icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Sukses Finansial di Usia Muda, Ikuti 5 Strategi Ini!
icon-lang
icon-lang

Sukses Finansial di Usia Muda, Ikuti 5 Strategi Ini!

By Team Amartha Blog - 17 Jan 2023 - 3 min membaca

Sukses finansial menjadi dambaan setiap orang, termasuk para generasi muda. Apakah mungkin dapat mencapai kesuksesan finansial di usia yang terbilang muda? Tidak ada yang tidak mungkin. Kembali lagi pada definisi sukses dalam segi finansial menurut masing-masing pribadi. 

Namun orang-orang pada umumnya menganggap finansial yang sukses ialah ketika pribadi dapat mulai menabung atau menimbun kekayaan. Benarkah demikian? Sesungguhnya setiap orang bebas menerjemahkan kesuksesan finansial versi dirinya masing-masing.

Tips Sukses Finansial Bagi Generasi Muda

Apapun kesuksesan dalam finansial versi kamu, jika tujuanmu agar dapat memiliki masa depan atau hari tua yang tenang dan nyaman tanpa masalah finansial. Bisa mengikuti tips atau strategi di bawah ini untuk atur finansialmu!

Membuat Rencana Keuangan

Rencana keuangan tentu membutuhkan rencana hidup secara garis besar juga. Dengan memiliki rencana yang berisikan tujuan atau hal yang ingin dilakukan dalam beberapa tahun ke depan, memudahkan kamu mengatur financial planmu. 

Memakai perencanaan dan timeline seperti ini membuatmu mengetahui hal apa saja yang harus dan akan kamu capai. Jika menginginkan sesuatu, berapa dana yang harus didapatkan ataupun dikeluarkan. 

Mengatur Gaya Hidup

Banyak yang mengatakan generasi Z saat ini merupakan generasi yang konsumtif. Karena didukung juga dengan kemajuan pesat teknologi yang memudahkan mereka memperoleh apapun, apalagi untuk memenuhi kebutuhan konsumtifnya. 

Tak jarang gaya hidup yang mewah juga dipengaruhi oleh lingkungan pergaulan, ataupun ilusi sempurna hidup mewah yang kerap ditemui di internet. 

Ada baiknya untuk dapat menyusun prioritas kebutuhan dan mengesampingkan keinginan yang tak terlalu penting. Mengatur gaya hidup menjadi sesuai kebutuhan dan kecukupan finansial haruslah mulai dikerahkan.

Baca Juga: Catat! 5 Cara Mandiri Secara Finansial Tanpa Terjerat Hutang

Mengelola Hutang

Di masa kini juga lebih mudah bagi siapapun untuk memperoleh kredit atau pinjaman. Namun, bukan berarti kamu bisa seenaknya memanfaatkan uang pinjaman atau hutang untuk keperluan konsumtif yang tak perlu. Mulai cicil hutang atau kredit yang ada dengan rajin, tidak menunggak. 

Bahkan juga melunasi semua hutang-hutang, agar kedepannya tanggungan kamu juga jadi berkurang. Jangan sampai hutang masih menumpuk namun sudah mencari sumber hutang lain. Atau sampai berhutang demi melunasi hutang sebelumnya. Bukankah itu sama saja dengan gali lubang tutup lubang?

Mencari Penghasilan Tambahan

Di masa kini, mudah untuk memperoleh penghasilan tambahan dari berbagai macam side hustle demi mencapai sukses finansial. Kamu bisa memilih pekerjaan sampingan yang paling mudah dilakukan tanpa perlu mengganggu pekerjaan utamamu. 

Seperti misalnya memulai bisnis online, menjadi reseller atau dropshipper, freelancing dan banyak pilihan lainnya. Namun pastikan kamu juga cukup waktu untuk melakukan ini semua. Kalau kamu hobi menulis atau memotret, maka bisa menjadikan hobi itu peluang usaha.

Mulai Berinvestasi

Saat ini, kamu juga bisa mulai melakukan investasi untuk modal masa depan. Kamu bisa berinvestasi setidaknya 10 – 20 persen dari gaji bulananmu. Karena dengan berinvestasi, akan  mendapatkan keuntungan dibanding dengan menyimpannya sebagai tabungan saja. 

Sebelumnya, pastikan memahami instrumen investasi yang akan kamu pilih. Jangan lupa menentukan tujuan investasimu dan memahami segala hal sebelum memutuskan untuk berinvestasi. 

Salah satu cara mengembangkan strategi untuk sukses finansial ialah mulai investasi menjadi pemberi pinjaman (lender) di Amartha. Berinvestasi aman dan nyaman dengan sistem microfinance marketplace yang telah berizin dan diawasi oleh OJK. Siap dukung UMKM di Indonesia jadi lebih berkembang? Yuk, modalin mulai dari Rp100.000, kamu akan menerima pendapatan pasif mingguan, dengan imbal hasil sampai 15% flat per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Sukses Finansial di Usia Muda, Ikuti 5 Strategi Ini!

Merdeka Finansial Dari Gaya Hidup Minimalis? Cek Faktanya Yuk!

Gaya Hidup

5 Tanda Seseorang Sudah Bisa Dikatakan Merdeka Finansial

Keuangan

Inspiratif, 5 Perempuan Ini Berhasil Raih Merdeka Finansial di Usia Muda

Cerita Mitra

Produk Google Yang Bantu Bisnis Kamu Laris Manis

Produk Terbaru Bisnis

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png