptakan dampak sosial bersama-sama dengan modalin perempuan tangguh di seluruh pelosok Indonesia!

Happy international women’s day!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Tags:

Artikel Terkait

Amartha Mencari 30 Ibu Mitra Terbaik! Cek Panduan Pemilihan Ibu Mitra Di sini

Cerita Mitra

Equity vs Equality untuk Perempuan. Mana Lebih Baik?

Cerita Mitra

Nikmat Otak-otak Bandeng Yang Mampu Raih Jutaan Tiap Bulan!

Cerita Mitra

Anyaman Rotan, Kreasi Hidup Ibu Luluk Mampu Hasilkan Jutaan

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png