icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Dear Pengusaha, Ini Tips Bisnis Agar Karyawan Lebih Betah Kerja
icon-lang
icon-lang

Dear Pengusaha, Ini Tips Bisnis Agar Karyawan Lebih Betah Kerja

By Team Amartha Blog - 1 Apr 2021 - 3 min membaca

Bagi sebuah perusahaan, karyawan saat ini tidak bisa lagi dianggap sebagai sumber daya saja. Pasalnya, karyawan adalah aset yang menentukan maju atau tidaknya perusahaan. Karena itu, layaknya sebuah aset, karyawan pun dikelola dengan baik.

Paradigma dalam pengelolaan karyawan setidaknya harus mengalami perubahan. Karyawan sekarang ini harus diperlakukan sebagai mitra dalam mengelola bisnis perusahaan.

Perlu diingat, karyawan bukanlah sebuah mesin. Artinya dalam mengelola karyawan, kamu juga perlu untuk memperhatikan aspek psikologinya juga, termasuk pula kebahagiaan dan motivasi kerja. Kedua hal ini telah terbukti sangat mempengaruhi produktivitas dari setiap karyawan.

Karyawan yang tidak bahagia pada akhirnya akan kehilangan motivasi untuk bekerja. Jika seorang karyawan sudah kehilangan motivasinya, maka produktivitasnya akan menurun. Tentu ini akan berdampak pada bisnis Anda. Oleh karena itu, dua poin tersebut patut untuk diperhatikan setiap perusahaan.

Nah, selain kedua poin itu, ada beberapa tips lagi yang dapat dilakukan oleh para pengusaha agar karyawan lebih betah dalam bekerja. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Ciptakan Atmosfer Kerja yang Menyenangkan

Atmosfer kerja yang menyenangkan adalah faktor utama agar karyawan betah dalam bekerja. Sebab, hal ini terkadang dapat melebihi nominal gaji sehingga bisa berpengaruh kepada kinerja karyawan. Mulailah dengan melakukan kebiasaan rutin dalam bekerja, seperti berdoa, senyum, salam, dan sapa yang tak boleh dilupakan oleh seluruh karyawan perusahaan.

Menjaga rasa saling menghormati akan membuat seluruh karyawan merasakan suasana kekeluargaan dalam bekerja, dan kelancaran komunikasi dalam perusahaan yang akan membuat atmosfer kerja menjadi menyenangkan.

2. Berikan Gaji yang Sesuai

Tidak bisa dipungkiri bahwa orang bekerja adalah untuk mendapatkan uang. Sebab, gaji adalah salah satu tolak ukur yang akan membuat karyawan betah atau tidak untuk tetap bekerja di sebuah perusahaan.

Oleh karena itu, sangat disarankan jika perusahaan memberikan gaji yang manusiawi sesuai dengan pekerjaan dan jobdesk karyawan. Jangan sampai memberikan gaji yang dibawah standar minimum karena hal itu akan membuat karyawan berpikir untuk mencari perusahaan lain yang lebih loyal. Namun, jangan pula memberikan gaji berlebihan tanpa pekerjaan yang jelas.

3. Berikan Kesempatan Pengembangan Diri

Setiap karyawan tentu memiliki cita-cita atau harapan untuk maju. Tidak ada karyawan yang ingin stuck di satu tempat selamanya. Banyak karyawan yang memilih untuk mundur karena merasa ia tidak bisa berkembang di perusahaan tersebut.

Perkembangan yang dimaksud ini meliputi berbagai hal. Mulai dari kompetensi, hingga karier. Saat ini, orang-orang bekerja bukan semata-mata untuk kepentingan finansial saja. Setiap orang berharap ada ilmu yang bisa ia dapatkan selama masa kerjanya.

4. Ciptakan Komunikasi yang Baik dengan Karyawan

Manusia sebagai makhluk sosial tentu memiliki kebutuhan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi. Kamu sebagai pengusaha pun harus memperhatikan kebutuhan tersebut. Komunikasinya pun tidak perlu yang terlalu rumit. Cukup buka kesempatan dialog dengan karyawanmu, dan sambut segala aspirasi yang mereka sampaikan.

Meskipun terkesan sederhana, namun salah satu penyebab utama seorang karyawan memilih mundur adalah adanya hubungan yang tidak baik dengan pemimpinnya.

Tentu hal ini dapat diminimalisir apabila kamu sebagai pemilik bisnis mau mendengarkan pendapat atau aspirasi dari karyawanmu. Dengan komunikasi yang terbuka dan luwes seperti ini, karyawan merasa lebih dihargai. Perasaan dihargai ini telah terbukti mampu meningkatkan kebahagiaan dan motivasi kerja mereka. Dengan begitu, rasanya membuat karyawan betah dalam bekerja bukanlah hal sulit.

Well, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar karyawan lebih betah dalam bekerja. Selamat mencoba!

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png