icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Jadi Kutu Loncat dalam Dunia Kerja? Ini Dampaknya!
icon-lang
icon-lang

Jadi Kutu Loncat dalam Dunia Kerja? Ini Dampaknya!

By Team Amartha Blog - 27 Oct 2021 - 3 min membaca

Menjadi Kutu Loncat, Baik Atau Tidak Ya?

Istilah kutu loncat dalam dunia kerja ditujukan bagi seseorang yang sering gonta-ganti pekerjaan. Apakah kamu salah satunya? Kebiasaan tersebut ternyata punya dampak positif dan negatifnya, lho.

Penasaran ingin tahu dampak positif dan negatif seorang kutu loncat perusahaan? Silahkan simak artikel ini hingga selesai!

Dampak Negatif Jadi Kutu Loncat

Sumber Foto: Pexels

Pertama-tama, mari kita bahas terlebih dahulu dampak negatifnya. Dengan mengetahui dampak negatifnya, kamu bisa mempertimbangkan keputusan saat ingin keluar masuk perusahaan. Berikut apa saja dampak-dampaknya:

1.   Karier Sulit Berkembang

Tidak mudah untuk mendapatkan posisi yang bagus di suatu perusahaan. Kita harus loyal dan juga berusaha keras untuk mendapatkannya. 

Jika kamu memutuskan untuk keluar dari perusahaan, maka perjuangan yang selama ini dilakukan akan sia-sia.

Kamu harus memulainya lagi dari bawah. Terlebih jika di perusahaan baru tersebut posisi kamu tidaklah begitu strategis.

2.   Memutuskan Jaringan   

Potensi memutuskan jaringan koneksi dengan perusahaan lama akan semakin besar. Terutama jika kamu memilih perusahaan pesaing perusahaan lama untuk menjadi tempat berkarier yang baru.

3.   Dianggap Tidak Loyal  

Kutu loncat kerja identik dengan penilaian negatif dari beberapa perusahaan. Mereka dianggap orang yang tidak loyal terhadap suatu perusahaan. Isu semacam ini juga berpotensi menimpa kamu yang berniat mengganti pekerjaan lama.

4.   Kepercayaan Perusahaan Berkurang

Poin ini masih berkaitan dengan poin loyalitas di atas. Seorang yang berganti-ganti pekerjaan biasanya akan mendapatkan isu kepercayaan dari suatu perusahaan. Kamu akan dicap sebagai orang yang sulit berkomitmen.

5.   Keberlangsungan Kerja Tidak Terjamin

Seorang yang dianggap tidak loyal, biasanya akan mendapatkan perlakuan layaknya seorang anak tiri. Contohnya pada saat perusahaan ingin memangkas jumlah karyawan, maka orang yang dianggap tidak loyal akan menjadi orang pertama yang dikeluarkan.

Baca Juga: Soft Skill yang Diperlukan Agar Cepat Naik Jabatan

Dampak Positif Menjadi Kutu Loncat  

Office Worker Discussed

Menjadi kutu loncat ternyata tidak sepenuhnya negatif. Ada juga beberapa hal positif yang bisa kamu dapatkan. Nah, berikut beberapa dampak positif yang bisa kita rasakan.

1.   Meningkatkan Pendapatan

Gaji atau pendapatan bisa menjadi salah satu alasan kenapa kamu keluar dari pekerjaan. Dengan mencari pekerjaan baru, setidaknya pendapatan kamu bisa menjadi lebih besar dari sebelumnya.

2.   Potensi Mendapatkan Kesempatan Promosi

Beberapa perusahaan baru biasanya membutuhkan orang-orang yang berpengalaman dalam bidang terkait. Hal ini juga bisa kamu jadikan kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Terutama bagi yang kariernya mandek bertahun-tahun di perusahaan yang lama.

3.   Menambah Pengalaman Kerja  

Setiap bekerja di tempat baru, maka kamu bisa mendapatkan pengalaman baru juga. Kamu juga akan mendapatkan banyak keahlian, keberhasilan proyek, dan bahkan rekomendasi dari perusahaan sebelumnya.

4.   Menambah Jaringan Baru

Keluarlah secara baik-baik dari perusahaan yang lama. Tujuannya agar kamu tidak memutuskan koneksi dengan perusahaan yang lama. Dengan begitu, gonta-ganti pekerjaan akan menjadi hal yang positif. Karena kamu jadi punya koneksi jaringan lebih luas.

5.   Memahami berbagai Jenis Bisnis

Gonta-ganti pekerjaan akan membantu kamu untuk memahami banyak hal. Khususnya hal-hal yang berkaitan dengan bisnis dan sektor industri. 

Kamu juga akan tahu berbagai sektor jasa dan industri. Hal ini tentu akan membantu kamu menjadi semakin berkembang.

Itulah dampak positif dan negatif menjadi seorang kutu loncat perusahaan. Ternyata, gonta-ganti pekerjaan tidak selamanya buruk.

Bagi kamu yang ingin punya penghasilan tambahan, yuk, siapkan dana darurat dengan melakukan investasi di situs investasi www.amartha.com. Ada bagi hasil hingga 15% flat per tahun yang bisa kamu dapatkan setiap mendanai mitra usaha.

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png