icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Cerita Mitra / Ibu Rumah Tangga ; Dinamo Kedua Dalam Keluarga. Berikut Tips untuk Memulai Usaha dari Rumah!
icon-lang
icon-lang

Ibu Rumah Tangga ; Dinamo Kedua Dalam Keluarga. Berikut Tips untuk Memulai Usaha dari Rumah!

By Team Amartha Blog - 6 Mar 2020 - 3 min membaca

Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga merupakan pekerjaan yang mudah? Mengurus anak, merapihkan rumah dan multitasking hal lain diatas itu semua bukanlah pekerjaan yang bisa digampangkan! Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan 9-5 dan bisa libur di weekend loh, it is a job of a lifetime.

Sebagai Ibu Rumah Tangga kamu juga harus memiliki kemampuan untuk self-sufficient bagi diri kamu dan keluarga. Karena tidak ada yang bisa memprediksi kelancaran finansial setiap orang, mungkin ada masanya suami tidak bisa lagi menafkahi keluarga semaksimal sebelumnya. Disitulah istri rumah tangga menjadi perempuan tangguh dan harus turun tangan untuk menyokong keluarga.

Berikut beberapa tips untuk memulai usaha sederhana yang kamu bisa lakukan dirumah, tanpa harus mengorbankan waktu untuk anak dan pekerjaan rumah tangga :

  • Makanan

Pasti tidak ada yang menolak jika melihat ada makanan. Makanan merupakan peluang usaha yang paling mudah dan berpotensi untuk menghasilkan banyak pendapatan. Sebelum itu, lakukan research tentang market dan tren makanan apa yang sedang beredar di masyarakat. Sehingga, dagangan makanan kamu mampu bersaing. Tidak perlu untuk membuka warung atau restoran dulu, mulailah dari yang kecil seperti sosial media.

  • Kerajinan Tangan

Jika kamu mempunyai hobby membuat kerajinan atau kesenian, ngga ada salahnya loh menjual hasil karya kamu. Kerajinan tangan bisa berupa lukisan, aksesoris sampai dengan sabun hand-made. Yang merupakan hal positif dari bentuk usaha ini adalah, semuanya bisa kamu kerjakan dari rumah. Beberapa platform jualan yang kamu bisa gunakan adalah e-commerce dan jangan lupa juga eksis di sosmed.

  • Online Shop Reseller

Zaman sekarang semua serba instant dan digital. Jika kamu mempunyai modal yang cukup, kamu bisa menjadi reseller barang-barang dari distributor. Tidak perlu repot, tinggal posting di sosmed dan e-commerce saja.

Tapi jangan khawatir, jika kamu seorang ibu UMKM dan belum memiliki modal yang cukup, kamu bisa loh melakukan peminjaman modal di Amartha. Dimana angsuran dibayarkan secara mingguan dan terjangkau. Amartha juga akan memberikan pendampingan mingguan seputar pengelolaan dana bagi rumah tangga dan usaha kamu.

Jadi, sudah siapkah menjadi perempuan tangguh?

Tags:

Artikel Terkait

Amartha Mencari 30 Ibu Mitra Terbaik! Cek Panduan Pemilihan Ibu Mitra Di sini

Cerita Mitra

Equity vs Equality untuk Perempuan. Mana Lebih Baik?

Cerita Mitra

Nikmat Otak-otak Bandeng Yang Mampu Raih Jutaan Tiap Bulan!

Cerita Mitra

Anyaman Rotan, Kreasi Hidup Ibu Luluk Mampu Hasilkan Jutaan

Cerita Mitra

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png