icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / 5 Cara Bisnis Wifi Rumahan Modal Kecil Untung Maksimal
icon-lang
icon-lang

5 Cara Bisnis Wifi Rumahan Modal Kecil Untung Maksimal

By Team Amartha Blog - 31 Mar 2023 - 3 min membaca

Koneksi internet sudah menjadi kebutuhan primer hampir setiap orang. Melirik bisnis wifi rumahan ternyata bisa mendatangkan profit yang menjanjikan loh! Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), tingkat penetrasi internet di Indonesia terus bertambah. Dari total populasi 275 juta jiwa, 215 juta di antaranya sudah terhubung ke internet. 

Cara mereka terhubung ke internet cukup beragam. Namun, data tersebut menunjukkan bahwa kebutuhan akan jaringan internet sudah hampir merata di seluruh daerah. Bukan hanya di wilayah perkotaan. Karena itulah model bisnis wifi di kampung bisa jadi peluang usaha yang menguntungkan. 

5 Cara Bisnis Wifi Rumahan dengan Modal Kecil

Kamu bisa membangun bisnis wifi dari rumah. Gunakan ruangan yang jarang terpakai untuk jadi tempat pengunjung bisa menjelajahi dunia maya. Lakukan 5 hal di bawah ini untuk merintis bisnis wifi rumahan di rumah sendiri: 

Cek Jaringan Provider yang Tersedia

Langkah pertama adalah mengecek jaringan provider yang tersedia di lingkungan rumah kamu. Karena sebagian provider sudah menjangkau suatu wilayah tapi sebagian provider yang lain belum. 

Bisa jadi jaringan provider yang kamu inginkan belum tersedia di dekat rumah. Maka dari itu cek dulu jaringan yang tersedia, baru pilih jasa providernya. Pertimbangkan juga kecepatan akses dan layanan lain yang ditawarkan perusahaan provider. 

Jika belum ada jaringan Wifi yang menjangkau tempat tinggalmu, kamu bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis Wifi satelit. Yaitu jaringan internet yang menggunakan saluran satelit komunikasi. 

Periksa Kondisi Pasar

Periksa bagaimana kondisi pasar di lingkungan rumah kamu. Apakah sudah banyak orang yang memakai wifi atau belum? Caranya, kamu bisa mengaktifkan akses wifi, kemudian cek ada berapa perangkat Wifi yang tersedia. 

Selain itu pahami kebutuhan dari target konsumen. Kebanyakan dari mereka membutuhkan koneksi internet untuk apa, apakah untuk browsing, streaming, atau game online. 

Informasi ini akan memudahkan kamu saat menentukan peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis Wifi rumahan. Serta besaran bandwith atau kapasitas internet yang diperlukan.

Baca Juga: Ramadan Cuan Banyak! Intip Tips Bisnis di Bulan Puasa

Pahami Komponen Wifi dan Fungsinya

Pelajari setiap jenis komponen Wifi beserta fungsinya. Selain itu pahami juga istilah-istilah umum, seperti router, kabel LAN, bandwidth, dan FUP (Fair Usage Policy) internet. Sehingga ketika ada gangguan jaringan atau kendala, kamu tahu harus melakukan apa.

Tarif yang Bersahabat

Modal bisnis Wifi rumahan relatif kecil. Hal standar yang perlu kamu persiapkan adalah perangkat Wifi yang sudah disediakan provider. Selain itu kamu juga perlu menyediakan sendiri kabel LAN tambahan, Wifi AP, dan colokan untuk memfasilitasi pengunjung. 

Namun modal yang kamu keluarkan untuk semua itu masih cukup terjangkau. Setelah kamu mengetahui total modal yang dikeluarkan, akan lebih mudah saat menentukan tarif. Buat tarif yang bersahabat untuk pasaran di lingkungan rumah. 

Tambah Fasilitas 

Di samping menyediakan jaringan internet cepat, tambahkan fasilitas-fasilitas yang memanjakan pengunjung. Mulai dari penataan tempat yang nyaman dengan memasang meja dan kursi yang ergonomis.

Kemudian sediakan juga camilan, aneka varian minuman, bahkan makanan. Kamu bisa menjualnya dengan harga yang ramah kantong, jadi kau bisa mendapatkan keuntungan tambahan. Selain itu lengkapi tempat Wifi dengan fasilitas toilet dan mushola, agar pengunjung merasa betah.  

Jaringan Wifi di rumah selain digunakan untuk kebutuhan pribadi bisa jadi peluang usaha tambahan. Potensi keuntungannya juga cukup tinggi, mengingat semakin banyaknya orang membutuhkan koneksi internet. Gimana, tertarik untuk membuka bisnis ini?

Tags:

Artikel Terkait

Bisnis Ternak Ikan Mas: Ketahui Persiapan dan Modal Usahanya

Tips Bisnis

6 Strategi dan Tujuan Pemberdayaan UMKM di Indonesia

Tips Bisnis

7 Strategi Pengembangan Usaha Agar Semakin Sukses!

Tips Bisnis

Cara Membuat Surat Izin Usaha Kecil Secara Online

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png