icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / 5 Peluang Kerja Digital Marketing di 2023, Mau Coba?
icon-lang
icon-lang

5 Peluang Kerja Digital Marketing di 2023, Mau Coba?

By Team Amartha Blog - 16 Jan 2023 - 3 min membaca

Peluang kerja digital marketing semakin cemerlang di tahun 2023. Pasalnya saat ini semua brand atau perusahaan memakai jalur digital untuk memasarkan produknya. 

Pekerjaan di bidang digital marketing juga menjanjikan dengan gaji yang menarik. Dengan ranah yang begitu luas di dunia digital, karir digital marketing juga banyak pilihannya. Jika kamu berminat untuk switching career, bisa mulai mengintip peluang karir yang satu ini.

5 Pilihan Peluang Kerja Digital Marketing Saat Ini

Untuk menjadi ahli atau spesialis dari beberapa bidang digital marketing tak memerlukan sekolah formal. Saat ini tersedia banyak pelatihan dari para ahli yang bisa dengan mudah diikuti. Ini beberapa pilihan karir dan gaji digital marketing yang bisa kamu jadikan referensi.

Content Strategist 

Pada posisi ini, kamu akan bekerja dengan menyusun strategi konten dan campaign untuk perusahaan maupun brand. Ide-ide promosi juga berasal dari content strategist. Bagi kamu yang merupakan seorang planner dan memiliki kreativitas tinggi dapat mencoba peluang di karir ini. 

Kamu akan berhubungan banyak dengan sosial media dan bahkan juga Search Engine Optimization (SEO). Peluang gaji yang bisa diperoleh di range Rp8–11 juta.

SEO Specialist

Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan untuk menganalisa kata kunci, membuat website dan artikel memuncaki Search Engine Result Page (SERP) di Google, paham algoritma mesin pencari, dan banyak hal lainnya yang berkaitan dengan Search Engine Optimization (SEO)

Pada intinya, objektif dari posisi ini ialah membuat website perusahaan memuncaki laman pertama pencarian Google. Gaji yang didapatkan untuk SEO Specialist berada di range Rp7–15 juta.

Baca Juga: 6 Pekerjaan yang Berhubungan dengan Teknologi di 2023!

KOL Specialist

Pekerjaan ini menjadi perwakilan perusahaan untuk terhubung dengan para Key Opinion Leader (KOL) atau sebut saja influencer. Metode pemasaran saat ini kerap kali menggunakan jasa influencer untuk dapat mempromosikan produk. 

Agar campaign perusahaan juga menjadi sukses KOL specialist bertugas riset influencer, dealing dengan influencer, membuat brief, dan memonitoring hasil kerja sama tersebut. 

Memastikan bahwa ada impact yang sesuai harapan perusahaan dari kerja sama antara perusahaan dan KOL bersangkutan. Peluang kerja digital marketing yang seperti ini nampak seru, dibutuhkan kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik. Gaji yang bisa didapatkan ada di rentang Rp5–9 juta per bulannya.

Advertiser

Advertiser atau spesialis iklan baik di Facebook, Google, Instagram ataupun platform lain yang ada saat ini. Sebagai seorang advertiser, job desk digital marketing menyangkut tentu membuat, menjalankan, dan memonitoring hasil iklan dan kemudian mengevaluasi hasilnya. 

Profesi ini dituntut untuk membuat iklan semurah mungkin dengan hasil yang paling maksimal. Gaji yang didapatkan untuk posisi pengilan digital ini di rentang  Rp7 –10 juta.

Copywriter

Karier digital marketing yang satu ini kelihatannya mungkin paling mudah, membuat copy text atau tulisan untuk brand. Namun tak sesederhana itu. Copywriter harus mampu membuat formula copywriting yang mampu membuat target audiens terpengaruh. 

Membuat copy untuk iklan, sosial media, website, atau keperluan lainnya yang membutuhkan kalimat powerful ialah tugas seorang copywriter. Gaji di posisi ini sekitar Rp4–8 juta.

Setelah mengetahui peluang kerja digital marketing di atas, apakah ada yang kamu minati? Selain mencoba switching career demi masa depan cerah kamu juga bisa mulai berinvestasi. Mulai dari Rp100 ribu saja kamu bisa menjadi pendana di Amartha microfinance marketplace.

Investasi lebih aman dan nyaman karena telah berizin dan diawasi oleh OJK, sekaligus kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahunnya, lho. Download aplikasinya dan mulai modalin di Amartha sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

5 Peluang Kerja Digital Marketing di 2023, Mau Coba?

Maksimalkan Internet Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Tips Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png