icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Simak 6 Tips Agar Tetap Produktif Saat Work From Home!
icon-lang
icon-lang

Simak 6 Tips Agar Tetap Produktif Saat Work From Home!

By Team Amartha Blog - 27 Mar 2020 - 3 min membaca

Anjuran pemerintah agar warga Jakarta mulai menerapkan work from home (WFH) dan hampir sebagian perusahaan sudah menjalankan hal tersebut. Banyak dari kita yang sudah mulai bekerja dari rumah  akan tetapi bagi sebagian orang hal ini merupakan hal baru dan masih perlu beradaptasi.

Dan biasanya pada saat kamu bekerja dirumah atau WFH, kamu merasa lebih tidak produktif. Selain karena tidak merasakan atmosfir kerja di kantor, kamu tidak dapat bertemu kolega kerja secara langsung untuk berdiskusi. Tetapi jangan khawatir, kita berikan tips bagaimana kamu tetap produktif saat WFH

1. Sediakan Area Bekerja Yang Nyaman

Agar kita dapat bekerja secara maksimal pasti membutuhkan area bekerja yang nyaman. Dan dirumah banyak tempat yang bisa kalian gunakan, baik itu di kamar, ruang bermain atau bahkan di meja makan. Posisikan diri kalian senyaman mungkin pada saat bekerja dirumah, jauh dari gangguan dan nyaman.

Buat kamu yang sudah berkeluarga juga cari tempat yang bisa memaksimalkan kamu untuk bekerja dan tidak terganggu oleh anak-anak. Berikan mereka pengertian kalau kamu harus bekerja dan nanti akan ada waktu buat mereka bermain Bersama orang tuanya.

2. Maksimalkan Aplikasi Yang Ada

Dengan kita bekerja dirumah otomatis kita tidak bisa bertatap muka langsung dengan kolega kerjaan sehingga tidak dapat berkomunikasi. Selain itu adanya rapat – rapat penting yang biasa diadakan setiap minggu jadi tertunda karena hal ini.

Di jaman yang sudah modern dan canggih ini banyak sekali aplikasi yang dapat kita manfaatkan untuk tetap berkomunikasi seperti Whatsapp untuk ngobrol dengan teman ataupun kolega. Ada juga Google Hangout untuk melakukan meeting secara online dengan beberapa orang.

3. Membuat Timeline

Kita bisa membuat timeline untuk pekerjaan kita sendiri pada saat dirumah. Karena dengan membuat timeline pekerjaan dapat mempermudah diri kalian dalam menyelesaikan pekerjaan. Dahulukan pekerjaan yang menjadi proritas untuk diselesaikan terlebih dahulu.

4. Chat Dengan Teman

Tidak dapat dipungkiri jika kita yang biasa bekerja di kantor sangat terasa berbeda ketika bekerja dirumah. Hal itu terjadi karena biasanya kita berada di keramaian berkumpul dengan teman-teman sejawat dan pada saat makan siang bisa ngobrol.

Hal ini dapat kamu antisipasi dengan bikin grup chat dengan teman-teman kamu agar bisa bercanda dengan mereka, atau juga dengan video call bersama teman-temanpada saat bekerja agar tidak terasa sepi dan masih dapat bercanda dengan mereka.

5. Masukkan Waktu Istirahat

Meskipun bekerja dirumah, tetapi kalian juga harus memasukkan jam untuk istirahat. Karena disaat padatnya pekerjaan yang ada kita juga memerlukan istirahat sejenak.

Jam istirahat itu bisa dimasukkan pada saat makan siang atau menjelang sore hari. Nikmati sejenak kebersamaan dengan keluarga karena momentum Work From Home  sangat jarang dapat kamu rasakan di keseharian bekerja.

6. Siapkan KPI Untuk Diri Sendiri

WFH adalah masa dimana perusahaan memberikan kesempatan untuk karyawannya bekerja dirumah, jangan sampai dimanfaatkan untuk pergi liburan karena pada dasarnya WFH itu tetap bekerja akan tetapi berbeda tempat kerjanya.

Tentukan Key Performance Index (KPI) untuk pribadi kalian. Hal ini dimaksudkan agar kalian tetap fokus untuk bekerja meskipun pada saat dirumah.

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png