icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Ancaman Reflasi Makin Tinggi, Simpan Duit di Mana Nih?
icon-lang
icon-lang

Ancaman Reflasi Makin Tinggi, Simpan Duit di Mana Nih?

By Team Amartha Blog - 13 Dec 2022 - 3 min membaca

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan istilah inflasi dan bahayanya bagi perekonomian. Akan tetapi sebenarnya tidak hanya inflasi saja yang berbahaya, namun juga reflasi. Apakah kamu tahu apa itu reflasi dan ancaman reflasi itu sendiri?

Reflasi adalah kondisi yang lebih kompleks daripada inflasi karena di kondisi reflasi ini, tingginya angka inflasi juga dibarengi dengan tingginya tingkat resesi. Tentu kondisi ini bisa memperparah keadaan ekonomi akibat inflasi dan berpengaruh kepada kita. Lalu, sebaiknya di mana kita menyimpan uang?

Tips Menyimpan Uang di Tengah Ancaman Reflasi

Ada beberapa cara agar uangmu tetap aman di tengah reflasi. Berikut di antaranya:

Menyimpan Uang Tunai

Di tengah kondisi reflasi, kamu disarankan untuk menyimpan uang tunai dengan aman secara pribadi. Hal ini diakibatkan uang tunai lebih mudah diakses ketika kamu terdampak reflasi, seperti hilangnya pekerjaan.

Kamu pun bisa lebih percaya diri karena kamu tahu betul berapa uang yang sedang kamu pegang saat ini, sekalipun kamu harus kehilangan pekerjaan dan kondisi keuanganmu terdampak.

Menyimpan Uang di Bank

Menyimpan uang di bank juga masih dinilai aman di tengah ancaman reflasi di Indonesia. Bank dinilai lebih aman karena uang bisa terhindar dari pencurian, kerusakan, atau kehilangan.

Kamu tak perlu khawatir karena bank-bank ternama di Indonesia diatur serta diawasi dengan ketat oleh OJK sehingga bisa dipertanggungjawabkan. Menyimpan uang di bank juga bisa mendapat imbal hasil.

Investasi Saham

Kamu pasti sudah tidak asing dengan saham. Ya saham adalah salah satu instrumen investasi yang sering digunakan masyarakat. Di tengah ancaman reflasi, saham masih menjadi tempat yang aman untuk menyimpan uang namun dengan satu syarat, yakni memiliki emiten yang tahan akan lemahnya ekonomi.

Tidak sedikit perusahaan yang bisa melampaui syarat itu. Hal ini dibuktikan dengan adanya perusahaan di pasar saham Bursa Efek Indonesia yang mampu memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.

Baca Juga: Ancaman Resesi 2023, Ini 5 Langkah Persiapannya!

Investasi Obligasi Pemerintah

Investasi obligasi pemerintah juga sering disebut ketika masyarakat membicarakan cara mengatasi inflasi. Hal ini disebabkan obligasi pemerintah tidak terpengaruh oleh adanya inflasi.

Di samping itu, obligasi pemerintah juga dilindungi undang-undang sehingga bila kamu bernivestasi di sana, maka kamu akan lebih terjamin keamanannya. Obligasi pemerintah juga dinilai sebagai investasi minim resiko.

Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Berbagai pengamat dan perencana keuangan menilai investasi reksadana, khususnya reksadana pendapatan tetap, masih dinilai cukup aman untuk dijadikan tempat menyimpan uang di tengah ancaman inflasi dan resesi.

Reksadana pendapatan tetap masih dinilai memiliki prospek yang baik hingga dua tahun ke depan. Di samping itu, reksadana jenis ini juga mampu mendukung perekonomian secara global.

Investasi Emas

Emas masih menjadi pilihan utama untuk berinvestasi. Hal ini disebabkan saat perekonomian sedang menurun seperti ketika krisis akibat pandemi Corona, harga emas malah cenderung naik.

Harga emas yang cenderung naik ini akibat kepercayaan masyarakat akan jenis aset ini. Diperkirakan bila reflasi terjadi, maka harga emas bisa naik lagi

Investasi di Amartha

Amartha juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu berinvestasi. Hanya dengan modalin UMKM mulai Rp 100.000 aja, kamu sudah ikut serta dalam gerakan impact investing. Dengan berinvestasi di Amartha, kamu sama dengan membantu bisnis para perempuan pengusaha mikro agar lebih berkembang. Selain itu, kamu juga berpeluang untuk mendapatkan imbal hasil hingga 15% flat setiap tahunnya, lho!

Kamu juga tak perlu khawatir, karena p2p lending Amartha telah berizin dan diawasi oleh OJK sehingga kamu bisa lebih aman berinvestasi di sini.

Itulah berbagai cara menyimpan uang di tengah ancaman reflasi. Ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk berinvestasi di microfinance marketplace di Amartha supaya kamu dapat keuntungan seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Yuk, langsung download dan mulai modalin sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Ancaman Reflasi Makin Tinggi, Simpan Duit di Mana Nih?

Ini Cara Mengatasi Inflasi Untuk Bertahan Hidup!

Gaya Hidup

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png