icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Mitra / Tips Bisnis / Sukses! 5 Cara Usaha Modal Kecil Berkembang dengan Cepat
icon-lang
icon-lang

Sukses! 5 Cara Usaha Modal Kecil Berkembang dengan Cepat

By Team Amartha Blog - 27 Feb 2023 - 3 min membaca

Cara usaha modal kecil untuk bisa bertahan tentu tidaklah mudah, namun bukan berarti mustahil untuk diwujudkan. Banyak cerita kesuksesan para pebisnis atau pengusaha yang dulunya memulai bisnis dengan modal yang kecil. 

Sehingga tak sedikit juga dari para pelaku usaha sekarang yang menjadi termotivasi untuk mencapai kesuksesan yang sama. Bagi usaha kecil yang baru dimulai, tantangannya tentu tidak sedikit. Bagaimana agar usaha bisa berkembang dengan cepat? Simak cara-caranya di sini!

5 Cara Usaha Modal Kecil untuk Bisa Berkembang

Menjadi seorang pengusaha tak hanya bisa bermodalkan dana saja, tapi juga pemikiran untuk selalu pantang menyerah dan berusaha untuk menciptakan berbagai macam solusi. Bisnis yang baru saja dimulai seperti usaha rumahan modal 50 ribu ataupun jenis mikro yang lainnya tetap mempunyai tantangan tersendiri. Berikut beberapa cara yang dihimpun agar kamu bisa mengembangkan usaha kecilmu.

Memanfaatkan Perlengkapan yang Ada

Seorang pemilik usaha harus dapat membaca situasi dan kondisi yang ada. Jika usaha kamu baru dimulai, tentu kamu masih banyak mengalami trial & error. Sehingga sebaiknya kamu bisa memanfaatkan perlengkapan yang ada terlebih dahulu. Banyak kok usaha modal kecil untung besar di desa dengan memanfaatkan perlengkapan yang ada semaksimal mungkin.

Mulai dari lokasi, peralatan dan perlengkapan yang menunjang usaha, sampai pada tenaga. Sekiranya usaha belum stabil sebaiknya tidak perlu merekrut karyawan dan jalani saja sendiri dan merangkap pekerjaan. Selain lebih menekan biaya, agar kamu juga memahami keseluruhan alur bisnismu karena menjalaninya sendiri secara langsung.

Memaksimalkan Promosi Online

Cara usaha modal kecil bisa berkembang adalah dengan memanfaatkan sosial media. Belajar digital marketing agar bisa mempromosikan usaha kamu di sosial media. Kamu bisa memaksimalkan pembuatan konten, melakukan iklan, paid promote dan masih banyak lagi cara yang bisa diambil. 

Sebab dunia online begitu luas, saat ini masyarakat cenderung sering melakukan belanja online. Pastikan usahamu juga terdaftar di platform yang kerap dipakai masyarakat Indonesia, jadi lebih mudah dijangkau dan dapat meningkatkan brand awareness produk kamu.

Menemukan Bahan Baku Berkualitas Namun Harga Murah

Hal ini sangat penting dilakukan, ketika kamu bisa menemukan produsen atau supplier tangan pertama maka harga beli yang kamu dapatkan jadi lebih murah. Apalagi jika usaha milikmu merupakan usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Kamu bisa mencari dengan melakukan riset atau banyak menjalin relasi dengan pengusaha lainnya demi mendapatkan informasi sepenting ini. Dengan mendapatkan bahan berkualitas dan murah, tentu bisa menekan biaya produksi usahamu.

Baca Juga: Dijamin Untung! Ini Dia Usaha Sampingan di Rumah Modal Kecil

Melakukan Riset Kompetitor

Mengapa riset kompetitor diperlukan? Sebab dari sini kamu bisa melakukan ATM (amati, tiru, modifikasi). Kesuksesan apa yang diraih kompetitor, kamu bisa melakukan duplikasi. Kekurangan apa yang ada pada kompetitor? Kamu bisa menawarkan solusinya pada usahamu. Hal ini akan menambah peluang usahamu berkembang lebih cepat.

Menemukan Modal Tambahan

Ketika telah melakukan banyak terobosan atau cara-cara untuk berkembang namun ternyata kendala utama ada pada modal. Kamu bisa mulai mencari modal tambahan. Caranya bisa memakai tabungan pribadi, mengajukan pinjaman di bank, atau seperti yang banyak dilakukan pelaku usaha lainnya adalah dengan melakukan pengajuan modal di platform atau lembaga penyedia pinjaman modal bagi pelaku usaha mikro. 

Nah, itulah cara usaha modal kecil dapat berkembang. Cocok untuk kamu yang sedang mulai merintis bisnis. Namun, selain membuka usaha sendiri, kamu juga bisa loh menjadi pendana (lender) untuk turut serta memberdayakan usaha mikro yang ada di Indonesia.

Mulai modalin dari Rp 100 ribu saja kamu sudah bisa mendanai perempuan tangguh di Amartha. Selain berdampak positif, kamu juga bisa mendapatkan imbal hasil keuntungan mencapai 15% flat per tahunnya. Tunggu apa lagi? Yuk, danai mitra pilihanmu sekarang.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Bisnis Ternak Ikan Mas: Ketahui Persiapan dan Modal Usahanya

Tips Bisnis

Ekstra Bagi Hasil Hingga 16% Flat, Bersama-sama Berdayakan UMKM Perempuan!

Promo Pendana

Kolaborasi Amartha dan Flip Dorong Akses Pendana Retail untuk Penyaluran Modal Produktif

Siaran Pers

6 Strategi dan Tujuan Pemberdayaan UMKM di Indonesia

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png