icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Rekomendasi Jasa Kirim Barang Untuk Pemilik Online Shop
icon-lang
icon-lang

Rekomendasi Jasa Kirim Barang Untuk Pemilik Online Shop

By Team Amartha Blog - 2 May 2021 - 3 min membaca

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun mengubah kebiasaan manusia, salah satunya adalah dalam membeli barang.

Guna menghindari penularan dan penyebaran virus, masyarakat khususnya di Indonesia mulai beralih kebiasaan dari yang tadinya membeli secara offline menjadi online.

Hasil survei cepat yang dilakukan MarkPlus Inc pada 122 responden di Indonesia menyatakan mayoritas masyarakat menggunakan jasa kurir untuk mengirim barang yang dibeli dari e-commerce sebanyak 85.2%. Sementara frekuensi penggunaan jasa kurir jika dibandingkan sebelum pandemi oleh 39% responden meningkat secara signifikan dan sisanya mengaku sedikit meningkat.

Data lain menunjukkan bahwa 72% masyarakat menjadi semakin selektif dalam memilih jasa kirim barang atau ekspedisi.

Tips Memilih Jasa Kirim Barang atau Ekspedisi

Banyaknya perusahaan yang menawarkan jasa kirim barang atau ekspedisi membuat pemilik online shop menjadi bingung, bukan?

Simak beberapa tips berikut ini untuk memilih jasa kirim barang yang sesuai:

  1. Jaminan Keamanan

Jaminan keamanan adalah tips utama yang harus diperhatikan dalam memilih jasa kirim barang bagi seorang penjual. Pilihlah perusahaan jasa kirim barang yang menyediakan fitur khusus untuk menjaga barang. Hal ini untuk meminimalisir kerugian yang terjadi di masa mendatang.

  1. Kemudahan Tracking

Adanya fitur tracking memudahkan pembeli dan penjual dalam mengetahui posisi barang yang diproses. Carilah perusahaan jasa kirim barang yang menawarkan fitur ini agar pelanggan puas dengan pelayananmu dan dapat meningkatkan performa online shopmu.

  1. Biaya Terjangkau

Tips ini bersifat opsional tergantung dari barang yang dijual dan kesepakatan dengan pembeli. Meski demikian, menyediakan fitur yang ramah kantong tidak ada salahnya karena dapat menguntungkan pembeli dan penjual.

Rekomendasi Jasa Kirim Barang atau Ekspedisi

Berikut ini beberapa rekomendasi ekspedisi yang bisa pemilik online shop pilih untuk mengelola bisnisnya:

  1. SiCepat

SiCepat merupakan salah satu ekspedisi pendatang baru yang dipercaya para pemilik online shop sekaligus partner e-commerce di Indonesia.

Salah satu keunggulan dari ekspedisi ini adalah barang yang dikirim akan sampai dalam waktu satu hari atau keesokan harinya setelah barang dikirim dengan nama paket BEST (Besok Sampai Tujuan).

  1. Ojek Online

Dua perusahaan ojek online yang terkenal di Indonesia (Gojek dan Grab) menawarkan jasa kirim barang kepada konsumennya. Berikut penjelasannya:

Go-Send menawarkan dua pilihan pengiriman, yaitu untuk dalam dan luar kota. Pengiriman dalam kota terbagi menjadi dua opsi lagi, yaitu pengiriman instan atau langsung dan sameday. Go-Send juga menawarkan opsi perlindungan barang dengan biaya Gratis dan Rp500. Sementara untuk opsi Luar Kota saat ini baru tersedia di Bandung, Jadetabek, Yoogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, dan Sidoarjo.

Grab Express menawarkan opsi yang hampir sama dengan Go-Send untuk pengiriman dalam kota. Selain driver yang mengantar, Grab Express juga bekerjasama dengan perusahaan ekspedisi lainnya, yaitu Ninja Xpress.

Adapun untuk biaya pengiriman dapat di cek di aplikasi masing-masing ojek online.

  1. J&T

J&T juga merupakan perusahaan baru dalam bidang pengiriman barang atau ekspedisi. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh J&T adalah membuka layanan selama 24 jam dan di hari libur nasional atau tanggal merah.

  1. JNE

Hampir semua e-commerce dan pemilik online shop menggunakan perusahaan ekspedisi yang satu ini, JNE. Perusahaan ini memiliki kantor cabang di seluruh Indonesia yang memungkinkan dapat mengirim ke alamat mana saja. Ada 5 paket yang bisa dipilih yaitu YES (Yakin Esok Sampai), REG (Reguler), OKE (Ongkos Kirim Ekonomis), Super Spees (SS), dan PESONA.

Itulah rekomendasi jasa kirim barang yang bisa digunakan oleh pemilik online shop untuk mengirim barang dan mengembangkan bisnisnya!

Artikel Terkait

Rekomendasi Jasa Kirim Barang Untuk Pemilik Online Shop

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png