icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Pendana / Beginilah Peran Dan Tugas Utama Dari Seorang Scrum Master
icon-lang
icon-lang

Beginilah Peran Dan Tugas Utama Dari Seorang Scrum Master

By Team Amartha Blog - 5 Mar 2020 - 3 min membaca

Ketika seseorang membicarakan tentang teknologi, tentu tidak semua orang paham pada istilah-istilah yang ada di dalamnya. Karena ada banyak istilah teknologi yang tidak dipahami oleh orang yang masih awam contohnya adalah Scrum Master.

Berdasarkan penjelasan dari Scrum Guide, Scrum Master adalah seorang guru yang mengajarkan cara kerja (bukan metodologi) yang lebih kolaboratif dan menyenangkan dalam mengembangkan software.

Cara Agar Tetap Fokus Saat Mengerjakan Banyak Project

Kebanyakan scrum yang ada di Indonesia, hanya fokus pada ritualnya saja atau pada mekaniknya saja. Tetapi mereka tidak memahami dengan baik bahwa ritual atau elemen itu sebenarnya hanya manisfestasi saja dari nilai scrum itu sendiri. Master scrum yang hanya fokus pada ritual atau mekanisnya saja, tentu tak akan efektif ketika menjalani perannya. 

Tugas Utama Scrum Master

Sumber Foto: Knowledgehut

Secara umum, Scrum Master memiliki tugas berupa memberi layanan kepada tim scrum. Meskipun demikian, pemberian layanan tersebut tidak bisa sembarangan. Seorang Scrum Master harus memberikan layanan tersebut dengan cara-cara berikut:

  1. Memberi coaching pada pemilik produk yang nantinya akan mengembangkan nilai produk yang kini sedang dikembangkan.
  2. Memberi fasilitas dalam segala hal yang berkaitan dengan proses coaching, seperti misalnya membuat suatu keputusan, berdiskusi, dan juga bagaimana meresolusi konflik di dalam tim.
  3. Memberi coaching pada tim development untuk mengembangkan suatu software yang memiliki kualitas tinggi. Kalau kamu menggunakan modern software. Sebaiknya Kamu tidak membuat teknik debt dalam software.
  4. Memberi coaching pada pemilik produk tentang peran dan tanggung jawabnya. Serta bagaimana ia pembuatan strategi pengembangan produk, kemudian kembali memonitor sampai di mana progress nilai produk yang sudah dikembangkan tadi.
  5. Pastikan kembali bahwa semua anggota di dalam tim scrum ini sudah memahami dengan baik tentang Agile principles dan nilai pada scrum.

Pekerjaan Gak Sesuai Jurusan? Don't Worry, Pacu Karirmu Dengan Hal Ini!

Fokuslah Pada Value Scrum

Untuk beberapa perusahaan yang belum paham mengenai master scrum, atau yang hanya menganggap bahwa istilah scrum ini hanya istilah keren dari suatu proyek tentu harus lebih memahami apa saja tanggung jawab seorang master scrum.

Tanggung jawab seorang master ini adalah mengajarkan setiap orang di suatu perusahaan, dalam penggunaan value atau nilai sebagai kriteria sukses dalam hal pengembangan software tertentu. Menggiring cara berpikir banyak orang, dalam perusahaan juga harus bisa dilakukan oleh seorang master.

Scrum juga menjadi konsep manajemen yang cukup baru di Indonesia, sehingga banyak orang yang gagal paham dengan tugas dan peran mereka. Inilah yang harus Kamu perhatikan ketika mempelajari bagaimana menjadi master scrum yang sesuai dengan fungsinya.

Seorang scrum master juga harus bertanggung jawab dalam hal pengelolaan sistem yang dimana orang-orang bekerja, dengan pekerjaan yang tetap produktif. So pelajari kembali apa tugas, peran dan tanggung jawabnya hingga orang-orang bisa paham pekerjaan dari master scrum itu sendiri.

Tags:

Artikel Terkait

Jenis Layanan Keuangan Digital yang Ada di Indonesia

Produk Terbaru Pendana

5 Robot Masa Depan yang Akan Menguasai Dunia Kerja

Produk Terbaru Pendana

Canggih! 5 Teknologi Masa Depan yang Akan Mengubah Dunia

Produk Terbaru Pendana

Ketahui Sejarah Subsidi BBM dari Era Sukarno Hingga Kini

Produk Terbaru Pendana

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png