icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / 15 Pertanyaan Interview untuk Fresh Graduate Serta Jawabannya
icon-lang
icon-lang

15 Pertanyaan Interview untuk Fresh Graduate Serta Jawabannya

By Team Amartha Blog - 6 Nov 2021 - 3 min membaca

Cara Menjawab Pertanyaan Interview yang Baik dan Benar

Kamu ingin sukses dan bisa menjawab semua pertanyaan interview? Tidak perlu khawatir. Pasalnya, Tim Money+ sudah merangkum banyak pertanyaan yang biasanya diajukan saat interview dan juga solusi jawabannya.

Tanpa berlama-lama, yuk, langsung simak pemaparannya berikut ini:

1.   Ceritakan Tentang Dirimu

Jawaban terkait pertanyaan “ceritakan tentang dirimu?” adalah gambaran detail tentang siapa kamu. Jawab dengan nama, umur, asal kampus dan jurusan yang diambil saat kuliah. Kamu juga bisa menambahkan prestasi yang pernah kamu raih.

Baca Juga: Tips di Tempat Kerja: Hadapi Lingkungan Kerja yang Toxic

2.   Apa Kelebihanmu

Jawaban untuk “apa kelebihanmu?” ini bisa meliputi beberapa aspek. Contohnya mulai dari kemampuan yang kamu miliki, sikap kepemimpinan, peran apa saja yang kamu miliki saat di tim, dan lainnya.

3.   Apa Kekuranganmu

Untuk menjawab pertanyaan “apa kekuranganmu?”, maka hindarilah jawaban yang dapat menjatuhkanmu. Namun bukan berarti kamu harus berbohong. Jawab dengan kekurangan sederhana. Contohnya seperti kamu suka marah-marah pada anggota tim yang malas.

4.   Apa Alasanmu Melamar ke Perusahaan Ini

Pertanyaan semacam ini bisa kamu jawab dengan jawaban singkat saja. Contohnya seperti kamu ingin mencari pengalaman kerja, kamu ingin belajar, dan lainnya. Atau bisa juga karena tertarik dengan perusahaan tersebut.

5.   Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Ini

Untuk menjawab pertanyaan ini, pertama-tama kamu harus melakukan survei terlebih dahulu. Pelajari dan cari tahu tentang perusahaan yang kamu lamar. Dengan begitu, kamu bisa menjawab pertanyaan ini secara detail.

Tips Interview Online
Sumber Foto: Pexels

6.   Apakah Kamu Aktif saat kuliah

Pertanyaan ini menanyakan tentang seberapa aktif kamu saat kuliah. Jawablah dengan jujur. Jika kamu pernah aktif di organisasi, mengikuti lomba, mengajar, dan lainnya, ceritakanlah kepada HRD yang mewawancaraimu.

7.   Apa yang Kamu Lakukan di Waktu Senggang

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu tidak perlu takut salah menjawab. Kamu bisa menjawabnya secara bebas. Contoh jawaban yang bagus misalnya seperti berolahraga, membaca, memancing, dan lainnya.

8.   Kenapa Kamu Memilih Jurusan Ini Saat Kuliah

Pertanyaan dan jawaban interview sangat penting dan menentukan. Karena dengan jawaban yang baik kamu bisa memiliki nilai plus dari yang lain. Contohnya saat menjawab pertanyaan “kenapa kamu memilih jurusan ini?”.

Kamu bisa menjawab pertanyaan interview fresh graduate ini dengan alasan karena minat. Kemudian silahkan teruskan argumennya.

9.   Apakah Kamu Siap Bekerja di Luar Kota?

Pertanyaan tentang kesiapakan ditempatkan kerja di luar kota ini biasanya ditanyakan oleh perusahaan yang punya banyak kantor cabang. Jawabannya tergantung dari kesiapanmu sendiri.  

10.  Apakah Kamu Siap untuk Bekerja Lembur

Banyak perusahaan yang memiliki jam kerja fleksibel, contohnya seperti perusahaan startup. Biasanya pertanyaan tentang kesiapan lembur sering ditanyakan kepada kandidat.

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini adalah jujur dengan kemampuan kerja kamu. Katakan “siap” jika iya dan katakan “tidak siap”  jika tidak.

Sumber Foto: Pexels

11.  Ceritakan Tentang Goals yang Ingin Kamu Raih

Jawaban untuk pertanyaan yang berkaitan dengan goals harus disesuaikan dengan posisi kerja. Contohnya jika kamu seorang marketing, maka target goals yang kamu miliki adalah penjualan yang lebih banyak.

12.  Berapa Gaji yang Kamu Harapkan

Seorang fresh graduate harus berhati-hati saat menjawab pertanyaan tentang gaji. Jawaban yang ideal yaitu Rp5.000.000 hingga Rp6.000.000, tergantung perusahaan yang kamu lamar.

13.  Kenapa Perusahaan Ini Harus Memilihmu

Pertanyaan ini biasanya berdekatan dengan akhir sesi. Jawaban yang ideal adalah menyambungkan kemampuan dan kapabilitas kamu dengan visi misi dari perusahaan terkait.

14.  Jika Kamu Diterima di Perusahaan, Kapan Bisa Mulai Kerja

Untuk menjawab pertanyaan ini tidaklah susah. Silahkan jawab saja secepatnya karena besar kemungkinan kamu akan langsung bekerja.

15.  Apa Ada yang Ingin Ditanyakan

Jawaban terakhir proses interview kerja ini yaitu dengan pertanyaan terkait seluk beluk pekerjaan. Contohnya seperti bagaimana budaya kerjanya, ritme kerjanya, atau hal-hal lainnya.

Itulah 15 pertanyaan interview yang sering diajukan beserta jawabannya. Semoga bermanfaat ya!

Setelah mendapatkan pekerjaan nanti jangan lupa untuk mengatur keuanganmu dengan baik. Mulai siapkan dana darurat untuk kebutuhan mendesak di masa mendatang. Kamu bisa siapkan dengan melakukan investasi di platform investasi Amartha. Ada bagi hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa kamu dapatkan lho!

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png