icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Ingin Buka Franchise Warteg? Ini Kelebihan dan Kekurangannya
icon-lang
icon-lang

Ingin Buka Franchise Warteg? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

By Team Amartha Blog - 9 Mar 2023 - 3 min membaca

Waralaba atau franchise menjadi salah satu pilihan bisnis yang digunakan untuk memperluas barang atau jasa dengan membeli lisensi dagang. Sekarang ini, franchise yang tersedia bukan hanya franchise minuman, tetapi juga makanan seperti warteg. Harus diakui franchise warteg memang mulai diminati saat ini. 

Layaknya bisnis franchise pada umumnya, dalam bisnis ini pemegang franchise membayar biaya serta royalti yang sudah ditentukan oleh pemilik merek. Sesudah membayar, pembeli franchise memiliki hak untuk menggunakan logo, merek dagang, sistem bisnis hingga menjual produk mereka. 

Kelebihan Bisnis Franchise Warteg

Membuka franchise warteg tentu saja memiliki sejumlah kelebihan, seperti:

1. Proses Bisnis Menjadi Lebih Cepat Terbentuk

Dengan pengalaman franchise warteg yang dimiliki oleh sang pemilik brand, bisnis ini akan mempersingkat waktu untuk memulai usaha. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dalam bisnis franchise, brand, ide bisnis hingga sistemnya sudah terbentuk. Sehingga pemegang franchise hanya perlu menjalankan tanpa bingung memikirkan bisnis sejak awal.

2. Adanya Training dari Pemilik Waralaba Warteg

Biasanya, pemilik franchise akan memberi pelatihan ke pemegang franchise sebelum mulai menjalankan bisnis warteg. Contohnya franchise warteg Bahari akan memberikan petunjuk, panduan dan rekomendasi berbagai hal ke pemegang franchise

Semua hal tersebut dilakukan agar dapat mempertahankan reputasi bisnis sehingga berjalan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan serta memudahkan pemegang franchise menjalankan bisnis yang dimilikinya.

3. Merek yang Telah Dikenal

Hal yang menggiurkan dari bisnis waralaba warteg ini adalah brand atau merek. Tujuan utama dari para pemegang franchise adalah merek yang mereka jual banyak dikenal oleh masyarakat. Sehingga, promosi yang akan dilakukan akan jauh lebih mudah karena telah memiliki nama serta pasarnya sendiri. 

Seperti yang kita ketahui, butuh waktu lama untuk pengusaha membangun bisnis yang dimilikinya dari 0. Lebih-lebih dengan ketatnya persaingan bisnis warteg saat ini. Dengan menggunakan franchise, secara tidak langsung kamu telah mempunyai basis konsumen sendiri. 

4. Biaya Murah

Harga franchise warteg sebenarnya beragam. Kamu bisa memilih biaya yang sesuai dengan kemampuan. Dengan membuka bisnis franchise, kamu tidak perlu pusing memikirkan cara memasarkan bisnis. 

Baca Juga: Dijamin Laris! Ini 9 Menu Warteg Kekinian

Kekurangan Bisnis Franchise Warteg

Dibalik sejumlah kelebihan yang dimiliki waralaba warteg, tentu saja terdapat kekurangan yang dimilikinya. Berikut berbagai kekurangan dari franchise warteg, antara lain:

1. Bahan Baku Mengandalkan Pemilik

Ketika memilih membuka bisnis, kamu harus mencari supplier jasa atau barang yang ingin dipasarkan. Tentunya harga harus terjangkau serta berkualitas baik. Namun, karena menjalankan waralaba warteg, kamu harus menggunakan supplier yang sudah ditentukan pemilik. 

2. Memiliki Inovasi yang Terbatas

Ketika memiliki sebuah bisnis, tentu saja kamu ingin membuat sejumlah inovasi baru sehingga lebih menarik pelanggan. Namun, hal ini akan berbeda saat menjalankan franchise. Pemilik waralaba warteg mempunyai kendali penuh pada bisnis yang mereka miliki. sehingga kamu harus mengikuti semua ketentuan serta peraturan yang sudah disepakati dari awal. 

3. Memiliki Sistem Bagi Untung

Saat memilih usaha franchise, kamu harus membayar sejumlah uang. Selain biaya ini, ada pula sistem bagi hasil berupa royalti yang akan mereka dapatkan. 

Namun, selain membuka bisnis franchise warteg sendiri, kamu juga bisa ikut serta membantu UMKM Indonesia yang memiliki bisnis warteg sejenis agar lebih maju dan berkembang. Salah satu caranya dengan melakukan investasi sebagai akses permodalan untuk mereka di microfinance marketplace Amartha. Selain mendukung UMKM pilihanmu, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil keuntungan hingga 15% flat per tahun, lho! Tertarik?

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Bisnis Ternak Ikan Mas: Ketahui Persiapan dan Modal Usahanya

Tips Bisnis

Ekstra Bagi Hasil Hingga 16% Flat, Bersama-sama Berdayakan UMKM Perempuan!

Promo Pendana

Kolaborasi Amartha dan Flip Dorong Akses Pendana Retail untuk Penyaluran Modal Produktif

Siaran Pers

6 Strategi dan Tujuan Pemberdayaan UMKM di Indonesia

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png