icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / 1 Juta CEO Memiliki Gaji Tertinggi, Kenapa?
icon-lang
icon-lang

1 Juta CEO Memiliki Gaji Tertinggi, Kenapa?

By Team Amartha Blog - 25 Feb 2022 - 3 min membaca

Perbandingan Gaji 1 Juta CEO vs 1 Juta Karyawan

CEO (Chief Executive Officer)  perusahaan di seluruh dunia saat ini mengantongi kekayaan yang berlipat-lipat. Gaji 1 juta CEO bahkan lebih besar dibandingkan 1 juta karyawan. Bahkan menurut survei di Inggris, gaji satu orang CEO saja sama dengan rata-rata gaji karyawan di Inggris selama satu tahun penuh.

Apa sih alasan yang menjadi sebab CEO bergaji tinggi? Kamu penasaran bukan? Yuk, simak artikel ini hingga selesai karena di sini akan kami jelaskan semua alasannya.

Alasan Kenapa CEO Memiliki Gaji Tinggi

Jika kita bandingkan, 1 juta CEO vs 1 juta karyawan masih tetap unggul CEO. Ketidaksetaraan ini bahkan kerap menimbulkan pertanyaan di kalangan para karyawan yang tidak tahu alasannya.

Selain di luar negeri, gaji CEO di Indonesia juga terbilang tinggi. Berikut apa saja alasan-alasannya.

1.  Gaji CEO Disesuaikan dengan Harga Saham

Untuk mengetahui kenapa kesenjangan ini bisa terjadi, maka kita harus ‘menarik’ dulu ke belakang. Kesenjangan ini pertama kali dimulai pada tahun 1980-an. Pada tahun tersebut, gaji eksekutif di Amerika Serikat dan Inggris memiliki kebijakan tersendiri.

Pada zaman dulu, filosofi politik telah mendorong kapitalisme pasar bebas, deregulasi, dan privasi sektor publik. Hal-hal itulah yang kemudian memengaruhi gaji seorang CEO di era 80-an.

Pembayaran CEO di era 80-an disesuaikan dengan kinerja keuangan perusahaan. Kenapa demikian? Karena CEO memiliki peran yang sangat besar sekali dalam kesuksesan suatu perusahaan.

Alasan lain kenapa kekayaan CEO sangat tinggi karena pendapatan mereka tidak hanya dari gaji saja. Seorang CEO juga mendapatkan bonus terkait kinerja dan opsi saham.

2.  CEO Menjadi Kunci Sukses Sebuah Perusahaan

Seperti yang kami singgung sebelumnya, CEO perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Orang yang menduduki posisi tersebut juga kerap diandalkan sebagai kunci sukses sebuah perusahaan.

Semakin banyak perusahaan yang berdiri, maka akan semakin banyak CEO yang mendapatkan penghasilan besar. Di sisi lain, penghasilan seorang CEO juga tidak lepas dari keterampilan, watak, dan kepribadian masing-masing.

Beberapa contoh CEO yang punya kredibilitas baik dari segi keterampilan hingga watak seperti Steve Jobs, Jeff Bezos, dan Elon Musk. Mereka adalah contoh kenapa CEO memiliki peran penting di dalam suatu perusahaan.

Baca Juga: Mau Jadi CEO, Ini Skill Yang Harus Kamu Kuasai!

Pantaskah Seorang CEO Digaji  Super Tinggi?

Ada banyak sumber berita yang mengabarkan melonjaknya angka kekayaan CEO di seluruh dunia. Salah satu contohnya seperti CEO Microsoft, Satya Nadella yang pendapatannya meningkat sebesar 66%.

Selain Satya Nadella, ada juga kabar dari Abigail Disney (pewaris kekayaan Disney) yang mengkritik gaji CEO Bob Iger terlalu tinggi karena mencapai USD66 juta. Jika kita hitung, gaji Bob Iger setara dengan 1.000 gaji karyawan Disney.

Melihat dari beberapa total pendapatan CEO, apakah layak mereka mendapatkan gaji sebesar itu? Yang pertama harus kamu garis bawahi adalah tidak semua CEO mendapatkan gaji yang super besar.

Perlu kamu ketahui, ada juga CEO kelas bawah yang pendapatannya tidak sebesar CEO papan atas. Perusahaan juga mempertimbangkan aspek-aspek tertentu dalam menggaji seorang CEO, khususnya dalam hal keterampilan.

Selain itu, ada juga CEO yang digaji lebih murah, yaitu CEO internal perusahaan yang gajinya di bawah kisaran pasar. Sementara CEO yang direkrut dari luar biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi.

Itulah sejumlah alasan kenapa gaji 1 juta CEO di suatu perusahaan bisa lebih tinggi dari 1.000 karyawan. Ingin memiliki pendapatan setara CEO? Yuk, investasi peer-to-peer (P2P) lending di aplikasi Amartha! Kamu bisa mendapatkan imbal hasil 15% flat per tahun.

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png