icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / 7 Tips Bekerja di Tempat Baru agar Mudah Bersosialisasi
icon-lang
icon-lang

7 Tips Bekerja di Tempat Baru agar Mudah Bersosialisasi

By Team Amartha Blog - 10 Nov 2021 - 3 min membaca

Tips Bekerja di Tempat Baru untuk Karyawan Baru

Apakah kamu karyawan baru yang merasa sulit beradaptasi dan bersosialisasi di lingkungan kerja yang baru? Sesulit apapun, kamu wajib harus cepat beradaptasi karena merupakan tuntutan kerja. Namun jangan khawatir, karena Money+ punya tips di tempat bekerja yang dapat membantu kamu agar cepat bersosialisasi. Berikut tipsnya.

1.   Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Sulit beradaptasi dan bersosialisasi biasanya terjadi karena rasa kurang percaya diri. Maka dari itu, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meningkatkan rasa percaya diri.

Canggung pada karyawan lain di tempat kerja yang baru merupakan hal yang umum terjadi. Namun, hal tersebut tidak boleh terjadi dalam jangka waktu yang lama. Kamu harus segera bisa bersosialisasi dan beradaptasi dengan karyawan dan lingkungan baru tersebut.

2.   Membantu Karyawan Lain yang Kesulitan

Membantu yang kami maksud di sini bukan membantu apa yang menjadi tugas mereka. Pasalnya, kita punya porsi kerja masing-masing yang sudah ditentukan.

Membantu yang kami maksud seperti membersihkan sampah di ruangan kantor, merapikan kursi, dan lainnya.

3.   Selalu Ramah Kepada Teman Sekantor

Tips bekerja di tempat baru berikutnya yaitu selalu ramah pada setiap karyawan. Tunjukan sikap ramah kamu baik di lingkungan kerja pribadi maupun terbuka seperti di co-working space.

Selanjutnya, jadilah pribadi yang bersahabat. Cara bersikap di tempat kerja ini akan membantumu untuk segera mendapatkan banyak teman baru.

Baca Juga: Jadi Kutu Loncat dalam Dunia Kerja? Ini Dampaknya!

4.   Hindari Membuat Maupun Bergabung pada Kelompok Eksklusif

Sah-sah saja jika kamu ingin membentuk kelompok di tempat kerja. Contohnya teman-teman yang sangat dekat sekali di lingkungan kerja. Namun, hindari membuat kelompok yang eksklusif.

Kelompok eksklusif adalah kelompok yang tidak bergaul dengan karyawan lain. Orang-orang dalam kelompok tersebut hanya bergaul dengan kelompoknya sendiri. Hal ini akan membuat lingkungan kerja menjadi kurang nyaman bagi beberapa karyawan.

5.   Selalu Ikut dalam Berbagai Acara

Kita tidak pernah tahu kapan akan bertemu dengan orang yang tepat yang membantu memberi jalan untuk menjadi orang sukses. Salah satunya bisa saja melalui acara-acara yang kamu ikuti.

Berapa lama karyawan baru adaptasi tergantung dari seberapa sering kamu bersosialisasi dan berkenalan dengan orang baru di tempat kerja. Cara ini bisa kamu manfaatkan untuk memulainya.

6.   Jangan Malu dan Segan untuk Meminta Tolong

Sebagai anak baru, kamu pasti canggung pada saat pertama kali bekerja. Terutama jika job desc yang diterima belum tentu seluruhnya kamu kuasai. Jika demikian halnya, sebaiknya buang rasa malu dan segan, lalu bertanyalah kepada para senior.

Bertanyalah seputar tugas-tugas yang belum kamu mengerti. Para senior biasanya akan dengan senang hati membantumu agar kamu bisa mengerjakan tugas-tugas tersebut.

Bertanya pada karyawan lain juga akan membantumu untuk mengenal mereka. Tips di tempat bekerja semacam ini dapat memudahkan kita bersosialisasi dengan teman atau karyawan senior.

7.   Tanamkan Pemahaman bahwa Semua Orang Berbeda

Kamu pasti sudah dewasa untuk mengetahui bahwa tidak semua orang punya kepribadian yang sama dengan kita. Contohnya, tidak semua orang nyaman ketika ditanya tentang kehidupan mereka. Jadi, pertimbangkanlah cara bersosialisasi yang baik sesuai dengan karakter masing-masing.

Perbedaan-perbedaan semacam ini sangat wajar sekali di tempat kerja. Dengan mengetahui kepribadian masing-masing, kamu juga bisa lebih menghormati setiap karyawan di tempat kerja yang baru. Ini bisa menjadi modal utama kesuksesanmu ketika bersosialisasi.

Itulah 7 tips di tempat bekerja di atas akan membantumu menjadi seorang karyawan baru yang baik dan mudah beradaptasi. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Nah, sebagai karyawan yang baik, kamu juga perlu mempersiapkan dana darurat untuk situasi yang tidak menentu di masa mendatang. Siapkan dana darurat dengan melakukan investasi di platform investasi Amartha dan dapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png