icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Pandemi Covid-19 Bikin Biaya Umroh Naik. Segini Harganya!
icon-lang
icon-lang

Pandemi Covid-19 Bikin Biaya Umroh Naik. Segini Harganya!

By Team Amartha Blog - 23 Nov 2020 - 3 min membaca

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Firman M. Nur mengatakan Pemerintah Arab Saudi telah memberikan izin penerbitan visa bagi jemaah umrah Indonesia.

Adapun biaya ibadah umrah kali ini mengalami kenaikan hingga 30% dari kondisi normal. Kenaikan tersebut disebabkan adanya kebijakan baru terkait umrah di tengah-tengah pandemi Covid-19 tahun ini.

Kata Firman, harga tersebut terkait ketentuan dan protokol yang harus dipenuhi seperti cek laboratorium, cek swab, dan kamar maksimal berdua. Selain itu, juga ada karantina satu hari sebelum berangkat.

Para jemaah juga harus dikarantina di Saudi Arabia selama tiga hari pasca kedatangan. Setelah itu para jemaah bisa melaksanakan ibadah umrah di Mekkah atau Madinah.

Syarat Umrah Di Masa Pandemi

Berdasarkan edaran yang diterima Amphuri dari Pemerintah Arab Saudi, ada 11 regulasi penyelenggaraan umrah di masa pandemi, yaitu:

  1. Jamaah berusia 18 - 50 tahun
  2. Bukti bebas Covid-19 dibuktikan dengan hasil PCR/SWAB yang berlaku 72 jam dari hasil PCR hingga sampai ke Saudi
  3. Untuk bisa umrah dan sholat di Haramain harus mendaftar melalui aplikasi Eatmarna
  4. Menyiapkan tiket return sesuai jadwal
  5. Memesan hotel berikut dengan akrantina minimal 3 hari, transportasi lengkap antara gerbang masuk dan hotel, asuransi lengkap, transportasi lengkap antara hotel, Masjidil Haram dan miqot. Setiap grup harus didampingi guide.
  6. Mematuhi protokol kesehatan sejak datang hingga kembali ke negaranya masing-masing.
  7. Penyelenggara umrah wajib memberikan data passport yang valid dan khususnya tanggal lahir untuk menyesuaikan syarat umur jamaah umrah
  8. Memberikan informasi paket yang benar 100% yang dilaporkan sekurangnya 24 jam sebelum kedatangan, informasi tiket: mulai dari nomer tiket, terbang dari kota mana, tanggal dan waktu terbang, datang ke Kota mana, tanggal dan waktu kedatangan begitu juga waktu kembali. Informasi hotel di Mekkah dan Madinah, penyelenggara luar dan dalam Saudi menjamin kebenaran informasi yang diberikan.
  9. Ketika sampai Saudi jamaah diwajibkan isolasi mandiri di hotel masing-masing selama 3 hari
  10. Jamaah dari luar Saudi akan dibagi beberapa group, setiap group minimal 50 jamaah, dan setiap group harus didampingi TL, memesan program dalam 1 paket (tiket, Hotel dan transportasi) yang disesuaikan dengan waktu pelaksanaan umrah dan ziarah yang sudah didaftarkan dalam aplikasi Eatamarna yang khusus bagi jamaah luar negeri
  11. Penyelenggara Saudi bertanggungjawab atas pengajuan program jamaah umrah (Hotel, transportasi, Handling lapangan, asuransi, akomodasi konsumsi) dan memberikan yang terbaik dalam pelayanan.

Tips Siapkan Dana Umroh

Dari detik.com, Zaky Anshary Lc selaku Kabid Umrah Amphuri memberikan gambaran untuk paket umroh yang sedang dia nikmati, yaitu berada di angka Rp35 juta. Dengan catatan, harga tersebut untuk hotel bintang 5 dengan pelayanan standar.

"Untuk harga referensi, dengan program seperti kita sekarang itu di kisaran Rp 35 juta, hotel bintang 5 standar. Tapi ini masih dibahas bersama dengan Kemenag. Kemenag nanti yang akan umumkan berapa harga nasional umroh pandemi," ungkap Zaky.

Kini, saatnya Anda juga turut menyiapkan dana ibadah umroh, bukan? Salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan adalah Amartha. Amartha merupakah salah satu p2p lending investasi yang fokus menyalurkan dana Anda kepada para perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Dana yang disalurkan hanya akan digunakan untuk kebutuhan produktif seperti modal usaha. Selain itu, mitra juga akan didampingi dan diberikan pelatihan keuangan serta bisnis selama masa tenor berjalan.

Menariknya, Anda bisa mendapatkan keuntungan sampai 15% FLAT per tahun. Amartha saat ini sudah terlisensi oleh OJK sehingga dana akan aman.

Di Amartha, dana dan keuntungan dibayarkan setiap minggu sehingga Anda dapat melakukan penarikan dana kapanpun Anda butuh. Pelajari mengenai Amartha selengkapnya di www.amartha.com!

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png