icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Tanyakan 4 Pertanyaan Ini Sebelum Memutuskan Jadi Freelancer
icon-lang
icon-lang

Tanyakan 4 Pertanyaan Ini Sebelum Memutuskan Jadi Freelancer

By Team Amartha Blog - 19 Jun 2021 - 3 min membaca

Freelancer atau pekerja lepas merupakan salah satu opsi pekerjaan yang dijalankan oleh banyak orang.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang memutuskan untuk menjadi freelancer, misalnya saja tidak adanya keterikatan hubungan kerja jangka panjang, waktu kerja yang fleksibel, hingga pendapatan yang bersaing.

Meskipun demikian, ada juga orang yang sudah bekerja fulltime di suatu perusahaan lalu menjadi freelancer. Hal ini kembali ke pilihan masing-masing orang.

Apabila kamu memilih freelancer sebagai pekerjaan dan pendapatan utama, berikut beberapa pertanyaan yang perlu kamu jawab sebelum memutuskan menjadi freelancer.

  1. Potensi dan Prospek Kerja

Seorang freelancer perlu mengetahui prospek dan potensi pekerjaan yang dijalaninya. Apabila permintaannya rendah, tidak ada salahnya untuk bekerja paruh waktu.

Karena tidak adanya hubungan kerja, freelancer bisa bekerja ke banyak pemberi kerja. Hal ini dilatarbelakangi sebagai usaha memaksimalkan pendapatan yang akan didapatkan.

  1. Kecukupan Pendapatan

Seorang freelancer perlu memperhitungkan apakah pendapatan yang dihasilkan dapat mencukupi kebutuhan sehari-harinya atau tidak. Selain itu, apakah pendapatannya bisa digunakan untuk membayar utang atau tidak.

Biasanya, freelancer bekerja berdasarkan project yang diterimanya. Apabila project sedikit atau sudah selesai, freelancer harus mencari project lainnya.

Cara Jitu Atur Keuangan Untuk Freelancer. Yuk Tiru!

  1. Sudah Punya Dana Darurat

Dana darurat merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan setiap orang. Fungsi dari dana darurat adalah untuk mengantisipasi peristiwa yang tidak diharapkan seperti tidak adanya project dari freelancer, tertimpa penyakit, hingga untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Jumlah dana darurat tergantung dari setiap kondisi orang. Ada yang menyarankan 3, 6, hingga 12 kali pendapatan.

  1. Rencana Lain

Tidak mendapatkan project dalam waktu yang lama membuat seorang freelancer tidak mendapatkan pendapatan. Bila tidak mendapatkan pendapatan maka akan berimbas pada kondisi keuangan. Maka dari itu, seorang freelancer harus merencanakan rencana lain seperti kembali kerja penuh waktu atau mencari sumber pendapatan yang lain.

Cara Siapkan Dana Pensiun untuk Freelancer

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png