icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Ingin Jadi CEO? Ini 5 Cara Menjadi CEO yang Hebat
icon-lang
icon-lang

Ingin Jadi CEO? Ini 5 Cara Menjadi CEO yang Hebat

By Team Amartha Blog - 15 Mar 2022 - 3 min membaca

Ingin Tahu Cara Menjadi CEO Hebat? Ikuti Tips Ini

Ada banyak artikel bertebaran di internet yang menunjukkan cara menjadi CEO hebat yang berbicara tentang bertindak, merencanakan, dan proses. Ada poin penting yang terlupakan, yang harus ada pada seorang pemimpin perusahaan. 

Cara menjadi CEO yang baik atau pemimpin yang efektif, kenali dulu diri kamu sebagai seorang pemimpin. Itu berarti berkonsentrasi pada karakter kamu. Usai menemukannya, kamu dapat beralih ke topik lain seperti apa yang harus dilakukan, kapan dimulainya, dan mengapa harus menjadi CEO yang efektif.

Hal-hal tersebut akan dapat kamu pelajari poin-poin berikut: 

1. Tentukan karakter 

Para pemimpin hebat dikagumi karena karakter yang mereka tunjukkan dan jalani. Maka, cara menjadi CEO di usia muda yang efektif dan baik adalah dengan mengembangkan karakter karakter dasar yang kuat dan memiliki integritas tinggi terhadap perusahaan. 

2. Belajarlah untuk bertanya apa yang penting

Malu bertanya, sesat di jalan. Ungkapan itu pun sejalan dengan cara menjadi CEO yang hebat. Sebab, dengan kamu bertanya, kemudian mencari tahu dan mempelajari hal tersebut, pengetahuan akan bertambah. Wawasan pun semakin luas, yang dapat membantu dalam mengambil keputusan dan menjalankan bisnis perusahaan.  

3. Rangkulah perubahan

Setiap CEO yang sukses harus mampu menerima perubahan, fleksibel, dan gesit dalam menyesuaikan dengan perubahan tersebut. Sebab, jika kamu terus menunggu dan berada di zona nyaman, kamu akan tertinggal. 

Akibatnya, bisnis bisa mengalami krisis dan berujung pada bangkrut. Sudah banyak kisah perusahaan besar yang harus tutup lantaran tidak mampu mengikuti perubahan dengan cepat. 

Baca Juga: 4 Tokoh Investor Perempuan Terkemuka dan Strategi Investasinya

4. Tetapkan tujuan yang tinggi, jangan mulai dari yang kecil

Jika kamu memiliki tujuan yang kecil, bisnis pun akan tetap kecil. Untuk itu, tetapkanlah tujuan yang tinggi tetapi tetap realistis. 

Agar dapat merealisasikan tujuan tersebut, rangkul para staf agar melangkah bersama dan mampu bergerak di luar batas mereka. Bawa mereka keluar dari zona nyaman untuk sama-sama meraih tujuan yang lebih besar dan tinggi demi kesuksesan bersama. 

5. Selalu melakukan refleksi dan introspeksi diri

Cara menjadi CEO perempuan yang hebat, harus mampu merefleksi diri dan melakukan introspeksi untuk setiap hal yang dilakukan. Selalu percaya diri di depan karyawan. Agar mereka pun yakin untuk bisa maju. 

Jangan pernah ragukan diri kamu di depan para pegawai. Sebab, ketika kamu tidak percaya diri, tidak ada perubahan, tidak berani melangkah maju, kamu hanya akan berada di posisi yang stagnan. Para karyawan pun akan mengalami hal yang sama. 

6. Cara menjadi CEO hebat dengan melayani orang lain

Cara menjadi CEO hebat yang terakhir ialah harus mampu melayani orang lain lebih baik dari apa yang mereka lakukan padamu. Mulailah untuk berhenti memikirkan apa yang kamu butuhkan dari orang lain dan tanyakan apa yang mereka butuhkan dari kamu. 

Cari tahu apa saja yang mereka butuhkan dan bantu untuk mewujudkannya. Dari situ, kepercayaan mereka pun akan bertambah, loyalitas terhadap perusahaan pun meningkat. Namun, terlepas dari itu semua, seorang pemimpin harus pandai dalam mengatur masalah keuangan agar perusahaan tidak mengalami krisis. 

Begitu pun dengan kamu. Agar terhindar dari krisis ekonomi, mulailah melakukan investasi peer to peer lending dengan modalin para CEO UMKM Amartha. Imbal hasil sampai 15% flat per tahun. Yuk, gabung sekarang. 

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png