icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Intip 5 Ide Jualan di Bulan Puasa Menguntungkan
icon-lang
icon-lang

Intip 5 Ide Jualan di Bulan Puasa Menguntungkan

By Team Amartha Blog - 22 Mar 2023 - 3 min membaca

Bulan puasa atau bulan Ramadan adalah bulan yang sangat spesial bagi umat Islam seluruh dunia. Selain dianggap suci dan penuh berkah, Ramadan juga merupakan momen tepat bagi para pelaku usaha yang ingin memulai jualan di bulan puasa.

Namun dengan banyaknya pelaku usaha yang menawarkan menu khusus Ramadan, dibutuhkan ide dan inovasi yang berbeda untuk menarik perhatian pelanggan. Oleh karena itu, ketahui apa saja menu makanan yang bisa dijadikan ide berjualan saat Ramadan.

5 Ide Menu Makanan untuk Jualan di Bulan Puasa

Ada banyak ide menu makanan yang bisa menjadi pilihan untuk menarik pelanggan di bulan Ramadhan. Mulai dari makanan hingga minuman, berikut ini beberapa rekomendasi ide jualan yang bisa kamu coba.

Es Susu Kurma

Ingin mencoba ide jualan bulan puasa kekinian? Es susu kurma bisa menjadi salah satu pilihan. Dibanding menjual es buah biasa, es susu kurma bisa menjadi alternatif yang unik dan menarik, sebab masih belum banyak orang yang menjualnya.

Selain itu, es susu kurma merupakan minuman segar yang cocok untuk menghilangkan dahaga saat berbuka puasa. Bahannya pun sederhana dan mudah diperoleh, hanya butuh campuran susu segar dan potongan buah kurma yang dicampur dengan es batu, ditambah sirup atau madu agar lebih lezat dan segar.

Es Campur

Butuh ide jualan minuman di bulan Ramadan yang lain? Jika iya, es campur adalah opsi menu yang tidak pernah membosankan untuk dicoba. Sesuai namanya, kamu bisa mencampurkan berbagai jenis buah dan topping sebagai variasi.

Hingga saat ini, es campur masih menjadi salah satu hidangan populer yang sangat diminati selama bulan Ramadan di Indonesia. Agar pelanggan tidak bosan, kamu bisa membuat beberapa varian es campur sekaligus saat berjualan.

Baca Juga: Ramadan Cuan Banyak! Intip Tips Bisnis di Bulan Puasa

Kolak Pisang

Selain es campur, menu jualan di bulan puasa lainnya yang juga selalu populer dari tahun ke tahun adalah kolak pisang. Kolak pisang merupakan hidangan khas Indonesia yang terbuat rebusan pisang dengan campuran santan, gula merah, dan daun pandan.

Kolak pisang menjadi salah satu hidangan favorit di bulan Ramadan karena rasanya yang manis dan nikmat. Kolak pisang juga mudah disiapkan dan cocok dihidangkan sebagai menu takjil atau hidangan penutup saat berbuka puasa.

Aneka Gorengan

Jika tertarik untuk jualan makanan di bulan Ramadan, maka pilihan yang bisa dicoba adalah aneka gorengan. Apalagi, gorengan merupakan salah satu pilihan menu yang selalu diminati oleh banyak orang, terutama saat berbuka puasa.

Aneka gorengan seperti tempe mendoan, tahu isi, bakwan jagung, atau risoles bisa menjadi pilihan yang tepat untuk jualan saat bulan Ramadan. Selain itu, bahan-bahannya sangat mudah didapatkan, dan proses pembuatannya pun mudah.

Kue Lebaran

Saat menjelang akhir Ramadan, alternatif menu lainnya yang bisa dijadikan ide jualan adalah kue lebaran. Ada berbagai macam jenis kue kering yang bisa kamu jual, mulai dari nastar, kastengel, putri salju, dan lain sebagainya.

Salah satu keunggulan dari berjualan kue lebaran adalah masa simpannya yang lama, sehingga potensi kerugian juga bisa diminimalisir. Jika disimpan dengan benar, maka kue kering lebaran bisa awet hingga berbulan-bulan.

Selain 5 ide di atas, sebenarnya masih banyak lagi ide jualan di bulan puasa yang bisa kamu coba. Nah, kalau alasan utama kamu berjualan adalah menambah penghasilan, kamu juga bisa lho menambah pendapatan sampingan dari investasi.

Bersama Amartha, kamu bisa mendanai sesama pelaku usaha mikro di Indonesia dengan sistem pendanaan kolektif. Ada berbagai produk pendanaan terbaik yang bisa dicoba mulai dari Rp100 ribu saja dan imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

Karena sudah resmi terdaftar OJK, kamu bisa menjalankan usaha jualan di bulan puasa dengan aman sembari membantu UMKM lainnya. Yuk, saling mendukung pelaku usaha mikro bersama Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Intip 5 Ide Jualan di Bulan Puasa Menguntungkan

Tips Bisnis

Ide Jualan Takjil Dijamin Laris Manis di Bulan Puasa

Tips Bisnis

Ramadhan Sebentar Lagi, Ini Dia 4 Ide Takjil Sehat dan Enak

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png