icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Bisnis / Wajib Ditiru! Ini 5 Prinsip Hidup Orang Sukses
icon-lang
icon-lang

Wajib Ditiru! Ini 5 Prinsip Hidup Orang Sukses

By Team Amartha Blog - 23 Feb 2023 - 3 min membaca

Kamu pasti penasaran, seperti apa prinsip hidup orang sukses? Apa yang membuat mereka dapat unggul dan berhasil dari yang lain? Apa hal itu juga berlaku untuk dirimu? Daripada terus bertanya-tanya, sebaiknya cari tahu seperti apa orang-orang sukses menjalani hidup mereka. 

Kamu bisa mempelajari prinsip-prinsip hidup yang dipegang orang sukses. Kemudian coba kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika prinsip hidup itu berhasil untuk mereka, kemungkinan besar akan berdampak baik juga untuk dirimu. 

5 Prinsip Hidup Orang Sukses

Setiap orang memegang sejumlah prinsip dalam hidup mereka. Bedanya pada orang-orang yang berhasil mencapai tujuan, prinsip tersebut membuat mereka bertumbuh. Seperti apa prinsip hidup orang yang sukses? Berikut ini 5 contohnya:

Susun Rencana dan Action!

Proyeksikan apa yang ingin kamu capai 5 tahun ke depan dan 10 tahun mendatang. Setelah ada gambarannya, mulai susun jalan yang harus kamu lalui secara bertahap. Apabila rencana masa depanmu sudah jelas, langkah selanjutnya adalah action!

Rencana dan prinsip hidup untuk masa depan yang sudah kamu susun, tidak akan berguna jika tidak diikuti aksi nyata. Lakukan dengan penuh komitmen. Karakter khas orang-orang yang sukses adalah mereka berkomitmen dengan rencana yang mereka buat. 

Terus Mencoba Tanpa Takut Gagal

Kegagalan bisa membuat orang terpuruk. Wajar jika kamu juga merasa kecewa dan tidak berdaya saat pertama kali menerima kegagalan. Namun, ada satu prinsip orang sukses yang harus kamu pegang terus, yaitu tidak mengapa jika harus merasakan gagal bahkan hingga berkali-kali, daripada merasa menyesal karena tidak pernah mencoba.

Justru belajar dari kegagalan dan kesalahan adalah cara terbaik untuk bertumbuh. Kamu akan menjadi orang yang lebih kuat, tahan banting, dan benar-benar menghargai kehidupan. 

Baca Juga: Catat! 5 Prinsip Orang Kaya yang Bisa Kamu Tiru

Pergunakan Waktu Sebaik Mungkin

Pepatah arab mengatakan “Waktu adalah nafas yang tidak mungkin akan kembali”. Prinsip hidup yang baik adalah mampu mempergunakan waktu sebaik mungkin. Karena waktu yang kita jalani saat ini tidak akan kembali. Jika kamu lewatkan kesempatan menggunakan waktu, maka yang tersisa hanyalah penyesalan. 

Kamu pun akan menyadari bahwa ternyata harta berharga yang sering kita hiraukan adalah waktu. Mengisi waktu dengan bermalas-malasan akan merugikanmu. Jadi sebaiknya mulai cari kegiatan yang positif. Isi waktumu setiap hari dengan hal yang produktif dan bisa memberi pengalaman berharga. 

Tidak Pernah Berhenti Belajar

Prinsip hidup orang sukses yang sangat menginspirasi adalah mereka tidak pernah berhenti belajar. Orang yang sukses selalu haus dengan ilmu-ilmu baru. Mencoba memahami tren dan teknologi terbaru agar dapat mengikuti perkembangan zaman. 

Mereka juga tidak pernah ragu untuk keluar dari zona nyaman. Jika hal tersebut diperlukan untuk membuat mereka bertumbuh menjadi orang yang lebih baik lagi. 

Apresiasi Setiap Pencapaian Kecil

Belajar untuk mengapresiasi setiap pencapaian kecil adalah prinsip hidup sederhana yang seringkali dilupakan banyak orang. Situasi dunia sekarang yang serba cepat dan instan mempengaruhi bagaimana cara pandang orang-orang. Ingin memperoleh keberhasilan dalam waktu cepat dan kurang menghargai pencapaian kecil. 

Karena gambaran keberhasilan bagi mereka adalah sesuatu yang besar. Padahal untuk mendekati target tersebut diperlukan pencapaian-pencapaian kecil. Sesuatu yang sebetulnya menjadi bagian dari proses pembentukan diri. Jadi mulailah untuk mengapresiasi kesuksesan kecil karena itu berarti kamu semakin dekat dengan tujuan. 

5 prinsip hidup orang sukses di atas terdengar sederhana, tapi nyatanya hal tersebut bisa membawa seseorang meraih keberhasilan. Selain itu ada satu lagi prinsip hidup lain yang dipegang orang sukses, yaitu merencanakan masa depan dengan mempersiapkan dana tambahan.

Sebagai contoh, kamu bisa mulai menyisihkan pendapatan untuk mendanai di Amartha, microfinance marketplace. Mulai pendanaan dari Rp100.000 aja, kamu bisa dapatkan pendapatan pasif setiap minggunya dengan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun. Tunggu apalagi? Yuk raih kesuksesan bersama para pengusaha UMKM dengan modalin di Amartha!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

Artikel Terkait

Wajib Ditiru! Ini 5 Prinsip Hidup Orang Sukses

Catat! 5 Prinsip Orang Kaya yang Bisa Kamu Tiru

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png