icon-langID
logo-amartha
Home / Blog / Teknologi dan Inovasi / Produk Terbaru Pendana / Mengenal Teknologi Machine Learning
icon-lang
icon-lang

Mengenal Teknologi Machine Learning

By Team Amartha Blog - 14 Jan 2020 - 3 min membaca

Kata teknologi merata pada seluruh aspek kehidupan, terutama dalam bidang komputerisasi. Salah satunya adalah machine learning atau istilah yang digunakan untuk mempelajari mesin beserta rangkaiannya. Kelahiran teknologi yang modern didukung dengan beragam alat canggih bernama komputer.  Pada awal penciptaan komputer, diperlukan beragam data untuk disimpan dalam memori. Sehingga komputer bisa melakukan tugasnya untuk membantu setiap orang mendapatkan efektivitas dalam bekerja. Terdapat penjelasan yang harus dipahami tentang machine learning, di antaranya: Apa Itu Machine Learning? Machine learning didefinisikan sebagai istilah pada proses komputer untuk mempelajari data atau Learn From Data. Berfungsi supaya komputer mengolah beragam data yang tersedia. Sebab jika tidak, komputer tanpa data adalah hal yang tidak berarti sama sekali.  Seseorang yang mempelajari machine learning akan berinteraksi lebih banyak dengan sekumpulan data. Meskipun data terbilang sama, namun terdapat pendekatan dan perhitungan algoritma yang berbeda-beda. Sehingga menjadi satu bidang ilmu yang bisa menghasilkan beragam keahlian spesialis di bidang komputer. Belajar Teknologi Machine Learning Seiring perkembangan waktu teknologi komputer menarik perhatian lebih banyak orang. Salah satu fenomena ini juga terjadi di indonesia, di mana banyak orang yang mengambil studi pada bidang program komputer.  Pembelajaran machine learning menjadi cabang ilmu di bidang artificial intelligence. Bidang ini membahas pembelajaran yang membangun beragam sistem dari sekumpulan data. Terdapat 4 pokok penting untuk mempelajari disiplin machine learning agar kelak menjadi seorang programer Indonesia yang profesional, di antaranya:
  • supervised learning atau pelajaran terarah
  • Unsupervised learning atau pelajaran yang tidak terarah
  • Semi supervised learning atau pelajaran semi terarah
  • Reinforcement learning
Aplikasi dan Manfaat Machine Learning dalam Kehidupan Machine learning yang kian modern bisa ditemukan dalam berbagai bidang kehidupan. Seperti teknologi rontgen dan USG pada kedokteran, kemudian information retrival dalam komputer guna mengubah teks menjadi suara atau bahkan sebaliknya. Meskipun teknologi machine learning bermanfaat. Namun bukan berarti lalai dalam memperhatikan kerugian yang bisa ditimbulkan. Seperti berlangsungnya kegiatan PHK karena perusahaan mengganti para pekerja dengan robot modern. Sehingga kondisi ini harus diwaspadai untuk menjaga kesejahteraan dalam kehidupan.

Artikel Terkait

4 Bisnis Investasi Online Populer Menguntungkan

Keuangan

Jenis Layanan Keuangan Digital yang Ada di Indonesia

Produk Terbaru Pendana

Apa Itu Perusahaan Fintech: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Produk Terbaru Bisnis

Middle Income Trap: Pengertian dan Strategi Menghadapinya!

Ada pertanyaan seputar artikel di blog Amartha? atau ingin mengirimkan artikel terbaik kamu untuk di publish di blog Amartha?

Hubungi Kami SEKARANG

https://cms-admin-stg.amartha.com/uploads/invite_a21debce13.png