icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Alasan Pentingnya Gabung Komunitas UMKM Bagi Pelaku Usaha
icon-lang
icon-lang

Alasan Pentingnya Gabung Komunitas UMKM Bagi Pelaku Usaha

By Team Amartha Blog - 21 Nov 2021 - 3 min membaca

Komunitas UMKM adalah salah satu wadah yang perlu dimanfaatkan oleh para pelaku usaha di Indonesia. Ada banyak manfaat dan keuntungan yang akan didapatkan oleh para pelaku usaha bila gabung atau daftar komunitas UMKM.

Sebagai informasi, UKM Indonesia berkontribusi lebih dari 60% dalam perekonomian Indonesia. Angka ini sangatlah besar dibandingkan dari sektor lainnya.

Manfaat Komunitas UMKM Bagi Pelaku Usaha

komunitas

Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh para pelaku usaha apabila bergabung dengan komunitas UMKM:

1. Menambah dan Membangun Networking

Banyak orang mengatakan bahwa jaringan atau networking adalah hal yang penting kita miliki dalam bersosialisasi, termasuk membangun usaha. Dengan adanya networking yang luas maka semakin luas juga peluang untuk memgembangkan usaha yang tengah kita jalani.

2. Menambah Ilmu

Ada banyak cara mendapatkan ilmu termasuk dengan bergabung komunitas UMKM. Dalam komunitas, biasanya para anggota akan membagikan ilmu atau informasi yang berasal dari pengalaman pribadi atau dari kisah orang lain.

Kamu bisa mendapatkan insight menarik seperti tren bisnis terbaru dan riset pasar. Tak jarang pula komunitas UMKM biasanya mengadakan seminar entrepreneurship, pelatihan usaha, hingga konsultasi untuk usaha.

3. Upaya Mengenalkan Produk atau Jasamu

Saat bergabung dengan suatu komunitas, kamu akan diminta untuk mengenalkan diri dan juga produk atau jasa yang kamu jalankan. Di sinilah kamu mendapat peluang untuk mengenalkan kelebihan atau unique selling point dari usahamu. Semakin banyak orang yang mengenali usahamu maka semakin besar peluang untuk memasarkan usahamu.

4.  Kerjasama Bisnis

Manfaat dari gabung komunitas pengusaha UMKM adalah kamu dapat melakukan kerjasama bisnis.

Misalnya kamu adalah pengusaha baju maka kamu dapat bekerjasama dengan pengusaha topi, sepatu, atau tas untuk menciptakan tren fashion terbaru.

Dengan demikian, kamu dapat meningkatkan brand awareness dari produk atau jasa yang sedang kamu rintis.

Daftar Komunitas UMKM di Indonesia

mitra usaha Amartha di Palembang
Komunitas UMKM Amartha di Palembang, Sumatera Selatan.

Untuk membangun UMKM yang berdaya dan mandiri, dibutuhkan bantuan dari berbagai pihak, salah satunya ialah komunitas UMKM. Berikut ini komunitas UMKM yang bisa kamu pilih untuk bergabung:

1. HIPMI

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau akrab disingkat HIPMI adalah komunitas para pengusaha muda Indonesia. HIPMI didirikan pada 10 Juni 1972.

Komunitas ini dibangun untuk menumbuhkan wirausaha di kalangan generasi muda karena saat itu sedikit sekali generasi muda yang bercita-cita menjadi pengusaha.

HIPMI menyediakan program-program yang berhubungan dengan bisnis seperti seminar dan pelatihan soft skill.

2. JCI Indonesia

Junior Chamber International (JCI) ada;ah federasi yang menaungi profesional muda dan pengusaha berusia antara 18-40 tahun. JCI memiliki misi untuk menyediakan kesempatan memberdayakan orang-orang muda untuk menciptakan perubahan positif. Kamu yang tertarik bergabung dengan JCI bisa mendapatkan pelajaran mengenai ilmu bisnis diberbagai bidang lho.

3. Komunitas UKM di Tingkat Daerah

Komunitas yang satu ini tersedia di setiap daerah-daerah tempat kamu tinggal. Informasi mengenai komunitas ini bisa kamu gali dari orang-orang di kelurahan atau kecamatan. Program-program yang ditawarkan biasanya seputar seminar mengenai bisnis, juga pelatihan-pelatihan bisnis.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan kalau kamu bergabung dengan komunitas UMKM. Atau kamu juga bisa mendanai para pelaku UMKM di situs investasi Amartha dan mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

Para pelaku usaha mikro Amartha dibekali pelatihan dan pendampingan secara rutin selama masa tenor pinjaman. Mitra Amartha juga dibekali komunitas usaha sehingga mitra dapat mengeksplorasi potensi diri dan potensi bisnisnya. Yuk danai sekarang!

Artikel Terkait

Ketekunan Ibu Misri Dari Buruh, Hingga Punya Karyawan Sendiri

Cerita Mitra

Pentingnya Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

Catatan Keuangan Amartha Sebagai Solusi Keuangan Usahamu

Tips Bisnis

Cara Menentukan Harga Jual & Ide Bisnisnya untuk Pemula

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png