icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Milenial
icon-lang
icon-lang

Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Milenial

By Team Amartha Blog - 15 Aug 2021 - 3 min membaca

Berada di usia krisis, membuat banyak milenial melakukan self improvement dengan membaca buku atau mengikuti kursus. Hal ini dilakukan agar dapat menemukan pandangan dan gaya hidup yang sesuai dengan kriteria mereka.

Secara singkat, self improvement atau pengembangan diri adalah melakukan investasi pada diri sendiri agar dapat mengontrol atau mengendalikan diri kita dengan sangat baik dan efektif.

Self improvement dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan segala potensi yang ada di dalam diri kita sehingga dapat menjadikan kita, generasi milenial, sebagai pribadi yang luar biasa dan mampu bertahan dengan segala perubahan zaman.

5 Rekomendasi Buku Self Improvement untuk Milenial

Mengutip Gramedia, berikut ini 5 rekomendasi buku self improvement best seller tahun 2021.

1. Think & Griw Rich - Napoleon Hill

Buku ini ditulis oleh motivator sekaligus penasihat presiden Franklin D. Rosevelt, Napoleon Hill. Dalam buku ini, ia membeberkan rahasia sukses ratusan orang kaya di Amerika dari titik nol. Mengenai pengaruh imajinasi hingga autosugesti.

Sebagai informasi, buku ini pertama kali terbit pada tahun 1937 namun dapat dinikmati hingga sekarang. Pasalnya, buku ini dilengkapi contoh baru dan contoh kasus modern yang bisa dengan jelas mendemonstrasikan bahwa semua prinsip Hill masih dapat diimplementasikan.

2. Berani Tidak Disukai - Ichiro Kisimi dan Fumitake Koga

Insecure seringkali membuat kita merasa tidak percaya diri hingga berujung tidak bahagia. Melalui buku ini, kita akan belajar memahami untuk mampu menentukan arah hidup, bebas dari trauma masa lalu, dan beban ekspektasi orang lain.

Dalam buku ini, dipaparkan ajaran dari filsuf Austria abad ke-19, Alfred Adler mengenai bagaimana manusia sebaiknya menjalani hidup lewat percakapan antara seorang filsuf dan seorang pemuda. Menariknya lagi, buku ini menjawab fenomena mengisolasi diri di kamar selama bertahun-tahun.

3. I Want To Die But I Want To Eat Tteokpokki - Baek Se Hee

Selama pandemi, isu mengenai kesehatan mental kini mulai disadari oleh generasi milenial namun masih ragu-ragu untuk mengakui dan pergi ke psikolog.

Pada buku ini, penulis menceritakan menganai depresi yang dialami selama 10 tahun dan berbagi mengenai konsultasinya. Penulis mengemas buku ini dengan dialog antara dirinya dengan psikiater.

Buku ini menjadi best seller di Korea Selatan dan pernah dibaca juga oleh idol RM BTS.

4. You Do You: Discovering Life through Experiments & Self-Awareness - Fellexandro Ruby

Fellexandro Ruby merupakan penulis lokal yang berhasil menjual buku ini sebanyak 10.000 eksemplar dalam 4 bulan. Buku ini menjawab mengenai kegalauan anak muda mengenai karir, bisnis, keuangan, hingga relationship.

Melalui buku ini, kita akan disadarkan bahwa yang menjalankan kehidupan kita adalah diri kita sendiri. Buku ini dapat menjadi kompas untuk membantu kita menemukan pintu keluar dari quarter life crisis.

5. Atomic Habits - James Clear

Siapa yang menyangka bahwa kebiasaan kecil yang kita lakukan dapat berpengaruh besar pada kehidupan kita di masa mendatang? Buku ini akan menjawabnya.

Pada buku ini, kita akan mendapatkan kisah inspiratif dari para peraih medali emas Olimpiade, para CEO, dan juga para ilmuwan.

Buku ini ditulis oleh pakar kebiasaan terkenal kelas dunia. Katanya, perubahan nyata berasal dari efek gabungan ratusan keputusan kecil.

Itulah 5 rekomendasi buku self improvement yang dapat dicoba oleh milenial. Semoga bermanfaat!

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png