icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / 4 Tips Mendapat Kerja Tanpa Jalur Orang Dalam
icon-lang
icon-lang

4 Tips Mendapat Kerja Tanpa Jalur Orang Dalam

By Team Amartha Blog - 21 Aug 2021 - 3 min membaca

Mendapat pekerjaan jalur orang dalam adalah idaman para jobseeker. Namun, apakah mungkin kita bisa mendapat kerja tanpa orang dalam? Simak 4 tips berikut ini.

Sudah jadi rahasia umum jika memiliki koneksi dengan orang dalam di suatu perusahaan dapat membantu kita mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

Di zaman sekarang, koneksi orang dalam memang bisa membuat kamu lebih cepat mendapatkan kerja. Meski begitu, kita tetap bisa mendapat pekerjaan tanpa jalur orang dalam, lho.

Lantas, bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan tanpa bantuan orang dalam ya? Simak caranya di bawah ini!

4 Tips Mendapat Kerja Tanpa Jalur Orang Dalam

1. Aktif Memanfaatkan Media Sosial

Di masa kini, duduk diam tak berarti buang-buang waktu. Kamu bisa duduk santai, namun tetap produktif melamar pekerjaan. Misalnya, duduk sambil bermain media sosial profesional seperti LinkedIn.

Bukan rahasia lagi, kamu bisa saja mendapat pekerjaan baru lewatnya. Jadi, coba maksimalkan media sosial ini untuk mencari kesempatan kerja baru, ya!

2. Perbaiki Curriculum Vitae (CV)

Hal penting yang sering dilupakan dalam melamar pekerjaan adalah membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik serta dapat merangkum seluruh kemampuanmu hanya dalam satu halaman. Pasalnya, pihak HR hanya punya waktu singkat untuk melakukan screening.

Beberapa hal yang harus kamu masukkan di dalam CV adalah kemampuan, pendidikan, pengalaman, dan kontak yang bisa dihubungi. Tulis secara detail dan singkat. Kamu tidak perlu mencantumkan hal-hal yang tidak penting seperti hobi, pendidikan sejak kecil, alamat lengkap, dan hal-hal yang bersifat personal.

Hati-Hati, Kenali Modus Penipuan Lowongan Kerja

Akan lebih baik bila kamu mencantumkan portofolio atau contoh pekerjaan sebelumnya di halaman terpisah. Hal ini dapat menunjukkan keseriusan kamu saat melamar pekerjaan di posisi yang kamu impikan.

3. Terus Mengembangkan Diri  

Setelah mengetahui bahwa mendapatkan pekerjaan tanpa jalur orang dalam adalah hal yang dapat dilakukan, kamu wajib mencoba tips berikut ini, memaksimalkan potensi diri.

Tidak memiliki koneksi bukan berarti kamu tidak memiliki potensi diri. Gali semua potensi yang kamu miliki sambil melamar pekerjaan di perusahaan atau posisi impianmu.

Kamu dapat mengembangkan diri dengan mengikuti seminar yang sesuai dengan posisi yang dilamar atau minat dan bakat, membaca buku, atau mengikuti kursus yang berkaitan. Aktivitas pengembangan diri ini bisa kamu jual di CV atau saat wawancara kerja.

4. Tidak Menyerah dan Lamar Terus Posisi yang Kamu Inginkan

Sudah melamar ke banyak perusahaan namun masih belum juga mendapatkan panggilan wawancara? Hal ini umum dijumpai oleh para jobseeker. Sebaiknya jangan menyerah dan teruslah melamar.

Perlu kamu sadari bahwa setiap hari ada banyak lowongan pekerjaan yang dibuka yang sesuai dengan posisi yang kamu inginkan. Jangan berhenti sampai kamu benar-benar mendapatkan pekerjaan impianmu.

Sekarang ini, mencari lowongan kerja sangat mudah. Sudah banyak tersedia portal job terpercaya di Indonesia. Kamu hanya perlu memanfaatkan fungsi portal job itu dengan sebaik-baiknya sambil terus memperbaiki diri.

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png