icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Dijamin Untung! Ini Dia Usaha Sampingan di Rumah Modal Kecil
icon-lang
icon-lang

Dijamin Untung! Ini Dia Usaha Sampingan di Rumah Modal Kecil

By Team Amartha Blog - 21 Feb 2023 - 3 min membaca

Menjadi seorang karyawan memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Mengapa bisa demikian? Ketika menjadi karyawan, kita akan memperoleh penghasilan setiap bulan. Namun, terkadang penghasilan bulanan yang dimiliki tidak cukup menambah aset. Bila hal ini terjadi, usaha sampingan di rumah modal kecil dapat dijadikan sebagai pilihan. 

Ketika ingin membuka usaha sampingan, usaha tersebut harus dapat berjalan secara berdampingan dengan aktivitas di kantor. Jangan sampai nantinya usaha yang kamu pilih malah menjadikanmu kurang produktif di kantor. 

Pilihan Usaha Sampingan di Rumah Modal Kecil

Berikut sejumlah pilihan usaha yang dapat dijadikan sebagai referensi:

1. Jasa Laundry Kiloan

Di era yang serba praktis seperti saat ini, banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa laundry. Pebisnis laundry sekarang sudah mulai menjamur baik di daerah kampus atau di daerah perkotaan. 

Lantas, apakah membuka usaha sampingan di rumah modal kecil ini sulit? Sebenarnya, bisnis ini mudah dijalankan, selain itu kamu harus tetap mencari celah agar bisa memulainya dengan baik. Hal yang harus dipertimbangkan adalah pangsa pasar yang kamu miliki. Pilih lokasi yang banyak pegawai negeri sipil atau karyawan. 

2. Jasa Cuci Motor Dan Mobil

Bila kamu mencari peluang usaha sampingan di rumah untuk laki-laki karena tidak ingin ribet, jasa cuci sepeda motor bisa menjadi pilihan. 

Usaha yang satu ini memang seperti tidak pernah sepi. Banyak orang yang rela mengantre hingga berjam-jam hanya untuk memperoleh giliran. Maklum saja, dibandingkan dengan mencuci kendaraan, lebih baik menggunakan jasa cuci profesional. 

Bila ingin membuka bisnis ini, modal yang dibutuhkan cukup terjangkau. Karena masih pemula, kamu bisa membuka bisnis cuci motor terlebih dulu. Peralatan yang dimiliki juga sederhana karena kamu hanya perlu menyediakan kompresor, kain lap, pompa air, peralatan semir ban motor. 

Seluruh barang tersebut bisa dibeli dengan dana Rp2 juta untuk jasa cuci sederhana. Bila ingin membuat jasa yang lebih profesional, kamu hanya perlu mengeluarkan modal kurang lebih sebesar 10 juta. 

Baca Juga:7 Ide Penghasilan Sampingan yang Menjanjikan di Tahun 2023

3. Les Privat

Pilihan usaha yang tidak pernah sepi lainnya adalah pengajar les privat. Banyak pengajar privat mata pelajaran sekolah yang ditawarkan oleh karyawan swasta yang ingin menambah pundi-pundi tabungan. Bukan hanya bahasa asing, pelajaran sekolah maupun music. Berbagai bidang lain juga banyak ditawarkan. 

Bila ingin memulai bisnis ini, awalnya kamu dapat memulainya dengan mendatangi murid. Tetapi, jika kamu mulai dikenal banyak murid, kamu dapat membuka les sendiri sehingga bukan kamu yang berkeliling tetapi murid yang nantinya datang ke rumah. 

Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa ini sebenarnya sangat kecil hanya uang bensin serta buku pendamping saja.

4. Menjahit Pakaian

Bila kamu mencari usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, jasa menjahit pakaian bisa dijadikan sebagai pilihan. usaha ini awalnya memang tidak begitu menarik, tetapi jika kamu memiliki banyak desain pakaian, tentu saja usahamu akan dilirik banyak orang. 

Dana yang dibutuhkan untuk membeli mesin obras, dan mesin jahit hanya Rp3 jutaan saja. berikutnya, kamu bisa mencari pelanggan yang berasal dari orang-orang di sekitarmu. 

Namun kalau kamu belum memiliki modal yang cukup untuk membuka usaha, atau belum yakin untuk berbisni sendiri, kamu juga bisa lho untuk ikut serta dalam mendanai UMKM lain agar semakin berkembang. Salah satu caranya melalui microfinance marketplace Amartha. Selain dapat membantu UMKM hingga di seluruh pelosok Indonesia, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil keuntungan hingga 15% flat per tahun! Tunggu apalagi?

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Bisnis Ternak Ikan Mas: Ketahui Persiapan dan Modal Usahanya

Tips Bisnis

Ekstra Bagi Hasil Hingga 16% Flat, Bersama-sama Berdayakan UMKM Perempuan!

Promo Pendana

Kolaborasi Amartha dan Flip Dorong Akses Pendana Retail untuk Penyaluran Modal Produktif

Siaran Pers

6 Strategi dan Tujuan Pemberdayaan UMKM di Indonesia

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png