icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / 6 Tips Usaha Online agar Mendapatkan Untung Banyak
icon-lang
icon-lang

6 Tips Usaha Online agar Mendapatkan Untung Banyak

By Team Amartha Blog - 1 Nov 2021 - 3 min membaca

Tips Usaha Online bagi Pemula agar Untung Melimpah - Zaman sekarang bisnis online punya peluang yang sangat besar dan menguntungkan. Berbagai platform online sudah banyak tersedia dan minat masyarakat untuk berbelanja secara online pun sudah semakin tinggi.

Agar bisnis ini bisa mendatangkan banyak keuntungan, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Berikut adalah 6 tips usaha online yang dapat kamu terapkan agar mendapat untung banyak:

1. Ciptakan Keunikan Produk

Produk yang unik sudah pasti akan mendapat perhatian yang lebih besar dari masyarakat. Ciptakanlah keunikan produk yang kamu jual secara online. Kamu boleh-boleh saja menjual produk atau jasa yang sama dengan bisnis online lainnya, namun harus ada sisi unik yang ditonjolkan. Keunikan inilah yang nantinya akan menjadi identitas dari bisnis kamu tersebut.

2. Tawarkan Layanan Terbaik

Tips usaha online berikutnya adalah tawarkan selalu pelayanan terbaik. Pastikan semua konsumen atau klien kamu mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

Jika pelayanannya memuaskan dan berkualitas maka konsumen atau pelanggan akan mendapatkan pengalaman yang bagus. Dengan begitu peluang mereka untuk kembali lagi membeli produk kamu akan semakin besar.

3. Gunakan Strategi Digital Marketing

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, digital marketing sangat penting untuk diterapkan. Strategi pemasaran dengan memanfaatkan berbagai platform digital dianggap sangat efektif dan bisa meningkatkan angka penjualan secara signifikan. Mulai saja dengan cara paling mudah yakni mempromosikan bisnis melalui media sosial yang bisa diakses secara mudah sekaligus gratis.

Selain media sosial, kamu juga bisa menggunakan media digital lainnya. Ada strategi email marketing dan promosi melalui website dengan optimasi SEO yang dapat dicoba. Langkah digital marketing ini bisa membantu sebuah bisnis online menjangkau lebih banyak target konsumen sehingga nilai keuntungan pun akan bertambah besar.

Baca Juga: Umbrella Branding: Strategi Marketing Perusahaan Besar Yang Bisa Ditiru Small Business Owner

4. Adakan Penawaran Promo

Tips usaha berikutnya yang juga terbukti efektif untuk meningkatkan angka penjualan adalah dengan mengadakan promo. Tawarkan beragam program promo untuk menarik minat para calon konsumen.

Jenis promo yang ditawarkan bisa bervariasi mulai dari potongan harga, bonus barang, gratis ongkir, dan lain sebagainya. Semakin menarik promonya maka akan semakin besar pula peluang untuk mendapat lebih banyak keuntungan.

5. Lakukan Kolaborasi

Salah satu cara memulai bisnis online dari nol adalah bangun koneksi atau relasi yang baik dengan kompetitor. Contohnya adalah dengan mengajak kompetitor atau pelaku bisnis online lain untuk melakukan kolaborasi. Proyek kolaborasi bisa meningkatkan value bisnis dan produkmu. Target konsumen yang bisa diraih pun juga bertambah luas berkat adanya kolaborasi tersebut.

6. Bergabunglah dengan Marketplace

Tips usaha online sukses berikutnya ialah bergabung dengan marketplace. Saat ini tersedia banyak sekali platform marketplace yang siap untuk membantu bisnis kamu berkembang. Saat bergabung bersama marketplace, maka bisnis tersebut bisa dikenal oleh lebih banyak orang. 

Marketplace juga biasanya menyediakan banyak sekali fitur menarik yang dapat membantu para pebisnis online untuk mendapat lebih banyak konsumen.

Semua fitur tersebut bisa dimanfaatkan agar nilai penjualan dapat terus meningkat. Jika perlu, kamu juga dapat memanfaatkan lebih dari satu jenis marketplace demi menjangkau lebih banyak target konsumen.

Itulah tadi 6 tips usaha online agar nilai keuntungan yang didapat bisa semakin besar. Pastikan untuk mengelola hasil keuntungan yang diperoleh dengan sebaik mungkin.

Gunakan hasil keuntungan untuk mengembangkan bisnis sekaligus alokasikan juga untuk investasi. Alokasikan dana kamu ke platform investasi Amartha yang menawarkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun!

Tags:

Artikel Terkait

Bisnis Ternak Ikan Mas: Ketahui Persiapan dan Modal Usahanya

Tips Bisnis

6 Strategi dan Tujuan Pemberdayaan UMKM di Indonesia

Tips Bisnis

7 Strategi Pengembangan Usaha Agar Semakin Sukses!

Tips Bisnis

Cara Membuat Surat Izin Usaha Kecil Secara Online

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png