icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Pentingnya Desain Logo untuk Pengusaha Online
icon-lang
icon-lang

Pentingnya Desain Logo untuk Pengusaha Online

By Team Amartha Blog - 20 Jun 2021 - 3 min membaca

Menjadi pengusaha online merupakan salah satu cara untuk menambah pendapatan, terutama disaat pandemi seperti ini. Cara menjadi pengusaha online bisa dilakukan dengan bergabung ke e-commerce.

Melansir CNBC Indonesia, dari 58 juta UMKM Indonesia, baru ada sekitar 8 juta atau baru 14% yang bergabung dengan e-commerce. Angka ini terbilang rendah. Salah satu yang faktor yang menyebabkan adalah kurangnya pengetahuan mengenai marketing.

Langkah awal yang perlu diperhatikan oleh pengusaha online dalam hal memasarkan produknya adalah desain logo.

Logo memiliki peran penting agar calon pembeli mengenali dan mengetahui produk yang dijual. Desain logo tidak hanya boleh dimiliki oleh pengusaha online berskala besar tetapi juga yang berskala kecil.

Berikut ini alasan mengapa pengusaha online harus memiliki desain logo.

Sebagai Brand Identity dan Brand Recognition

Bila bertemu dengan orang baru, umumnya kita bertukar identitas. Nah begitupun dengan mengelola bisnis.

Calon pembeli harus mengetaui identitas bisnis yang dijalankan oleh pengusaha online agar ia tertarik membeli. Logo adalah identitas bagi brand Anda, baik online maupun offline.

Anda dapat mengenalkan produk yang dijual dengan menunjukkan identitas brand melalui logo yang dimiliki. Logo juga dapat menjadi langkah awal untuk mematenkan produk itu sebagai milik Anda. Hal ini sangat penting mengingat persaingan bisnis online yang semakin ketat.

Digitalisasi UMKM: Tantangan dan Peluang

Membangun Ciri Khas Brand

Dalam bisnis online, ada banyak pengusaha yang menjual produk yang sama dengan Anda. Maka dari itu diperlukan ciri khas yang membedakan produk Anda dengan produk kompetitor atau pesaing.

Dengan memiliki logo, Anda dapat bersaing selangkah lebih maju daripada kompetitor. Calon pembeli atau pembeli dapat dengan mudah mengingat produk yang dijual pada toko Anda melalui logo yang unik dan sering muncul di media sosial atau platform digital lainnya.

Menunjukkan Profesionalitas Bisnis

Melalui sebuah logo dapat membantu pengusaha online untuk membangun kepercayaan kepada pembeli. Bisnis atau toko online Anda akan terlihat lebih profesional dan menunjukkan kualitas brand di mata pembeli.

Semakin banyak kepercayaan yang diberikan pembeli maka semakin besar pula kesempatan untuk mempertahankan loyalitas mereka.

Artikel Terkait

Pentingnya Desain Logo untuk Pengusaha Online

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png