icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Ide Jualan Takjil Dijamin Laris Manis di Bulan Puasa
icon-lang
icon-lang

Ide Jualan Takjil Dijamin Laris Manis di Bulan Puasa

By Team Amartha Blog - 20 Mar 2023 - 3 min membaca

Sebentar lagi bulan puasa akan tiba, selain identik dengan sholat tarawih dan tadarus, bulan puasa juga identik dengan takjil. Takjil sendiri merupakan istilah untuk hidangan yang biasa disantap ketika buka puasa, atau dalam bahasa Arab yang memiliki arti percepatan, penyegaran, buru-buru, bergegas, tergesa-gesa. Selain itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), takjil berarti mempercepat (buka puasa).

Menu takjil yang bermacam-macam tentunya jadi hal menarik yang ditunggu-tunggu. Biasnaya, daftar menu takjil buka puasa sangat bervariatif dan tergantung pada masing-masing daerah dengan menu takjil khasnya sendiri.

Biasanya, orang-orang akan mencari menu takjil untuk buka puasa yang identik dengan makanan manis dan menyegarkan. Jadi, pastikan untuk menjual menu takjil yang kekinian dan tentunya diminati masyarakat. Lantas, apa saja menu yang bisa dijadikan pilihan? Simak di artikel ini, yuk!

Ide Jualan Takjil yang Laris Manis

Berikut sejumlah menu ide jualan untuk takjil yang laris manis dan kekinian, antara lain:

1. Mangga Ketan

Ide jualan takjil kekinian yang bisa kjamu jadikan sebagai pilihan adalah manga ketan. Sebenarnya, makanan ini berasal dari Thailand serta sudah lama menjadi makanan favorit orang Indonesia. 

Sesuai dengan nama yang dimilikinya, makanan ini adalah sajian penutup yang terdiri atas ketan serta dibaluri dengan kuah santan serta potongan mangga. Tentu saja rasanya begitu segar, manis, asam dan asin. Umumnya harga satu porsi makanan ini adalah Rp15 ribuan saja. 

2. Cappucino Cincau

Ide jualan bulan puasa modal kecil yang berikutnya adalah es cappucino cincau. Harus diakui, cappucino cincau memang menjadi salah satu minuman favorit di berbagai macam momen, apalagi untuk momen Ramadan.

Es cappucino cincau umumnya memiliki harga yang cukup bervariasi, biasanya bila di jajakan di pinggir jalan, harganya mulai Rp7 ribuan saja. bila kamu memutuskan menjual es cappucino cincau ini, kamu bisa menjualnya dengan berbagai pilihan es lain. 

3. Es Cendol

Bila sedang mencari ide jualan takjil Ramadhan, selain es cappucino cincau, es cendol juga bisa menjadi pilihannya. Es cendol merupakan minuman yang dibuat dari santan serta gula jawa. Kemudian minuman ini di isi dengan tepung beras dan dibentuk layaknya jelly.

Umumnya, penjual akan menambahkan buah nangka untuk pelengkapnya. Harga seporsi es cendol juga tidak mahal, mulai dari Rp7 ribuan saja. 

Baca Juga: Kuliner Ramadan: 5 Kudapan Pembatal Puasa yang Banyak Dicari

4. Es Kelapa Muda

Untuk ide jualan takjil yang satu ini tentu tidak boleh dilewatkan. Es kelapa muda yang segar bisa menjaga pelepas dahaga ketika waktu berbuka puasa tiba. Perlu diketahui, kelapa muda mempunyai kandungan antioksidan yang memiliki fungsi mencegah radikal bebas masuk dalam tubuh. 

Bukan hanya itu, air kelapa muda juga memiliki kandungan elektrolit sehingga penting sebagai pencegah dehidrasi. Umumnya, es kelapa muda dijual dengan harga Rp10 ribuan, bergantung dari daerah tempat menjualnya. Keuntungan yang bisa kamu peroleh bisa mencapai Rp5 ribuan per porsi. 

5. Buko Pandan

Makanan penutup ini berasal dari negara Filipina. Komposisi yang dimilikinya adalah potongan agar-agar, kelapa, serta nangka. Sajian tersebut disajukan dengan kuah santan serta susu evaporasi. 

Buko pandan menjadi ide jualan yang belum banyak dijalankan oleh orang. Harga seporsi buko pandan mulai dari Rp10 ribuan saja. sehingga dengan modal Rp300 ribuan, kamu sudah bisa menjalankan bisnis ini. 

6. Es Pisang Ijo

Menjadi sajian takjil khas nusantara, es pisang ijo tentu saja tidak boleh kamu lewatkan. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, es ini memiliki tampilan warna hijau yang dibuat dari daun pandan dan tepung beras. Biasanya, harga es ini mulai dari Rp8 ribuan hingga Rp15 ribuan. 

Selain menjalankan bisnis sendiri dengan berbagai ide jualan takjil yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga bisa membantu UMKM lain yang berada di seluruh pelosok Indonesia melalui Amartha, lho. Selain mendukung bisnis mereka, kamu juga akan mendapatkan imbal hasil keuntungan hingga 15% flat per tahun. Amartha juga sudah berizin dan diawasi oleh OJK, jadi pendanaanmu tetap aman!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Puasa Tanpa Sahur Saat Ramadan, Bagaimana Hukumnya?

Gaya Hidup

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Ide Jualan Takjil Dijamin Laris Manis di Bulan Puasa

Tips Bisnis

Ramadan Cuan Banyak! Intip Tips Bisnis di Bulan Puasa

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png