icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / 6 Cara Nabung Buat Beli Rumah, Milenial dan Gen Z Wajib Tahu
icon-lang
icon-lang

6 Cara Nabung Buat Beli Rumah, Milenial dan Gen Z Wajib Tahu

By Team Amartha Blog - 14 Feb 2023 - 3 min membaca

Milenial dan Gen Z sudah tahu belum cara nabung buat beli rumah? Walaupun pendapatan masih kecil, tidak ada salahnya untuk mempelajari hal ini mulai dari sekarang. Hal ini dikarenakan setiap tahun, harga rumah dan tanah akan terus naik.

Walaupun tidak harus punya, memiliki hunian impian tentu akan jadi aset berharga kedepannya. Terutama untuk kamu yang ingin membangun keluarga bahagia. Yuk, simak artikel di bawah tentang cara menabung beli rumah tanpa KPR.

6 Cara Nabung Buat Beli Rumah

Berikut cara cerdas yang bisa kamu ikuti agar impian mempunyai rumah idaman bisa segera terwujud.

1. Lunasi dan Hindari Utang

Mengajukan pinjaman dan menabung memang bisa dilakukan secara bersamaan. Akan tetapi, hal ini akan membuat fokus menabung bisa pecah di masa mendatang. Lebih bahaya lagi jika tabungan yang disiapkan malah dipakai untuk membayar utang.

Hal ini tidak baik bila kamu sedang mencari cara menabung untuk menikah dan beli rumah. Bukannya terkumpul, tabungan malah terus berkurang. Jadi, lunasi dulu segala utang dan hindari untuk mengajukan pinjaman kalau manfaatnya tidak signifikan.

2. Tentukan Harga Rumah Incaran dan Tanggal Pembelian

Setelah hutang lunas, kamu dapat mulai mencari daftar rumah dengan harga yang sesuai dengan estimasi total akhir tabungan. Kemudian, tetapkan tanggal kapan rumah akan dibeli. Ini akan membantu kamu dalam membuat rencana keuangan yang objektif.

3. Tetapkan Target dan Channel Menabung

Berapa jumlah uang yang bisa kamu sisihkan per bulan? Kalkulasi semua kebutuhan dasar dan darurat secara realistis, lalu segera pisahkan dana yang ingin ditabung. Ingat, konsistensi adalah kunci.

Jika kamu belum terbiasa menyisihkan dana, coba buat jadwal investasi atau aktifkan automatic debit. Banyak aplikasi finansial yang menyediakan sistem otomatisasi agar dana langsung diambil dari tabungan sumber di tanggal tertentu.

Baca Juga: Cara Menghitung Budget Bulanan untuk Beli Rumah Pertamamu

4. Mulai Gaya Hidup Hemat

Cara nabung buat beli rumah selanjutnya adalah dengan memulai gaya hidup hemat. Pola hidup konsumtif tidak bisa sejalan dengan menabung. Jadi, beli kebutuhan yang benar-benar dasar dan penting saja. Stop dulu lihat diskon atau promo besar-besaran. 

5. Mencari Sumber Penghasilan Tambahan

Untuk mempercepat proses menabung, kamu harus siap mencari sumber penghasilan tambahan yang lain. Freelancing merupakan salah satu jalan atau cara menabung 50 juta dalam setahun.

Pelajari keahlian yang sedang banyak peminatnya seperti menulis, membuat konten media sosial atau website, fotografi, video editing, dan lainnya. Kamu juga bisa coba berjualan secara online dengan total keuntungan sekitar 1 juta per minggu.

6. Tingkatkan Portofolio Investasi

Investasi tersedia dalam berbagai jenis instrumen dari risiko yang rendah hingga tinggi sesuai dengan kemampuan finansialmu. Pelajari dulu detail setiap instrumen agar kamu tidak salah pilih.

Contoh jenis investasi yang bisa kamu manfaatkan dengan risiko rendah yaitu investasi deposito, reksadana, emas, Peer to Peer Lending (P2P), microfinance marketplace, obligasi, dan valuta asing.

Demikianlah 6 cara nabung buat beli rumah yang bisa kamu terapkan sekarang juga. Kunci suksesnya adalah konsistensi. Jadi, hindari dulu perilaku konsumtif yang bisa membuat kamu bersedih di akhir bulan nanti.

Selain menabung, kamu juga bisa mempercepat pengumpulan dana tabungan dengan menjadi lenders di Amartha untuk mendapatkan passive income. Amartha adalah platform microfinance marketplace telah terdaftar dan diawasi di OJK. Modalin UMKM mulaii Rp100.000 saja, kamu bisa mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun. Yuk, mulai mendanai di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

6 Cara Nabung Buat Beli Rumah, Milenial dan Gen Z Wajib Tahu

Mau Renovasi Rumah KPR, Emang Boleh?

Amartha.com | Blog

Bisakah Membeli Rumah Setelah Pensiun?

Keuangan

Untung Rugi Beli Rumah VS Sewa Rumah

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png