icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Tips di Tempat Bekerja: Cara Menghindari Konflik di Lingkungan Kerja
icon-lang
icon-lang

Tips di Tempat Bekerja: Cara Menghindari Konflik di Lingkungan Kerja

By Team Amartha Blog - 27 Nov 2021 - 3 min membaca

Tips di Tempat Bekerja agar Tidak Terlibat Konflik

Lingkungan kerja menjadi salah satu tempat yang rawan terjadi konflik. Meski wajar dan biasa terjadi, namun alangkah baiknya kamu menghindarinya. Nah, tips di tempat bekerja kali ini, kami akan coba menjelaskan cara menghindari konflik di lingkungan kerja. Jadi, simak artikel ini hingga selesai, ya.

Contoh Konflik di Tempat Kerja

Sebelum membahasnya lebih lanjut, kenali terlebih dahulu contoh konflik yang sering terjadi di lingkungan kerja. Dengan mengetahui contohnya, itu sama artinya kamu mengetahui penyebab konflik di tempat kerja sehingga mudah menghindari dan mengatasinya.

  • Berikut sudah kamu rangkum apa saja contoh konflik yang sering terjadi di tempat kerja.
  • Konflik kepemimpinan yang menimbulkan ketidakselarasan antara pimpinan dan bawahan.
  • Adanya perbedaan gaya bekerja pada suatu tim.
  • Terlalu bergantung dengan satu sama lain.
  • Konflik yang timbul karena permasalahan pribadi.
  • Adanya perbedaan latar belakang personal.

Cara Menghindari Konflik di Tempat Kerja

tips di tempat kerja hadapi beban kerja
Sumber Foto: Pexels

Tips di tempat bekerja yang sudah kami rangkum ini bisa mencegah timbulnya konflik di lingkungan kerja. Berikut penjelasannya:

1.   Hindari Saling Menuduh Satu Sama Lain

Saling menuduh merupakan sumber penyebab terjadinya konflik di tempat kerja. Hindari menuduh rekan kerja, terutama jika kamu tidak memiliki bukti yang valid atas tuduhan tersebut.

Saling tuduh juga dapat menyulut pertengkaran yang tadinya hanya masalah pekerjaan, malah menjadi masalah pribadi. Jadi sebaiknya hindari hal tersebut.

2.   Menghadapi Masalah secara Tenang

Konflik di tempat kerja tidak hanya sebatas masalah pekerjaan saja. Bahkan bisa timbul juga karena masalah pribadi. Jika kamu sedang dihadapkan dengan situasi ini, sebaiknya hadapilah masalah dengan tenang.

Contohnya saat kamu mendengar salah satu rekan kerja membicarakan hal yang tidak menyenangkan tentangmu di belakang. Kamu tidak perlu membalas perlakuan tersebut. Alangkah baiknya kamu menjauhinya untuk meredam emosi.

3.   Saling Membantu Satu Sama Lain

Cara mengatasi konflik di tempat kerja berikutnya ini tergolong mudah. Contohnya,  menyelesaikan masalah tim bersama-sama. Namun bukan berarti kamu tidak boleh membantu orang lain jika pekerjaan tersebut tidak melibatkan tim.

Ulurkan tanganmu untuk membantu rekan kerja yang membutuhkan bantuan. Yakinlah bahwa kamu akan mendapatkan balasan atas kebaikan tersebut.

Baca Juga: Tips di Tempat Kerja: Cara Hadapi Beban Kerja yang Tinggi

4.   Menghindari Penyebab Konflik

Kami sudah menjelaskan beberapa contoh sumber atau penyebab konflik di atas. Tujuan dari penjelasan contoh tersebut yaitu agar kamu tahu apa saja yang menjadi sumber konflik di lingkungan kerja.

Setelah tahu apa saja yang menjadi sumbernya, maka hindari hal-hal tersebut. Hindari juga karyawan yang menjadi sumber konflik. Namun, maksud “hindari. karyawan” di sini bukan berarti memutuskan tali persahabatan kamu, namun lebih ke jaga jarak saja.

5.   Bersaing secara Sehat

Kamu akan sering menemukan orang yang melakukan berbagai cara demi memenangkan persaingan, khususnya di lingkungan kerja. Tujuannya yaitu untuk mendapatkan kenaikan gaji, mendapatkan penilaian bagus dari atasan, kenaikan jabatan, dan lainnya.

Sebaiknya kamu tidak ikut-ikutan berkompetisi dengan “menghalalkan” segala cara. Bersainglah secara sehat karena orang yang bersaing secara sehat juga akan dinilai positif oleh perusahaan.

6.   Saling Terbuka di Lingkungan Kerja

Terbukalah terkait masalah kantor maupun pribadi kepada rekan kerja. Tujuannya yaitu untuk meminimalisir terjadinya konflik di tempat kerja. Selain itu, saling terbuka juga bisa membantumu untuk saling memahami antara satu sama lain.

Memang sulit untuk saling terbuka, terutama jika karyawan belum akrab antara satu dengan yang lain. Maka dari itu, mulailah untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan rekan kerja.

Tips di tempat bekerja di atas akan membantumu agar tidak terlibat dalam konflik yang merugikan di lingkungan kerja. Daripada terus-terusan pusing mikirin konflik di tempat kerja, mending berinvestasi P2P lending Amartha. Karena Amartha menawarkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun lho.

Tags:

Artikel Terkait

Wajib Catat! Ini 7 Tips Mengelola THR dengan Bijak

Libur dan Cuti Bersama Lebaran 2023 Resmi dari Pemerintah

7 Persiapan Keuangan Ramadhan, Biar Tabungan Tetap Aman

Siap-siap! Berikut Jadwal Pencairan THR 2023

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png